2017-06-14

Sebaiknya Minum sambil duduk atau berdiri

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

Bila dibahas tentang mana yang lebih baik, pasti jawabannya adalah lebih baik kita minum dalam posisi duduk, disamping adanya beberapa dalil yang menjelaskannya, kajian medis juga menjelaskan beberapa akibat negatif bila kita minum sambil berdiri, dan juga secra bila dipandang secara etika, sepertinya akan lebih sopan apabila kita minum dalam posisi duduk, walau kata "sopan" mungkin juga bisa diartikan sebagai "tergantung" dari pandangan dan tata cara hidup kawasan atau adat tertentu.




Sedangkan apabila dibahas menurut pandangan Islam, boleh atau tidak minum sambil berdiri?, jawabannya tentu ada yang menjelaskan "Tidak Boleh", bahkan ada yang men "Tidak Bolehkan" dengan keras. Namun ada juga yang menjelaskan bahwa bila minum sambil berdiri itu tidak apa apa dan boleh boleh saja. Hal ini mungkin perlu dimaklumi karena dalam Islam ada beberapa dalil tentang posisi kita ketika minum tersebut, antara lain :


A. Tata cara minum menurut dalil dalil Islam :

1. Dalil yang melarang minum sambil berdiri :

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

أَنَّ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم : زَجَرَ عَنِ الشُّرْبِ قَائِمًا

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sungguh melarang dari minum sambil berdiri.”
(HR. Muslim no. 2024).


Dari Anas radhiyallahu ‘anhu pula, ia berkata,

عَنِ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم : أَنَّهُ نَهَى أَنْ يَشْرَبَ الرَّجُلُ قَائِمًا

“Dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di mana beliau melarang seseorang minum sambil berdiri.” Qotadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), “Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?” Anas menjawab, “Itu lebih parah dan lebih jelek.”
(HR. Muslim no. 2024). 

Para ulama menjelaskan, dikatakan makan dengan berdiri lebih jelek karena makan itu membutuhkan waktu yang lebih lama daripada minum.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ يَشْرَبَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ قَائِمًا فَمَنْ نَسِىَ فَلْيَسْتَقِئْ

“Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. Apabila dia lupa maka hendaknya dia muntahkan.”
(HR. Muslim no. 2026)



2. Dalil dalil yang membolehkan minum sambil berdiri :

Ibnu ‘Abbas radhiyallahu anhuma berkata,

سَقَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مِنْ زَمْزَمَ فَشَرِبَ قَائِمًا

“Aku memberi minum kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dari air zam-zam, lalu beliau minum sambil berdiri.”
(HR. Bukhari no. 1637 dan Muslim no. 2027)


Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu anhuma, ia berkata,

كُنَّا نَأْكُلُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: وَنَحْنُ نَمْشِى وَنَشْرَبُ وَنَحْنُ قِيَامٌ

“Kami dahulu pernah makan di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sambil berjalan dan kami minum sambil berdiri.”
(HR. Tirmidzi no. 1880 dan Ibnu Majah no. 3301. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Dalil ini bahkan menyatakan makan sambil berjalan.


Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya, ia berkata,

رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: يَشْرَبُ قَائِمًا وَقَاعِدًا

“Aku pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam minum sambil berdiri, begitu pula pernah dalam keadaan duduk.”
(HR. Tirmidzi no. 1883 dan beliau mengatakan hadits ini hasan shahih)

Dan mungkin masih banyak lagi Hadits/dalil yang menjelaskan hal minum sambil duduk atau berdiri yang tidak/belum sempat kami baca, mohon maaf dengan keadaan kami ini. Silakan pembaca resapi sendiri sendiri atau yang lebih baik konsultasikan kepada orang yang selama ini pembaca anggap bisa dipercaya fatwa atau pandangan agamanya.

Dibawah ini adalah sedikit penjelasan tentang akibat negatif apabila kita minum dalam posisi berdiri :


sumber : vemale.com
B. Pandangan minum sambil berdiri menurut dunia kesehatan :


1. Berisiko Terkena Artritis
Seperti dilansir oleh wellordie.com, minum air sambil berdiri bisa mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh. Akibatnya bisa terjadi penumpukan cairan di sendi-sendi tubuh dan menyebabkan artritis. Artritis adalah peradangan pada satu atau lebih persendian, yang disertai dengan rasa sakit, kebengkakan, kekakuan, dan keterbatasan bergerak.


2. Mengganggu Sistem Pencernaan
Dengan minum sambil berdiri, air akan mengalir melewati usus dan menciprat ke dinding perut. Cipratan ini bisa mengakibatkan kerusakan sistem pencernaan dalam jangka panjang karena merusak dinding perut dan saluran pencernaan.


3. Sulit menghilangkan rasa haus
Minum sambil berdiri juga menyebabkan resapan air menjadi lebih cepat, sehingga hal ini akan mengakibatkan rasa haus tetap terasa walaupun kita sudah minum.


4. Ginjal tidak bisa dengan baik menyaring air
Minum air sambil berdiri membuat proses penyaringan yang dilakukan ginjal tak optimal. Bahkan kotoran bisa menumpuk di ginjal dan kandung kemih yang bisa menyebabkan gangguan saluran kemih. Dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan permanen di ginjal.


5. Tak Bisa Mengencerkan Kadar Asam di Dalam Tubuh
Air memang sebaiknya diminum sedikit dan perlahan-lahan sambil duduk. Dengan begitu, air bisa bantu mengencerkan kadar asam di dalam tubuh yang disesuaikan dengan proporsi air yang dibutuhkan. tubuh. Jadi kalau minum air sambil berdiri, proses pengenceran kadar asam ini bisa terganggu.


6. Menyebabkan Ulser dan Heartburn
Minum air sambil berdiri, air akan mengalir dan menciprat ke area kerongkongan bagian bawah dengan cukup keras. Hal ini bisa mengganggu sfingter (kumpulan serabut otot yang berbentuk seperti cincin yang bekerja untuk menutup jalur atau pembukaan alamiah pada tubuh) dan bisa menimbulkan sensasi terbakar di kerongkongan karena zat asam di perut naik ke atas.

Ket :
Pengertian Ulcerasi. (http://doktergigi-semarang.blogspot.co.id)
Ulcerasi adalah suatu proses luka atau luka terbuka, kondisi putusnya epitelium mukosa rongga mulut yang menyebabkan terbukanya ujung saraf yang terletak di lamina propria. Ulser mungkin merupakan lesi jaringan lunak yang paling sering terjadi dan dapat bersifat akut maupun kronis. Walaupun kebanyakan ulser rongga mulut memiliki gambaran klinis yang mirip, akan tetapi etiologinya bervariasi mulai dari reaktif sampai neoplastik dan dapat juga merupakan manifestasi oral dari suatu penyakit. Ulser reaktif kronis ditutupi oleh membran kuning dan dikelilingi oleh pinggiran yang dapat diangkat yang menunjukkan hiperkeratosis. Lamanya ulser tergantung pada luka dan infiltrasi sel inflamatori kronis.

Heartburn adalah sensasi perih dan panas pada dada Anda. Kondisi ini dapat memburuk saat Anda berbaring atau menunduk. Heartburn dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari Anda dan pada beberapa kasus dapat terkait dengan kondisi kesehatan lainnya. (https://hellosehat.com)



7. Saraf - saraf akan menegang apabila minum sambil berdiri
Disadari atau tidak, saraf tubuh bisa menegang saat kita minum dalam keadaan berdiri. Sebaliknya, jika kita minum sambil duduk maka sistem parasimpatetik akan terkondisikan lebih rileks sehingga saraf tak akan tegang. Proses penyerapan air minum dan pencernaan pun bisa berjalan dengan lebih baik.

Apabila referensi dari ilmu kesehatan diatas benar adanya, .... maka pasti anda bisa putuskan sendiri tentang posisi seperti apa yang sebaiknya anda pilih ....

Demikian, sementara hanya seperti ini yang bisa kami share tentang posisi mana yang sekiranya lebih baik disaat kita sedang minum. 

Demikian Posting tentang Sebaiknya Minum sambil duduk atau berdiri yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

belum ada Komentar

Populer

Google+