2017-02-03

Menjawab pertanyaan Bagaimana dan mengapa, materi siap US/M SD-MI 2017 - Bahasa Indonesia 2

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

Dua jenis kata tanya yang akan dibahas pada posting Menjawab pertanyaan Bagaimana dan mengapa, materi siap US/M SD-MI 2017 - Bahasa Indonesia 2 ini, yaitu :

  • Bagaimana?

Adalah kata tanya yang digunakan untuk menanyakan keadaan dan penjelasan tentang sesuatu hal.

  • Mengapa?

Adalah kata tanya yang digunakan untuk menanyakan alasan atau sebab sebab terjadinya sesuatu hal atau peristiwa atau kejadian.

Penerapan soal soal dengan pokok bahasan kata tanya Bagaimana dan mengapa yang dibebankan kepada peserta US/M SD-MI biasanya adalah dengan cara disajikan sepenggal cerita, baik cerita fiktif maupun cerita nonfiktif terlebih dahulu, baru kemudian dibawahnya dibuat beberapa pertanyaan dengan menggunakan kata bagaimana dan/atau mengapa.



Dibawah ini akan guruKATRO sajikan satu contoh sangat sederhana dan singkat, soal tentang materi menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa :

A. Contoh Cerita :

Memanfaatkan Plastik bekas untuk pot tanaman

Tiga buah pembungkus minyak goreng kemasan selalu tersimpan di gudang rumah guruKATRO pada setiap bulannya, itulah yang mengarahkan angan angan guruKATRO untuk memanfaatkan benda tersebut untuk membuat pot taman gantung di belakang rumah yang minim tempat, sekaligus memdukung program pelestarian lingkungan dengan sistem daur ulang atau pemanfaatan barang barang bekas.

Plastik bekas pembungkus minyak goreng yang sudah terkumpul selama dua tahun lebih itu dikeluarkan dari gudang, kemudian satu persatu dipotong bagian atasnya agar tampak lebih rapi, kemudian dicuci menggunakan detergen untuk membersihkan sisa sisa bekas minyak yang masih melekat didalamnya, kemudian dijemur dibawah terik matahari. 

Setelah bahan bahan itu sudah kering kemudian diisi dengan tanah subur yang sudah dipersiapkan beberapa hari sebelumnya. Kemudian diangin anginkan dulu sebelum nantinya akan diisi benih tanaman.

B. Contoh Soal :

1. Bagaimana cara membersihkan bekas pembungkus minyak agar terbebas dari bekas minyak yang melekat didalamnya?

- Jawaban
Dicuci menggunakan detergen.

2. Mengapa guruKATRO membuat taman gantung dari palstik bekas pembungkus minyak goreng kemasan

- Jawaban
Untuk membuat taman gantung yang minim tempat sekaligus mendukung program pelestarian lingkungan

Selanjutnya silakan dicoba sendiri pertanyaan bagaimana atau mengapa serta jawabannya yang bisa dibuat dari cerita diatas atau silakan gunakan cerita yang lainnya dari sumber yang anda pilih sendiri

Demikian Posting tentang Menjawab pertanyaan Bagaimana dan mengapa, materi siap US/M SD-MI 2017 - Bahasa Indonesia 2 yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Komentar Facebook
Komentar Blogger

Tidak ada komentar

Populer

Google+