2017-02-08

Sebesar apa Faktor Genetik memiliki andil pada penyakit Kanker Payudara?

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

Hingga saat ini, "Kanker Payudara" masih menjadi salah satu penyakit yang menakutkan!, karena masih sulit untuk disembuhkan dan nyatanya masih terlalu sering menyebabkan kematian. Kaitannya dengan sepenggal cerita yang akan guruKATRO bagikan, terbersit seutas pertanyaan "Setinggi apakah Faktor Keturunan memiliki andil pada Penyakit menakutkan itu?".

Sering dijelaskan oleh para ahli, bahwa penyakit itu bukan merupakan penyakit genetik, walau banyak juga para ahli yang menjelaskan : "ada kemungkinan walau secara tidak langsung bahwa penyakit tersebut bisa jadi karena faktor keturunan". Banyak juga ahli yang menjelaskan bahwa bila ada pertanyaan,"apakah kanker payudara merupakan penyakit genetik?",  jawabannya bisa ia, bisa tidak!.


Disebut secara tidak langsung katanya karena hanya adanya gen tertentu yang terbawa melalui keturunan dan menyebabkan menjadi lebih mudahnya sang anak cucu itu terserang penyakit kanker payudara. Dan gen turunan itu tidak saja memudahkan terjadinya kanker payudara saja, namun mungkin bisa juga untuk penyakit penyakit yang lainnya.

Dua bait penjelasan bercetak miring tebal diatas image itu, sudah pasti bukan merupakan hasil analisa guruKATRO, guruKATRO hanya berusaha mencari cari informasi saja, dan dari sekian banyak yang sempat dibaca, kesimpulan akhirnya sementara baru seperti itu, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya.

Lebih jauh disini guruKATRO hanya mengungkapkan suatu kisah atau kejadian yang menimpa salah satu keluarga, yang mana keluarga tersebut cukup dekat hubungannya dengan guruKATRO, kisah yang akan dipaparkan dibawah tentulah yang ada kaitannya dengan penyakit kanker payudara yang menimpa keluarga tersebut. Lebih jauh lagi karena rasa penasaran guruKATRO akan penyebab penyebab penyakit tersebut, apakah benar benar ada andil yang kuat dari faktor keturunan?????.


http://gurukatrondeso.blogspot.com/2017/02/sebesar-apa-faktor-genetik-memiliki.html
(mohon maaf, ilustrasi dibuat se tipis mungkin, demi menghidari kesan vulgar)

Berikut guruKATRO kronologikan kisah singkatnya :

1. Sekitar sebelum tahun 1980 an, Ketika itu usia guruKATRO masih berada pada level kelas TK (sayang saat itu disini belum ada TK), tersiar kabar bahwa seorang ibu meninggal dunia, saat itu guruKATRO yang masih sangat kanak kanak juga ikut mendengar berita bahwa kematiannya disebabkan oleh "LARA SUSU", nama penyakit yang di kemudian hari dikenal dengan nama Kanker Payudara.

2. Kemudian Alhamdulillaah, sangat lama ..... tidak ada kabar yang terlalu membuat sedih dari keluarga itu, ketika tiba saatnya bulan Januari tahun 2009, adik bungsu dari almarhumah yang sudah meninggal sejak lama itu, dan merupakan isteri dari sahabat dekat guruKATRO, meninggal dunia setelah sekian tahun terdeteksi penyakit yang sama dengan kakak sulungnya.

3. Tidak terlalu lama, hanya berselang beberapa bulan .... tepatnya pada bulan Oktober, masih di tahun yang sama, tahun 2009 ..... , Anak kedua alias adik pertama dari almarhumah nomor 1, juga sudah tidak kuat lagi melawan penyakit menakutkan itu, dan akhirnya beliau dipanggil ke hadapan Yang Maha Kuasa.

4. Sekitar tahun 2012 (guruKATRO tidak terlalu ingat yang satu ini), karena yang ini bertempat tinggal agak jauh dari sini, beliau yang merupakan puteri ke empat, meninggal dengan sebab penyakit yang sama.

5. Sekitar lima bulan yang lalu, Puteri ketiga yang dalam kehidupan sehari hari kelihatan paling kekar tampilan tubuhnya, meninggal dunia setelah terjatuh di kamar mandi, ternyata terjatuhnya itu juga tidak kuat menahan sakit yang sama ????. Walaupun yang satu ini bukan hanya karena kanker payudara, tapi juga menderita penyakit penyakit yang lainnya

Hingga kini, tersisa satu, yaitu puteri ke enam dari keluarga tersebut, secara pribadi dan tentunya sangat mengharap doa dari para pembaca agar yang satu ini bisa terhindar dari penyakit tersebut, Ya Allah Hindarkanlah keluarga kami yang tercinta ini dari penyakit yang telah mendera saudari saudarinya.

6. Puteri kedua dari Almarhumah nomor 5, yang masih sangat muda, saat ini juga sedang dalam proses pengangkatan penyakit tersebut di sebuah Rumah Sakit, mari kita berdoa untuk dia, semoga dilancarkan proses penyembuhannya dan segera hilang penyakit itu dari tubuhnya, menjadi sehat wal afiat layaknya wanita wanita yang lainnya, ... aamiin.

Kepada Keluarga besar, kami mohon maaf yang sebesar besarnya karena telah mengangkat kisah ini, khususnya bila ada simpulan yang keliru atau penetapan waktu yang tidak tepat, satu satunya wanita yang tersisa dari keluarga ini, Beliaulah yang paling besar tidak berpeluang terkena penyakit tersebut (dia berjenis kelamin Pria), jangan putus berdoa mas, agar wanita yang satu ini benar benar terhindar dari penyakit tersebut, dan selamat dunia akhirat.


Intisari jawaban dari judul pertanyaan diatas, mungkin bisa terjawab oleh preview dibawah ini.

Berikut guruKATRO share Sedikit Preview dari salah satu situs kesehatan, semoga bisa menjadi pencegahan, terutama bagi wanita dalam keluarga yang memiliki riwayat penyakit tersebut :

======================
Kanker payudara tergolong salah satu jenis penyakit mematikan yang mengancam kaum hawa. Penyakit yang satu ini terkadang susah untuk dideteksi dan dikenali gejalanya. Pada beberapa kasus baru diketahui setelah memasuki stadium lanjut atau kondisinya sudah benar-benar parah. Dalam hal ini diperlukan perhatian khusus untuk melakukan pencegahan dini.

Pada dasarnya kanker payudara bisa dicegah sejak dini dengan berbagai cara seperti giat berolahraga dan memperhatikan gaya hidup. Disamping itu, Anda juga harus rutin untuk memeriksakan kesehatan payudara. Dengan begitu maka bisa menekan resiko penyakit berbahaya tersebut. Jika diketahui lebih awal maka akan memudahkan untuk proses penanganannya.

Apakah benar faktor keturunan menjadi salah satu penyebab kanker payudara? Hal ini tidak sepenuhnya benar dan salah. Sebab ada kasus perempuan yang menderita kanker payudara tetapi tidak memiliki riwayat dari keluarganya dan adapula yang sebaliknya. Penyebaran kanker payudara tidak bersifat herediter. Namun ada beberapa gen tertentu yang bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker ovarium dan payudara.

Apabila Anda memiliki dua saudara atau kerabat dekat dari pihak yang sama seperti saudara perempuan dan ibu yang menderita penyakit kanker payudara maka sebaiknya Anda melakukan skrining genetic untuk mengetahui gen yang menjadi penyebab kanker tersebut. Namun perlu Anda ketahui bahwa kanker payudara ini tidak sepenuhnya disebabkan oleh faktor keturunan. Hanya sebagian kasus saja yang disebabkan hal tersebut.


  • Adapun Penyebab Lain Kanker Payudara Yaitu Sebagai Berikut



  • Riwayat Kanker
Salah satu penyebab kanker payudara adalah telah memiliki atau mengalami kanker payudara sebelumnya atau adanya perubahan sel kanker yang bersifat non invasive di dalam saluran payudara. Nah, kondisi tersebut akan menjadikan Anda lebih rentan terkena lagi penyakit tersebut.

  • Faktor Usia
Seiring dengan bertambahnya usia maka resiko terkena penyakit kanker semakin tinggi. Resiko kanker payudara meningkat pada perempuan yang menginjak usia menopause yaitu antara 50 dan 70 tahun. Hal ini tentunya memerlukan perhatian khusus dan harus dilakukan skrining untuk setiap tiga tahun sekali.


  • Pola Hidup
Nah, inilah faktor yang terkadang kita abaikan. Kebiasaan dan pola hidup sehari-hari bisa menjadi faktor yang memicu pertumbuhan sel kanker payudara. Terutama bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok, konsumsi alkohol dan kebiasaan buruk lainnya.


  • Kepadatan Payudara
Perlu Anda ketahui bahwa payudara terdiri dari ribuan kelenjar kecil yang disebut dengan lobulus untuk menghasilkan air susu. Nah, jaringan ini memiliki konsentrasi yang tinggi dari sel dan jaringan payudara lainnya. Bagi wanita yang memiliki kepadatan jaringan tersebut beresiko terkena kanker karena banyak sel yang kemungkinan berubah dan berkembang menjadi kanker.

Kanker payudara memang tergolong penyakit mematikan, namun hal ini bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan hindari faktor pemicunya.

Sumber preview : http://www.solusisehatku.com

===========================

Itu hanya sedikit preview, untuk lebih mendalami, silakan baca literatur literatur yang lainnya.
Demikian Posting tentang Sebesar apa Faktor Genetik memiliki andil pada penyakit Kanker Payudara? yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Komentar Facebook
Komentar Blogger

Tidak ada komentar

Populer

Google+