Tone Control Pasif 7 chanel

 

Satu lagi hasil eksperimen guruKATRO yang mungkin bisa pembaca coba, Tone Control pasife yang punya keistimewaan masing masing potensio akan bisa benar benar off apabila diputar ke arah nol, sehingga seandainya potensio volume dalam posisi 100% pun akan tidak ada sinyal audio yang bisa lewat apabila semua potensio tone control diputar ke posisi 0.

Sesungguhnya yang sedang guruKATRO gunakan hanyalah 4 chanel, itu semua karena potensio yang bagus yang tersedia sekarang hanya ada 4, dan lagi lobang panel depan box amplifier juga hanya ada 5, sehingga lobang yang satu diperuntukkan potensio volume dan yang empat digunakan untuk potensio tone control

Tapi rekomendasi guruKATRO untuk rekan rekan yang sedang ingin uji coba, gunakanlah 7 chanel .. heheheh walau tidak wajib juga sih .....




Ultimatum!!! 
1. Jangan tanya mana tegangan positifnya .... karena semua TC pasif gak butuh tegangan

2. Jangan tanyakan kenapa suara menjadi lemah setelah menggunakan TC ini, karena memang begitu, dan bila ingin membuat keras kembali, pasanglah transistor penguat audio, sesudahnya atau sebelumnya atau bahkan sesudah dan sebelumnya.

3. Jangan tanya Hz ... Decible ... karena eksperimen guruKATRO alat pantaunya hanya menggunakan telinga manusia, jadi gagap hertz ... desibel dan lain lain, sehingga patokannya hanyalah yang penting seperti enak didengar saja.

4. Komponen yang terpasang pada eksperimen guruKATRO hanyalah contoh saja, dan itu real yang guruKATRO gunakan, anda bisa saja menggati resistor atau capasitor nya demi menemukan kualitas audio yang anda inginkan.

5. TC pasif ini hanya berfungsi sebagai pengatur nada nada pada desibel tertentu saja, untuk kualitas TC ini masih sangat jauh dari kata enak didengar, sehingga masih membutuhkan perangkat lain macam galaxy atau penguat bertingkat atau rangkaian penjernih audio dll yang pernah guruKATRO share pada posting terdahulu.

Penampakan TC pasif 7 channel yang guruKATRO maksud, memiliki penampakan seperti ini :


dan bila sudah diterapkan komponennya akan tampak seperti ini:

Daftar komponen :

1. Potensio meter tujuh unit ukuran 50K atau 100K


2. Elko satu unit ukuran antara 1uF hingga 100uF ... voltage bebas


3. capacitor atau keramik atau milar atau apa lah ... enam unit, terdiri atas :

a. 102 (satu nano farad) satu unit

b. 332 (tiga koma tiga nano farad) satu unit

c. 562 (lima koma enam nano farad) satu unit

d. 103 (sepuluh nano farad) satu unit

e. 223 (dua puluh dua nano farad) satu unit

f. 333 (satu nano farad) satu unit


4. Resistor 14 unit, terdiri atas :

a. 560 : dua unit

b. 1K5 : dua unit

c. 3K3 : dua unit

d. 5K6 : dua unit

e. 10K : dua unit

f. 22K : dua unit, dan

g. 47K dua unit

=================

cara eksperimen :

nyalakan music ... pilih jenis music sesuai selera,

putar sampai nol ke tujuh potensio TC, dan buka secukupnya potensio volume

secara bergantian buka dan tutup kembali satu persatu potensio Tone control, dan amati hasilnya untuk tiap tiap potensio


selamat uji coba ... semoga sukses selalu

Komentar