guruKATRO DIKERJAIN SEAL TROMOL RODA DEPAN

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,
Awalnya, setelah sepeda motor guruKATRO berusia 4 tahun dalam pemakaian, tiba tiba terasa ada kelainan yang terlihat pada as roda depan, bila sehari setelah dikendarai dalam kehujanan, terlihat pada pertemuan as roda depan dengan karet seal penutup bearing (klaher) itu muncul bercak bercak bekas cairan berwarna coklat tua, warnanya mirip Indian-RED. Saat itu guruKATRO menganggap hal itu sebagai perkara kecil yang tidak terlalu penting untuk dipermasalahkan.

Sebulan berlalu, disaat suasana masih juga musim penghujan, guruKATRO sudah mulai merasakan, efek dari bercak berwarna coklat tua itu, perputaran roda depan sepeda motor sudah tidak normal lagi, terutama bila sedang menikung, sangat terasa kasarnya pergerakan roda. Vonis guruKATRO pasti langsung pada KLAHER atau BEARING. itu pasti!!!! (gumam dalam hati guruKATRO). Jadi langsung saja beli BEARING merk ORIGINAL sesuai merk Sepeda Motornya- sampai dirumah, langsung Bongkar... dan benar 1000%, kerusakan bearing sudah stadium 3, hampir rontok!!!!!. 




Setelah diganti bearing baru, semua jadi nikmat kembali.



Belum jua musim hujan tarnsisi ke musim kemarau, alias baru beberapa pekan saja, ternyata kembali muncul permasalahan yang sama. masih keluar bercak berwarna indian red itu, dan beberapa hari kemudian, Bearing BARU + ORIGINAL, yang baru terpasang sudah rontok lagi.

Setelah diangan angan ternya ketemu dalam pikiran :
Kerusakan Klaher itu bisa sangat cepat terjadi, Kerusakan Klaher itu diawali bercak berwarna coklat tua, pada seal tromol, Bercak itu muncul bila sesudah kehujanan atau setelah sepeda motor dicuci.

Kesimpulannya, yang rusak terlebih dahulu adalah seal tromol. Seal karet yang posisinya menutupi klaher dan melingkari AS roda depan.



karena kerekatan seal tromol sudah tidak bisa dipertanggungjawabkan, sehingga air bisa masuk kebagian dalam tromol, dan menyerang stempet beserta klahernya. Akhirnya guruKATRO putuskan disamping membeli KLAHER baru lagi, juga sekalian membeli SEAL TROMOL, yang ternyata harganya hanya Rp. 5.000,- perbiji. Beli  dua untuk kanan dan kiri, hanya Rp. 10.000,-. 




Harga yang sangat murah dan proses pemasangannya juga terlalu mudah, bila mengingat fungsinya untuk melindungi piranti yang harganya jauh lebih mahal serta proses pemasangannya juga jauh lebih sulit, si BEARING atau KLAHER  itu.

Jadi intinya, sering sering lah mengamati bagian luar seal tromol, bila terdapat bercak bekas cairan yang tercampur serbuk lembut logam, barangkali suatu saat anda mengalami hal yang sama. Segera lakukan langkah sebelum cairan itu merontokkan klaher dan piranti yang lainnya.


2 komentar

  1. templatenya unik, lain dari pada yang lain... guru katro tapi kreatifitasnya hebat mas brooo

    ajarin sya guruuu... plissss

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana sih yah ,,,,, cara ajarinnya?

      mau dicoba utak atik sendiri?, bila berkenan silakan tinggalkan alamat email, nanti tek kirim xml .nya

      Hapus

Iklan Oleh Google

Populer