MENGUBAH PECAHAN MENJADI PERSEN

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,
Persen atau ada juga orang yang biasa menyebutkan dengan nama Prosen (sebuah satuan ukuran yang menggunakan lambang %), sebenarnya hanyalah merupakan nama lain dari per seratus. Semua bilangan, atau bilangan berapapun bila dibagi seratus berarti bilangan itu telah menunjukkan nilai persennya, atau semua pembilang yang memiliki penyebut angka seratus, berarti angka pembilang itu sudah merupakan nilai persen.


Coba amati beberapa contoh dibawah ini :

1/100 = 1%

2/100 = 2%

5/100 = 5%

9/100 = 9%

25/100 = 25%

47/100 = 47%

99/100 = 99%

100/100 = 100%

750/100 = 750%

1000/100 = 1000%

dan seterusnya .....................................



Jadi pada dasarnya

dari sini diketahui bahwa bila :

dan amati juga yang dibawah ini,

1/1 = 100/100 = 1
2/2 = 100/ 100 = 1
15/15 = 100/100 = 1
67/67 =100/100 = 1
128/128 =100/100 = 1

sehingga
1 = 100 %


1 disini dimaksudkan  1 dari jumlah keseluruhan 1


Namun untuk selanjutnya yang akan dibahas disini adalah proses pembetukan persen,

1. Untuk mengubah Pecahan Biasa (termasuk didalamnya adalah Pecahan Campuran) menjadi bentuk persen, dalam hal ini ada dua cara, sbb :


1.a. Cara sangat mudah namun sayangnya tidak bisa di apikasikan pada semua pecahan biasa. Cara ini hanya bisa untuk pecahan dengan penyebut angka 100 atau angka bukan 100 tapi bisa dijadikan 100 baik dengan cara dikali maupun dibagi dengan bilangan tertentu.


1.a.1. Pecahan biasa yang telah memiliki penyebut berupa angka 100, contohnya tinggal lihat contoh paling atas pada posting ini, (sudah terlanjur dibuat)


1.a.2. Pecahan biasa yang telah memiliki penyebut bukan angka 100 tapi angka penyebut itu bisa diubah menjadi 100, baik dengan cara dikali ataupun dibagi, dilanjut mengali atau membagi pembilangnya dengan angka yang sama untuk mengali atau membagi penyebut tadi, maka hasil kali atau hasil bagi dari pembilang itu sudah menjadi nilai persen, contoh :


  • Pecahan biasa dengan penyebut yang bisa dijadikan 100 dengan cara dikali :
1/2 = 50/100 = 50%

3/5 = 60/100 = 60%

9/10 = 90/100 = 90%

17/20 = 85/100 = 85%

6/25 = 24/100 = 24%

33/50 = 66/100 = 66%



  • Pecahan biasa dengan penyebut yang bisa dijadikan 100 dengan cara dibagi :
6/200 = 3/100 = 3%

3/300 = 1/100 = 1%

25/500 = 5/100 = 5%


  • Pecahan biasa dengan penyebut yang bisa dijadikan 100 dengan cara dikali kemudian dibagi:
1/8 = 125/1000 = 12,5/100 = 12,5%

3/40 = 75/1000 = 7,5/100 = 7,5%





1.b. Untuk Pecahan Biasa yang penyebutnya tidak bisa menjadi 100. Baik dengan cara dikali maupun dibagi, maka proses pembentukan menjadi persen adalah dengan cara mengalikan pecahan itu dengan 100%, bahkan cara ini merupakan cara general universal (bisa di aplikasikan untuk jenis pecahan biasa dengan penyebut angka berapapun).

contoh :

1/3 >> 3 tidak akan bisa menjadi 100, baik dikali maupun dibagi, caranya ;

1/3 x 100 %
= 1 x 100 / 3  %
= 100/3   %
= 33,33333333333 %
= 33,33%

2/3
= 2/3 x 100%
= 200/3 %
= 66,6666666667%
= 66,67%

5/6
= 5/6 x 100%
= 500 / 6 %
= 83,33333333333%
= 83,33%

5/7
= 5/7 x 100%
= 500 / 7 %
= 71,4285714285714%
= 71,43%

2/9
= 2/9 x 100%
= 200 / 9 %
= 22,222222222222%
= 22,22%


1.c. Untuk mengubah Pecahan Campuran menjadi Persen. Ubah dulu Pecahan Campuran menjadi pecahan biasa, setelah menjadi pecahan biasa, lakukan langkah seperti contoh contoh diatas. Untuk lebih jauh menelaah cara mengubah Pecahan Campuran menjadi Pecahan Biasa, SILAKAN MASUK KESINI.

dan untuk lebih spesifik menelaah MENGUBAH PECAHAN BIASA MENJADI PERSEN, SILAKAN BUKA DARI SINI

======================

2. Bila yang akan di ubah menjadi persen itu adalah Pecahan Desimal, cara paling mudahnya adalah dengan menghitung jumlah angka dibelakang koma :


  • Patokan utama adalah dua angka dibelakang koma, karena dua angka dibelakang koma memiliki arti per 100 yang berarti juga persen, contoh :

1,23 = 123/100 = 123%
4,56 = 456/100 = 456%
7,89 = 789/100 = 789%

- Bila Pecahan Desimal itu hanya mempunyai satu angka dibelakang koma berarti = ..../10, caranya ..../10 itu dijadikan ..../100 (dikali 10), dan diikuti dengan mengali 10 juga pada pembilangnya. Setelah pembilang menjadi 100, maka jadilah persen, contoh :


0,1 = 1/10 = 10/100 = 10%

1,2 = 12/10 = 120/100 = 120%

0,5 = 5/10 = 50/100 = 50%

0,9 = 9/10 = 90/100 = 90%



- Bila Pecahan Desimal itu mempunyai tiga angka dibelakang koma berarti = ..../1000, caranya ..../1000 itu dijadikan ..../100 (dibagi 10), dan diikuti dengan membagi 10 juga pada pembilangnya. Setelah pembilang menjadi 100, maka jadilah persen, contoh :


0,001 = 1/1000 = 0,1/100 = 0,1%

0,012 = 12/1000 = 1,2/100 = 1,2%

0,123 = 123/1000 = 12,3/100 = 12,3%

1,234 = 1234/1000 = 123,4/100 = 123,4%




- Bila Pecahan Desimal itu mempunyai EMPAT angka dibelakang koma berarti = ..../10000, caranya ..../10000 itu dijadikan ..../100 (dibagi 100), dan diikuti dengan membagi 100 juga pada pembilangnya. Setelah pembilang menjadi 100, maka jadilah persen, contoh :


0,0002 = 2/10000 = 0,02/100 = 0,02%

0,0023 = 23/10000 = 0,23/100 = 0,23%

0,0234 = 234/10000 = 2,34/100 = 2,34%

0,2345 = 2345/10000 = 23,45/100 = 23,45%

2,3456 = 23456/10000 = 234,56/100 = 234,56%

untuk lebih dalam menelaah cara mengubah Desimal menjadi Persen, SILAKAN KLIK DISINI

pembaca perlu REFERENSI
penulis perlu NUTRISI
kerja sama yang baik adalah dengan meNONAKTIFKAN AdBlock
BIARKAN IKLAN TETAP TAMPIL PADA HALAMAN INI
Ockey !!!



Demikian tentang MENGUBAH PECAHAN MENJADI PERSEN yang dapat guruKATRO sajikan, bila ada tanggapan/kritik/saran/pertanyaan, silakan disampaikan pada kolom komentar yang tersedia

terima kasih.


Wassalaamu alaikum

40 komentar

  1. kalau 8/12 gimana? pake jalan susah tapi bu guru bilang harus pake jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. 8/12 disedehanakan menjadi 2/3
      2/3 sama saja dengan 2 : 3
      2 : 3 = 0,666667
      0,666667 bisa dibulatkan menjadi 0,67
      0,67 = 67/100
      67/100 = 67 %


      atau dengan cara :
      8/12 x 100%
      = 8 x 100 % / 12
      = 800 / 12 %
      = 66.6666667 %
      dibulatkan menjadi 67 %

      Hapus
  2. Tmks sg sangst terbantu dalam menyelesaikan tugas rumah putra saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih....
      sukses selalu untuk putera bapak...

      Hapus
  3. Kalo 7/10 caranya gimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. 7/10
      cara I:
      penyebut 10 dijadikan 100 dengan cara dikali 10
      karena penyebut dikali 10, maka pembilang juga harus dikali 10
      7x10=70

      maka pecahan menjadi 70/100

      /100 sama dengan %
      maka 70/100 = 70 %

      cara II:

      7/10 x 100 %
      = 7x100 / 10 %
      = 700/10 %
      = 70 %

      dengan kedua cara diatas, hasilnya sama saja (70%)
      silakan pilih cara yang mana yang dianggap paling simple

      Hapus
  4. Mau tanya kak!

    Pisang 150buah,stelah 2hari menguning 51buah,berapa pisang yang menguning?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jumlah bagian yang ditanyakan dibagi jumlah keseluruhan dikali seratus persen
      ==================================
      51/150 x 100 %

      = 51x100/150 %
      = 5100/150 %
      = 510/15 %
      = 34 %
      pisang yang telah menguning = 34%

      Hapus
    2. bisa juga dengan bahasa rumus diluar rumus matematika umumnya, tapi kadang terasa lebih mudah,
      dan hasilnya tetap sama, yaitu :
      ===================================
      jumlah bagian yang ditanyakan x 100 % dibagi jumlah keseluruhan
      ===================================
      atau dengan bahasa yang paling konyol namun kadang terasa sebagai cara yang paling mudah:
      ===================================
      jumlah bagian yang ditanyakan ditambah dua buah nol dibelakangnya
      kemudian dibagi jumlah keseluruhan
      ===================================

      Hapus
  5. kalo 3/7 brp persen
    dgn caranya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. =3/7 x 100%
      =300/7 %

      300 dibagi 7 = 45,85714286
      jika dibulatkan kedalam dua desimal menjadi 45,86
      jadi

      3/7 = 45,86 %

      Hapus
  6. Kalau 66 2/3 persen, bentuk pecahan biasanya berapa yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. 66 2/3 % dijadikan pecahan biasa menjadi 200/3 %

      200/3 % = 200/3 :100

      = 200/3 : 100/1
      = 200/3 x 1/100
      = 200/300
      = 2/3
      jadi :

      66 2/3 % bentuk pecahan biasanya2/3

      Semoga guruKATRO tidak keliru mengerjakan...

      Hapus
  7. Kalo 2 9/12 caranya gimana? Abdul hamid

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara I :

      2 9/12 dijadikan pecahan biasa menjadi 33/12
      33/12 x 100 %
      = 3300/12 %
      = 275 %
      =========================
      cara II :

      2 9/12 disederhanakan menjadi 2 3/4
      2 3/4 dijadikan pecahan biasa menjadi 11/4
      11/4 x 100 %
      = 1100/4 %
      = 275 %
      =========================
      jadi 2 9/12 = 275 %

      Hapus
  8. pak, kalo 89/140 dipersenkan jadi berapa & cara hitung manualnya bagaimana pak..? ini soal sekolah anak saya,..
    terima-kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. = 89/140 x 100 %

      = 89/14 x 10 %

      = 890/14 %

      = 63,57 %

      Hapus
  9. Membantu sekali dan sangat bermanfaat. Guru profesional ini cocok nya..

    BalasHapus
  10. ini kok saya mikirnya sih..
    3,2 buang koma dan tambah satu buah nol menjadi 320
    berarti 3,2 = 120%
    yang bener 320% bukan pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas koreksinya +Dian Rizky,
      itu salah ketik dan Sudah diperbaiki,
      ditunggu koreksi berikutnya
      sekali lagi terima kasih

      Hapus
  11. Balasan
    1. 3/8
      >>8 dikali 125 supaya menjadi 1000
      >>3 harus ikutan dikali 125, sehingga menjadi 375

      jadi 3/8 = 375/1000

      >>1000 dijadikan 100 dengan cara dibagi 10
      >>375 harus ikutan dibagi 10, menjadi 37,5

      sehingga menjadi 37,5/100

      jawaban akhir = 37,5%

      Hapus
  12. Kalo 30/75 dijadikan persen gimana caranya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 30/75 x 100%

      = 3000/75 %

      = 40%
      ========
      atau bisa disederhanakan dulu

      30/75 = 6/15 (masing masing dibagi 5)

      6/15 x 100 %

      = 600/15 %

      = 40%

      Demikian....

      Hapus
  13. Balasan
    1. mohon maaf ... hampir sepekan guruKATRO offline

      13,9 = 139/10 = 1390/100 = 1390%

      atau

      13,9 x 100% = 1390%

      Hapus
  14. klo 2,8 itu brpa persen dari 4

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf ... hampir sepekan guruKATRO offline

      2,8/4 x 100%
      = 28/40 x 100%
      = 0,7 x 100%
      = 70 x %
      = 70%

      Hapus
  15. Pryo pandito04 September, 2016

    Kalo 24 1/4% di ubah menjadi pecahan biasa berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya ini masuk di :

      http://gurukatrondeso.blogspot.com/2016/08/persen-diubah-menjadi-pecahan-biasa.html

      tapi gak mengapa lah.....

      saya coba jawab

      24 1/4%
      = 97/4%
      = 97/4/100
      = 97/400

      jadi :
      24 1/4% = 97/400

      Hapus
  16. Balasan
    1. iya coba diulangi ini :

      a. persen itu artinya per seratus

      b. persen itu sama saja dengan per seratus

      c. persen = /100

      d. 3 persen = 3% = 3/100

      e. jika pecahan itu penyebutnya bukan merupakan faktor atau kelipatan dari 100, maka cara paling mudah adalah dengan mengalikan pecahan itu dengan 100%

      f. Contoh penjelasan point e 1/6 = 1/6 x 100% = 100/6 % = 16.67%

      * jadi 1/6 - 16,67%

      g. jika penyebutnya merupakan faktor atau kelipatan 100, penyebut dijadikan 100

      contoh point g

      h. 3/4 = 75/100 = 75%

      * jadi 3/4 = 75%

      Hapus
  17. Kalau 40,020 bagaimana cara mengubahnya kedalam bentuk persen

    BalasHapus
    Balasan
    1. 40,020 (tiga angka dibelakang koma)
      tapi dibelakang koma ada angka nol yang letaknya paling belakang
      itu sama saja dengan tidak ada nol tersebut (tidak ada nilainya.

      jadi 40,020 = 40,02

      40,02 (dua angka dibelakang koma)
      = 4002/100
      = 4002%

      Hapus
  18. Kalo 9⅞ jika diubah ke dalam pecahan jadi berapa? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara 1 :
      9⅞
      = 79/8
      = 9875/1000
      = 987,5/100
      = 987,5 %
      ==========================================
      cara 2 :
      9 + ⅞ 9 biarkan dulu

      = 9 + 7/8
      = 9 + 875/1000
      = 9 + 87,5/100
      = 987,5/100
      = 987,5 %

      Hapus

Arsip

Google+

copyright©2017 guruKATRO
original template "simple" Powered by Blogger
reDesigned by ediTEMP