KI KD MI : FIKIH

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,
(bagian 3), 
posting Kompetensi Inti (KI) beserta Kompetensi Dasar (KD), dari Kurikulum 2013 yang diterbitkan Oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Untuk memudahkan pengcopypastean yang mungkin akan dilakukan oleh pengunjung, maka  KI dan KD ini di posting dalam format Tabel atau kolom word, dengan resiko google  tidak mengijinkan membuat terlalu banyak tabel , karena itu paosting KI dan KD KURTILAS Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab yang guruKATRO bagi menurut kategori Bidang Studi. dan sesuai tata urutan aslinya, untuk posting bagian KETIGA adalah KI dan KD Mata Pelajaran FIKIH atau FIQH, dari kelas satu semester satu, hingga kelas enam semester dua. Begitupun nanti pada posting mata pelajaran selanjutnya akan guruKATRO usahakan agar bisa memposting satu mapel dalam satu postingan.



BAB IV

KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)


5. FIKIH

C.1. KELAS I SEMESTER GANJIL

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1. Menerima dan menjalankan ajaran 
    agama yang dianutnya

1.1         Menerima kebenaran rukun Islam
1.2         Meyakini  kebenaran kalimah  syahadatain
1.3         Mengamalkan  perintah bersuci dari hadas dan najis.
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1         Menjalankan lima rukun Islam
2.2         Mengamalkan  ketentuan  syahadatain
2.3         Membiasakan  bersuci dari hadas dan najis
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara  mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1         Memahami rukun Islam
3.2         Memahami  syahadatain
3.3         Memahami kaifiah bersuci dari hadas dan najis

4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1         Mensimulasikan  tata cara bersuci dari hadas dan najis
4.2         Menyajikan arti kalimah syahadatain


C.2. KELAS I SEMESTER GENAP
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1. Menerima dan menjalankan ajaran 
    agama yang dianutnya
1.1         Menerima tata cara wudu
1.2         Menghayati manfaat  wudu
1.3         Mengamalkan hikmah wudu
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1         Membiasakan  wudu setiap akan salat
2.2         Membiasakan wudu setiap saat
2.3         Menjaga kesucian diri dari hadas dan najis
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara  mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1.       Memahami  tata cara wudu yang benar
3.2.       Mengidentifikasi hal-hal yang membatalkan wudu
3.3.       Memahami manfaat dan hikmah wudu
4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1.1.       Mempraktikkan tata cara wudu
1.2.       Menghafal doa sesudah wudu
1.3.       Menceritakan manfaat wudu

C.3. KELAS II SEMESTER GANJIL
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1         Menerima lafal azan dan iqamah
1.2         Meyakini salat sebagai perintah Allah SWT.
1.3         Mengamalkan salat fardu dengan benar
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1         Membiasakan azan dan iqamah
2.2         Menjalankan salat  tepat waktu

3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1         Memahami azan
3.2         Memahami iqamah
3.3         Memahami salat fardu

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1.       Mempraktikkan azan dan iqamah
4.2.       Mempraktikkan gerakan salat fardu

C.4. KELAS II SEMESTER GENAP
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

1.1         Meyakini hikmah salat berjamaah
1.2         Meyakini hikmah zikir setelah salat fardu
1.3         Meyakini hikmah  doa setelah salat fardu
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1         Membiasakan salat berjamaah
2.2         Membiasakan zikir setelah salat fardu
2.3         Membiasakan  berdoa setelah salat fardu
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1.       Memahami ketentuan salat berjamaah
3.2.       Memahami zikir setelah salat fardu
3.3.       Memahami lafal doa setelah salat fardu

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1.       Mensimulasikan tata cara salat berjamaah
4.2.       Mempraktikkan zikir setelah salat fardu
4.3.       Mempraktikkan doa setelah salat fardu

C.5. KELAS III SEMESTER GANJIL
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1         Menerima hikmah salat sunah rawatib
1.2         Menerima ketentuan salat jamak dan qasar
1.3         Menerima tata cara tayamum
1.4         Menerima hikmah salat  bagi orang sakit
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
2.1         Membiasakan salat sunah rawatib
2.2         Menghayati ketentuan salat jamak dan qasar
2.3         Menghayati tata cara tayamum
2.4         Istiqamah salat dalam segala keadaan
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1         Memahami  ketentuan salat sunah  rawatib
3.2         Memahami ketentuan salat jamak dan qasar
3.3         Memahami  tata cara tayamum
3.4         Menganalisis tata cara salat bagi orang  sakit

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1         Mempratikkan tata cara salat rawatib
4.2         Mempraktikan salat jamak dan qasar
4.3         Mempraktikkan tayamum bagi orang sakit
4.4         Mempraktikan tata cara salat bagi orang  sakit

C.6. KELAS III SEMESTER GENAP
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1.       Meyakini kebenaran perintah puasa Ramadan
1.2.       Menghayati perintah  salat sunah Tarawih
1.3.       Meyakini  keutamaan salat Witir
1.4.       Menghayati keutamaan amalan Ramadan
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya

2.1         Membiasakan simpatikepada kaum duafa
2.2         Membiasakan empati kepada kaum duafa
2.3         Membiasakan salat sunah Tarawih dan Witir
2.4         Mengamalkan amalan bulan Ramadan
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1.       Memahami  ketentuan  puasa Ramadan
3.2.       Memahami ketentuan salat Tarawih
3.3.       Memahami ketentuan salat  Witir
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1.       Menghafalkan doa berbuka puasa
4.2.       Menghafalkan doa setelah salat Tarawih
4.3.       Menghafalkan doa setelah salat Witir

C.7. KELAS IV SEMESTER GANJIL
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
1.1.       Menerima perintah  zakat, infak, dan sedekah
1.2.       Mengamalkan perintah  zakat, infak, dan sedekah
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
2.1         Menjalankan ketentuan zakat fitrah
2.2         Mengamalkan ketentuan infak dan sedekah
2.3         Menghargai orang yang zakat, infak, dan sedekah
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1         Memahami ketentuan zakat fitrah
3.2         Memahami ketentuan  infak
3.3         Memahami ketentuan sedekah

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1         Menyimulasikan tata cara zakat fitrah
4.2         Menyimulasikan tata cara infak dan sedekah

C.8. KELAS IV SEMESTER GENAP
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama dianutnya
1.1.       Meyakini salat Jum’at sebagai perintah Allah
1.2.       Meyakini salat Idain sebagai perintah Allah
1.3.       Mengamalkan kaidah salat Jum’at dan salat Idain
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya

2.1         Menghayati ketentuan salat idain
2.2         Membiasakan penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam salat Jum’at dan salat Idain
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1.       Memahami ketentuan salat Idain
3.2.       Mengamalkan ketentuan salat Jum’at
3.3.       Menghargai orang yang menjalankan salat Idain

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.1.       Mendemonstrasikan tata cara salat  Idain
4.2.       Mensimulasikan tata cara salat Jum’at

C.9. KELAS V SEMESTER GANJIL
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
1.1         Meyakini perintah  bersuci dari haid
1.2         Menerima ketentuan khitan
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
2.1.       Mengamalkan perintah bersuci dari haid
2.2.       Menjalankan ketentuan khitan
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1         Memahami mandi wajib setelah haid
3.2         Memahami ketentuan khitan

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1         Menyimulasikan pelaksanaan khitan
4.2         Menyimulasikan  mandi wajib setelah haid

C.10. KELAS V SEMESTER GENAP
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama Islam
1.1         Meyakini kurban  sebagai perintah Allah
1.2         Meyakini haji sebagai perintah Allah
1.3         Meyakini umrah sebagai perintah Allah
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
2.1         Mengamalkan nilai-nilai dalam ibadah haji
2.2         Mengamalkan nilai-nilai dalam ibadah umrah
2.3         Menghargai nilai-nilai dalam ibadah kurban

3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1         Memahami ketentuan kurban
3.2         Memahami tata cara haji
3.3         Memahami tatacara umrah
3.4         Menganalisis perbedaan haji dan umrah

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1.       Mendemonstrasikan tata cara kurban
4.2.       Menyimulasikan tata cara haji
4.3.       Menyimulasikan tata cara umrah


C.11. KELAS VI SEMESTER GANJIL
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
1.1         Menerima  ketentuan makanan halal/haram
1.2         Menerima  ketentuan minuman halal/haram
1.3         Menerima  ketentuan binatang halal/haram
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
2.1         Membiasakan mengonsumsi makanan halal
2.2         Membiasakan mengonsumsi minuman halal
2.3         Membiasakan mengonsumsi binatang halal
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1         Memahami  ketentuan makanan halal dan haram dikonsumsi
3.2         Memahami  ketentuan minuman halal dan haram dikonsumsi
3.3         Mengidentifikasi binatang yang halal dan haram dikonsumsi
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1         Menyajikan klasifikasi makanan halal dan haram
4.2         Menyajikan klasifikasi minuman halal dan haram
4.3         Menyajikan klasifikasi binatang halal dan haram

C.12. KELAS VI SEMESTER GENAP
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
1.1         Meyakini ketentuan tentang jual beli
1.2         Menerima ketntuan pinjam meminjam
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
2.1         Membiasakan  jual beli  yang dibolehkan
2.2         Mengamalkan ketentuan  pinjam-meminjam

3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1.       Memahami ketentuan jual beli
3.2.       Memahami tatacara pinjam-meminjam 

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1         Menyimulasikan jual beli  yang halal
4.2         Menyimulasikan pinjam-meminjam

Selanjutnya...............
D.1.  KI-KD Mata Pelajaran SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM - MI
Silakan   BUKA DARI SINI.

Tidak ada komentar

Populer