2017-05-23

Cetak Sertifikat Hasil Ujian Sekolah/Madrasah (SHU/M) 2017

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

Usai sudah pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah atau lebih tepatnya Ujian Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2017, yang baru saja dihelat pada hari Senin, 15 hingga Rabu, 17 Mei tahun 2017 yang lalu.

Ujian akhir dengan obyek tiga mata melajaran (Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) bagi SD, SDLB dan MI serta Madrasah ula yang dikawal oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui tangan UPTD Pendidikan itu, terasa sangat terpaksa dilakukan, Kepala SD/MI baru diajak RaBer (Rapat Bersama), hanya dua hari sebelum pelaksanaan hari pertama ujian. Itupun termasuk hari Ahad, karena rapat dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 13, sedang pelaksanaan ujian pada hari senin, tanggal 15.Setidaknya itu yang terjadi di Kecamatan tempat guruKATRO nyangkul, dan semoga di tempat lain tidaklah seperti itu.

Pula dengan pesan dari pihak UPTD berbunyi kurang lebih demikian, "sesegera mungkin cetak sendiri SHUN, jangan menunggu SHUN yang datang dari atas".

Dalam rapat super mendadak, rapat kepala madrasah dan dewan guru jelang pelaksanaan US/M ketika Kepala Madrasah menyampaikan Oleh oleh dari UPTD tersebut, guruKATRO hanya tersenyum penuh haru, sambil berucap dalam hati, "emangnya tahun lalu ada ???? Sertifikat dari atasan itu ???. Lagian juga terasa kurang adil bila harus bernama Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN)???. Orang nama ujiannya juga Ujian Sekolah/Madrasah dan bukan Ujian Nasional, jadi guruKATRO yang sudah terlanjur 2 kali (tahun) membuat aplikasi cetak sertifikat itu serta telah digunakan oleh banyak rekan se Indonesia itu, tetap bersikeras memberi nama sertifikat itu bukan dengan nama SHUN, melalinkan memilih nama SHUS/M.

Bila memang benar pada suatu hari nanti akan keluar SHUS/M dari yang diatas sana, ya tidak masalah juga kan ???, .... solusinya sejak hari adanya sertifikat dari atas, sejak itu pula anggap saja ini adalah Sertifikat sementara.

SHUS/M ini dibuat dengan bingkai sama persis dengan bingkai Ijazah SD tahun 2017, tapi dengan isian sama dengan SHUN tahun 2017.

Bagi yang setuju dengan nama SHUS/M silakan gunakan aplikasi ini, tapi bila yang lebih setuju dengan nama SHUN dengan sangat terpaksa guruKATRO menyarankan untuk edit nama tersebut pada halaman edit data lembaga.

Perbedaan yang paling mendasar bila dibanding dengan Aplikasi yang telah ada adalah ditambahkannya pengaman QRCode



Kode yang diletakkan pada bagian bawah halaman Sertifikat itu, secara default akan terbaca sebagai :

US/M ........ TAHUN 2017 (rahasia ......, takut kebaca oleh oknum pengganda heheheh)

dan secara umum kode seperti diatas itu sudah cukup. Namun dalam aplikasi ini masih diberi kesempatan untuk mengganti dengan QRCode hasil olahan dari kalimat yang lebih spesifik, misalnya dengan kalimat :

US/M MI ALFALAHIYAH PLOMPONG TAHUN 2017

bila kita menghendaki yang spesifik semisal itu, silakan buat QRCode sendiri dengan kalimat buatan sendiri menggunakan QRCode generator baik yang offline maupun yang online.

sedikit pengingat bahwa bila membuat QRCode dengan menggunakan aplikasi pembuat QRCode, alias QRCode generator secara offline yang free (gratisan), akan memperoleh hasil yang benar, bila kalimat yang dibuat tidak melebihi 25 karakter. Sedang bila kalimat yang dibuat ternyata tidak bisa kurang dari 25 karakter, mungkin bisa memilih membuat QRCode secara online, atau dengan aplikasi offline yang berbayar.

Bila ada yang merasa kesultanan dalam membuat QRCode, bisa pesan melalui tab Hubungi Kami pada halaman bawah posting ini, dengan menuliskan Kata kata yang ingin di buat QRCode, dengan cara itu, kerahasiaan QRCode bisa terjaga dengan baik, karena guruKATRO tidak akan mempublikasikan kiriman anda dan akan segera menghapusnya agar guruKATRO juga tidak mengingatnya lagi

Tapi sehebat apapun sifat kerahasiaan data digital, seseorang hecker yang mumpuni pasti tetap saja akan bisa mendeteksinya.

Setelah mendapatkan QRCode yang kita buat sendiri, langkah berikutnya adalah buka halaman edit lembaga, klik kanan QRCode yang telah ada, lalu pilih Change Picture, klik 2 kali QrCode yang akan digunakan untuk mengganti, berikutnya klik save.

Dari berbagai perbedaan atas aplikasi terdahulu itu, yang jelas default tampilan Sertifikat SHUS/M 2017 hasil olahan guruKATRO ini merupakan kolaborasi bingkai milik Ijazah SD tahun 2017, terlihat dari warna bingkai yang khas,



sedangkan isi dan format nilai, serta pemasangan QRCode, pola penerapannya menganut juktul SHUN SLTP/SLTA tahun 2017,





dengan dua baris tambahan ber genre jumlah dan rata rata nilai. Sekilas tampilan hasil kolaborasi itu menjadi seperti ini :



guruKATRO membuat seperti itu atas dasar alasan karena yang menyelenggarakan US/M adalah Jalur Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, MASA SIH, UJIAN YANG DIKOMANDOI KEMDIKBUD MENGGUNAKAN BINGKAI DARI KEMENAG ATAU LOKAL MI?. Namun bila ada yang berkehendak menggunakan bingkai dengan tampilan yang berbeda (KEMENAG/lokal), atau bahkan tidak menggunakan bingkai sama sekali, pada aplikasi yang bisa di download pada link yang ada di bagian paling bawah ini disediakan opsi cetak halaman tanpa bingkai.

Nomor blangko US/M  dari awal hingga huruf M, dibuat atas dasar dari juktul SHUN 2017

DN (Dalam Negeri)

- (pemisah)

03 (Kode Provinsi)

M (mbuh apa)

========

guruKATRO ngarang mulai dari :

32 (kode kabupaten)

297 (kode sekolah penyelenggara)

0 (bila ingin sesuai juktul : tujuh digit),

atau bila peserta ujian pada MI ybs ada 100 lebih, terpaksa menggunakan 8 digit, dengan cara mengisi 0  (menjadi 00)

digit terakhir pada aplikasi ini terbatas hanya 1 sampai angka 100,

bila ada MI denghan peserta Ujian melebihi 100, bisa dengan memesan aplikasi secara khusus melalui tab contac me yang tersedia dibawah halaman guruKATRO, atau bisa juga melalui kolom komentar.

Sedemikian panjang lebar apapun penjelasan ditelaah, akan tidak mudah dimengerti, kecuali bila kita sudah secara langsung melihat dan mengoperasikan Aplikasi ini, tentunya setelah kita  AMBIL DULU DARI SINI aplikasinya

Untuk Aplikasi isian Ijazah MI tahun 2017, silakan MULAI DARI SINI


NB :

  • 99,99% tulisan (kata-kata) pada halaman print bisa di edit melalui halaman edit lembaga dan halaman edit peserta. Hanya ada satu baris yang guruKATRO kunci (tidak bisa di edit), dengan tujuan menjaga privasi saja, atau bisa dikatakan unjuk identitas saja.
  • Dan yang namanya guruKATRO itu tergolong manusia, dan pastinya memiliki sekian banyak kekurangan, karena itu bila ternyata dalam aplikasi ini terdapat point point yang memiliki kelemahan, dan perlu perbaikan, silakan sarankan melalui kolom komentar. Insya Allah akan segera di update aplikasinya.
Demikian Posting tentang Cetak Sertifikat Hasil Ujian Sekolah/Madrasah (SHU/M) 2017 yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

sudah ada 13 Komentar

  1. ini format dri kabupten atau dri propinsi pak guru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan dari kab ataupun prop
      murni inisiatif guruKATRO

      dengan pola pikir :

      1. bila seperti tahun 2016 yang asli tidak datang,
      mungkin ini bisa digunakan sebagai ASLI

      2. tapi bila tahun 2017 ini yang asli dari atas datang,
      anggap saja ini sebagai SKUS/M sementara

      Hapus
  2. berrti beda ya antara SKHU dan SHUS/M ? yg SHU menrik karena ada QRcode tp knp g ada tnda tngn KAMAD?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu semua dibuat dengan mengacu pada SHUN (Sertifikat Hasil Ujian Nasional) 2017 untuk SMP/MTs dan SMA/SMK/MA

      Hapus
  3. Assalamu'alaikum Wr. Wb. selamat Idul Fitri Pak Prof. nyuwun pangapurane ingkang katah pak Prof. Mugi2 Pak Prof sekeluargi selalu dalam keberkahan Allah SWT.
    niki pak prof kenapa di tanggal lahir siswa kalau di isi bulan April,outputnya di hasil cetak hanya angka2 saja.solusinya gimana Pak Prof.???
    matur kesuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. www
      kembali nuwun

      selamat idzul fitri 1438 h
      Taqabbalallah minna wa minkum taqabbal yaa Kariem

      barusan saya coba download dan extract rar, disini gak ada masalah,

      1. untuk input data (terutama tanggal lahir, copy dan gunakan gunakan paste values (jangan langsung paste), barangkali bisa diatasi

      2. atau coba extract lagi yang baru dari rar

      3. atau coba download lagi ....

      4. semoga berhasil

      Hapus
  4. Assalamu'alaikum Wr. Wb. Pak Prof.
    semoga Pak Prof. sekeluargi selalu dalam rahmat Allah SWT.
    mau tanya Pak Prof. ada postingan baru ga nih tentang pembelajaran kurtilas edisi revisi 2017

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa alaikumussalaam wr wb
      misalnya tentang apanya pak?

      nanti saya akan berusaha sesuai keingingan anjeun (kalau mampu)

      Hapus
    2. soalnya tp 1718 ini aku nongkrong di kelas 6, yang masih KTSP ....

      Hapus
  5. Bosss,, Sya minta tolong, bagaimna cara ingin mengedit data yang ada di dalam Aplikasi ini boss, itukan di protek boss tolong kirimin yang Non Protek kalau ada bosss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan tinggalkan alamat email untuk mengirimkannya

      Hapus
    2. ini emailnya bossss..
      wahyuromdhani03@gmail.com

      Hapus

Populer

Google+