Penguat Audio menggunakan Transistor PNP

Skema Transistor Penguat Audio sudah ada dan banyak macamnya, tinggal sesuaikan dengan keadaan piranti yang telah ada, mau pilih yang dominan nada tinggi, atau yang dominan nada menengah, bahkan  ada pula pilihan yang mengutamakan dominasi nada rendah.

guruKATRO pun telah cukup banyak memposting tentang berbagai jenis penguat audio tersebut, baik yang ada di blog gurukatro.com maupun yang ada di elekatro.blogspot,com.

Namun pada kesempatan kali ini guruKATRO share di blog eleKATRO, tentang penguat audio yang sedikit berbeda dari biasanya, dan menurut pengamatan telingatua milik guruKATRO, hasilnya cukup mencengankan, terutama pada bagian kualitas BASS-nendang.

Bass bisa terasa nendang, namun tidak mudah pecah/drop, setidaknya itu menurut perasaan telinga guruKATRO, bila menurut telinga lain ternyata tidak ada bedanya dengan jenis penguat transistor yang lain, maka guruKATRO hanya bisa mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Tapi tidak ada salahnya apabila kita rajin dan tidak mudah menyerah serta selalu semangat dalam ber eksperimen, karena sesungguhnya hal inilah yang pada akhirnya nanti akan bisa membuahkan keberhasilan.



guruKATRO sebut jenis penguat transistor yang akan di share di bawah ini dengan istilah penguat tidak biasa, karena masih sangat jarang penguat audio menggunakan transistor tipe PNP, bahkan selama ini guruKATRO belum pernah diajari untuk membuatnya, baik itu dari guru ONLINE, atau berbagi ilmu antar teman, atau sumber sumber ilmu yang lainnya. Jadi, rangkaian penguat audio jenis ini benar benar hasil uji coba guruKATRO secara ngarang dan mandiri, hanya dengan modal pernah membaca literatur yang menjelaskan bila transistor tipe PNP itu bisa menghasilkan ouput audio yang lebih clear dibanding transistor NPN.

Yang membuat rangkaian hasil uji coba guruKATRO ini menjadi terasa sangatGANJIL adalah menggunakan transistor berdaya cukup besar, yaitu menggunakan transistor BD140 [ heran kan].

Bukan guruKATRO asal pasang, tetrapi telah diujicoba pula menggunakan PNP yang lebih kecil, yaitu 2N5401, A733, A1015, dll, ternyata dalam rangkaian yang guruKATRO uji coba, mereka semua masih bisa menimbulkan drop bass pada level dan tegangan tertentu. Setelah dicoba menggunakan BD 140, drop bass bisa di minimalisir. Itulah akhir kesimpulan guruKATRO hingga tulisan ini dibuat.

Penguat audio dengan kualitas Bass tidak mudah drop juga dulu pernah guruKATRO rangkai, masih dengan menggunakan transistor tipe NPN pada saat itu, yaitu menggunakan transistor D400, atau bahkan D313, pada saat itu hasilnya cukup lumayan sih, tapi sayangnya sudah terlalu jauh tertimpa oleh beberapa eksperimen guruKATRO yang berikutnya.


macam mana rangkaian yang guruKATRO maksud .....


1. Contoh Penguat Audio Transistor PNP untuk Dominan BASS



R - 560K dan C - 561, bahkan R 47โ„ฆ  dan R 1K bisa anda ubah nilainya (nilai yang tidak terlalu jauh tentunya) untuk menyesuaikan dengan perangkat lain yang telah ada.



2. Contoh Penguat Audio Transistor PNP untuk Dominan MIDDLE



R - 220K dan C - 331, bahkan R 47โ„ฆ  dan R 2K2 bisa anda ubah nilainya (nilai yang tidak terlalu jauh tentunya) untuk menyesuaikan dengan perangkat lain yang telah ada.


3. Contoh Penguat Audio Transistor PNP untuk Dominan TREBLE




R - 100K dan C - 331, bahkan R 47โ„ฆ  dan R 4K7 bisa anda ubah nilainya (nilai yang tidak terlalu jauh tentunya) untuk menyesuaikan dengan perangkat lain yang telah ada.


4. Contoh Penguat Audio Transistor PNP untuk  FULL-RANGE




R - 560K dan C - 331, bahkan R 4K7 dan C 100ยตF  bisa anda ubah nilainya (nilai yang tidak terlalu jauh tentunya) untuk menyesuaikan dengan perangkat lain yang telah ada.

Walaupun menurut pengamatan guruKATRO untuk C 100ยตF itu tidak kentara perbedaannya ketika di uji coba menggunakan ukuran 47ยตF atau diatasnya. Tapi sebaiknya anda mencoba coba ... dengan berbagai ukuran, barangkali saja bisa menemukan komposisi yang paling sesuai dengan selera / keadaan perangkat pendukung yang anda miliki.



Berikutnya insyaAllah akan di posting :

Booster audio menggunakan penguat transistir PNP



Komentar

  1. Maaf pemula
    Input kok 1 gak 2
    Yg satunya g pke
    Hanya + aja kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. input hanya satu karena masih mono
      bagi yang mau stereo (L dan R) baik in maupun out nya
      silakan buat satu lagi yang sama persis
      nantinya ... yang satu buat L yang satunya lagi nuat R

      Hapus
  2. Tolong buatin sekema modif tune control 2 tr merek wel di modif tambah sufbwofer dan model๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti akan saya buatkan pada posting khusus

      Hapus
  3. Input dari tc apa dari sumber suara pak ?
    Ngapunten w0ng awam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh setelah player
      boleh setelah TC
      boleh sebelum input amplifier

      coba sendiri .... dimana yang bisa menghasilkan suara paling OK

      Hapus
  4. bisa di pasang sesudah filter subwoofer atau tidak pak? soalnya out subwoofer sangat lemah meski amplifier pakai 60 watt

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh
      dan bila muncul frequensi tinggi
      besarkan nilai C yang dari kolektor menuju basisnya

      Hapus

  5. Butuh brp vol dc guru?

    BalasHapus
  6. maaf saya masih pemula, mau tanya, apa rangkaian ini bisa di terapkan di rangkaian bel rumah dua nada untuk menguatkan suara yg dikeluarkan agar lebih keras, saya pake speaker mini 0,5w 8ohm

    BalasHapus
  7. Jika tegangan mengikuti PSU driver power apa yang harus ditambah dan diganti pak?

    BalasHapus
  8. Bd140 ganti yg lebih besar PNP 2955 apa bisa?

    BalasHapus
  9. Kalau pakai S8550 bisa ?

    BalasHapus
  10. Kayak crosofer y pak bila c basis di kasih potesio dan c seri maka jadi pengatur frekuensi

    BalasHapus
  11. tolong buatkan rangkaian noise gate anti feeback

    BalasHapus
  12. Pak guru klo penguat baik yg tr npn dan yg pnp itu ukuran elconya dr 1uf sampai berapa uf pak plng besar. Dan klo lbh besar dr 1uf apa pengaruhnya. Matur nuwun sget pk atas jawabanya.

    BalasHapus
  13. Apa yg harus diubah pak kalau menggunakan vcc 5v?

    BalasHapus

Posting Komentar