CARA JITU MENGATUR TEPI KANAN PRINT OUT EXCEL

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,
Microsoft Excel : Menentukan lebar spasi untuk sisi atas dan sisi kiri halaman print memang cukup mudah, tinggal atur saja berapa centi meter lebarnya, disesuaikan dengan kebutuhan hasil printer. Akan tetapi untuk menentukan lebar spasi (sisa) kertas bagian sisi kanan (untuk posisi landscape) atau bagian sisi bawah (untuk posisi portrait),
hasil print out dari microsoft excel kadang menjadi masalah, setelah di print, kadang terlalu lebar dan kadang juga terlalu sempit, ini semua terpengaruh oleh lebar dan tingi cell paling dekat dengan halaman print. 

Untuk bisa memperoleh hasil tidak terlalu mengecewakan, ada sedikit tips sederhana yang mungkin perlu dilakukan sebelum kita mengatur lebar dan tinggi halamann PRINT!!! ... antara lain sebagai ditutorkan dibawah ini :


  • Tentukan dulu jarak berapa cm bagian sisi kanan kertas batas daerah print.
  • Berikutnya sempitkan kolom pertama sebelah kanan halaman yang tidak ikut di print, dan bila diperlukan juga di bagian bawah. Misalnya bila akan menentukan halaman print adalah sampai cell G11, maka yang harus disempitkan adalah kolom H, dan row / baris 12.



  • Bila garis pembatas daerah halaman print bagian kanan, jika belum tepat berada diatas garis sebelah kanan kolom G, maka sempitkan atau lebarkan kolom kolom yang masih bisa disempitkan atau yang masih patut dilebarkan.
  • Jika diperlukan juga amati garis pembatas daerah halaman print bagian bawah, bila belum tepat berada diatas garis dibawah row 11, maka sempitkan atau tinggikan row didalam daerah print
  • Jika terjadi kasus semua kolom sudah tidak mungkin dipersempit lagi (mungkin karena kolom yang diisi terlalu banyak), sehingga garis pembatas halaman print masih berada diluar daerah print, maka gunakan skala, coba atur skala mulai dari 95%, atau 90% dst hingga ketemu pada posisi garis pembatas halaman print berada pada daerah yang sudah ditentukan.
Cara mengatur skala sbb:
Pada tab Page layout, klik tanda panah yang ada di pojok kanan bawahnya, akan muncul popup Page Setup, lalu klik tanda panah kebawah yang ada dibelakang Ajust to :
pertama pilih 95% dulu dan amati garis pembatas halaman print, lalu klik OK

bila sudah benar, proses cetak bisa dimulai

======================

tapi bila garis pembatas halaman print masih ada diluar daerah print, silakan turunkan lagi ke posisi 90% dan seterusnya sampai ketemu setelan garis print telah berada pada tempatnya.

tapi perlu juga diingat bahwa semakin kecil skala yang kita tentukan, maka akan berpengaruh juga pada ukuran huruf, jadi bila ternyata ukuran huruf mejadi terlalau kecil dan sulit dibaca, maka sebaiknya hasil print out dibagi menjadi lebih dari satu halaman.

Untuk bagian bawah langkah ini tidak diperlukan bila data yang tersedia hanya beberapa baris saja, sehingga tidak mungkin masuk ke halaman 2.

pembaca perlu REFERENSI
penulis perlu NUTRISI
kerja sama yang baik adalah dengan meNONAKTIFKAN AdBlock
BIARKAN IKLAN TETAP TAMPIL PADA HALAMAN INI
Ockey !!!



Demikian tentang CARA JITU MENGATUR TEPI KANAN PRINT OUT EXCEL yang dapat guruKATRO sajikan, bila ada tanggapan/kritik/saran/pertanyaan, silakan disampaikan pada kolom komentar yang tersedia

terima kasih.


Wassalaamu alaikum

Tidak ada komentar

Arsip

Google+

copyright©2017 guruKATRO
original template "simple" Powered by Blogger
reDesigned by ediTEMP