KISI KISI SOAL IPS untuk PAT KELAS 8

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Bagi adik adik sekalian para Pelajar SMP/MTs Kelas 8, mungkin posting ini bisa ada manfaatnya bagi kalian semua. Sebab yang akan di posting pada kesempatan kali ini adalah Kisi kisi soal untuk Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau yang dulu sering dikenal sebagai UAS II atau Ulangan Umum Kenaikan Kelas (UKK), kelas 8 atau kelas 2 SLTP (SMP/MTs) atau Madrasah Wustha.


Walaupun masih saja ada kemungkinan beberapa perbedaan, terutama bila dikaitkan dengan sistem kurikulum pendidikan saat ini, namun semoga saja kisi kisi soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam posting ini bisa membantu mempermudah belajar siswa siswi SMP atau MTs dalam mempersiapkan diri menghadapi Penialaia Akhir Tahun. Khususnya untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ini.


Kisi kisi yang mengandung 55 indikator ini terbagi dalam dua bentuk soal, yang pertama adalah 50 indikator untuk bentuk soal multiple choice atau pilihan ganda dan 5 indikator untuk bentuk soal essay/esai/uraian atau isian.











I.  50 Indikator untuk bentuk soal Pilihan Ganda :
  1. Memberi contoh kerusakan lingkungan hidup yang disebabkan oleh faktor alam
  2. Menentukan salah satu istilah dari hubungan disasosiatif
  3. Menyebutkan istilah dari pihak yang berkonflik berhenti pada titik tertentu
  4. Menyebutkan istilah dari interaksi sosial dengan kata kunci "mengurangi tuntutan"
  5. Mendefinisikan konsep akulturasi
  6. Mendefinisikan konsep lingkungan hidup
  7. Memberi contoh usaha manusia untuk memperbaiki kualitas lingkungan
  8. Membedakan tujuan pengelolaan lingkungan hidup
  9. Menentukan upaya pelestarian lingkungan hidup
  10. Menentukan unsur unsur lingkungan abiotik
  11. Mengklarifikasi proses budaya dari contoh Epos Mahabarata dan Ramayana
  12. Mendefinisikan konsep asimilasi
  13. Menentukan yang bukan faktor pendororng proses asimilasi
  14. Menentukan sikap yang termasuk bagian dari perilaku promordialisme
  15. Memberi contoh dampak negatif primordialisme
  16. Menetukan istilah dari sikap menilai kebudayaan lain menggunakan kebudayaan sendiri
  17. Memberikan contoh dampak negatik etnosentrisme
  18. Memberi contoh dampak positif yang timbul dari sistem politik
  19. Mendefinisikan konsep integrasi sosial
  20. Memberi contoh akhlak yang harus dikembangkan dalam kehidupan bersuku bangsa
  21. Menjelaskan bahasa Sansekerta dari Budayyah
  22. Menentukan cara berfikir yang membangun dari keberadaan masyarakat yang majemuk
  23. Menyebutkan pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia
  24. Mendeskripsikan pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia
  25. Menyebutkan orang yang pertama kali mengemukakan istilah pancasila
  26. Menyebutkan negara sahabat yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia
  27. Menyebutkan pembangunan nasional perlu dibangun interaksi sosial budaya yang bersifat akulturasi
  28. Menentukan peran kelembagaan agama dalam mengelola masyarakat
  29. Menyebutkan pemimpin perlawanan bersenjata terhadap Jepang di Blitar
  30. Menyebutkan pendaratan pertama Jepang di Indonesia
  31. Menyebutkan istilah dari manusia dan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang erat dan tidak dapat dipisahkan
  32. Menyebutkan ciri kehidupan sosial dan kebudayaan dalam masyarakat
  33. Menyebutkan fungsi pembinaan bahasa daerah dalam keanekaragaman suku bangsa
  34. Menyebutka deskripsi dari isi dari semua kebudayaan yang ada di dunia
  35. Menetukan upaya peningkatan dan pembinaan apresiasi budaya lokal terutama dalam bidang sastra daerah
  36. Menentuka perspektif agar pemahaman budaya lokal dapat dicapai lebih dalam
  37. memberikan indikasi proses akulturasi
  38. Menentukan unsur yang bukan merupakan unsur kebudayaan universal
  39. Menentukan sub kebudayaan yang tumbuh dan berkembang digunakan dan dimiliki oleh seluruh suku bangsa dalam suatu negara
  40. Menggambar proses evolusi sosial budaya
  41. Menetukan upaya upaya untuk merivisi kebudayaan yang menyimpang
  42. Menunjukkan pengaruh positif otonomi daerah
  43. Memberi contoh yang bukan propaganda awal Jepang untuk menarik hati bangsa Indonesia
  44. Menunjukkan usaha mengelola perbedaan dalam pembangunan nasional yang tidak tepat dilakukan
  45. Menyebutkan istilah kerja paksa pada masa Jepang
  46. Menentukan alasan golongan muda menuntut kemerdekaan di Indonesia lepas dari segala pengaruh Jepang
  47. Menunjukkan perubahan yang paling menguntungkan Indonesia pada masa penjajahan
  48. Menyebutkan pencetus istilah pancasila pertama kali dimunculkan
  49. Menyimpulkan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa
  50. Menginterprestasikan ditetapkannya UUD 1945 pada tanggal 18 Agustus 1945 bersama sama dengan ditetapkannya presiden dan wakil presiden




II.  5 Indikator untuk bentuk soal Essay
  1. Menjelaskan deskripsi pluralitas suku bangsa
  2. Menyebutkan manfaat sumber daya alam dari penanaman tanaman bakau
  3. Menjelaskan peran pemerintah dalam menjaga keberagaman kebudayaan
  4. menyebutkan propaganda pada masa kolonial Jepang
  5. Menyebutkan sambutan;respon rakyat Indonesia terhadap informasi seputar proklamasi kemerdekaan Indonesia.




NB : 

Yang diatas itu hanyalah sebuah kisi kisi yang secara kebetulan diperoleh pada saat ada pelajar SLTP kelas 8 yang tiba tiba meminta jasa fotocopy pada printer saya, karena halaman yang akan di copy memiliki ukuran Folio, sedang Printer saya hanya bisa selebar A4, makanya harus di scan dulu menjadi dua bagian untuk satu halamannya, baru kemudian digabung kembali dimasukkan dalam word lantas di print .....

Ada juga kemungkinan bahwa urutan soal tidak mesti sesuai dengan urutan indikator diatas.

Juga untuk pemisahan antara bentuk soal multiple choice dengan essay, ada kemungkinan tertukar indikatornya, mengingat soal PAT tidak dicetak secara nasional, namun lebih bertumpu kepada kebijakan daerah.


bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang KISI KISI SOAL IPS untuk PAT KELAS 8 yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih