Cara cepat menghitung pembagian

Sebenarnya sangatlah banyak bahan ajar baik teori maupun praktek yang menjelaskan tentang cara mengerjakan pembagian dengan cepat dan bisa memperoleh hasil yang akurat, bahkan ada yang bisa sangat cepat.

Mohon maaf, disini guruKATRO hanya akan menyajikan satu cara saja, dan itupun kemungkinan besar akan dianggap sebagai sebuah cara paling jadul oleh sebagian besar para pemerhati matematika. Namun bila menganut pepatah "Lain Kepala lain Pula Pola Pikirnya", ada kemungkinan beberapa personel tertentu yang kadang merasa kesulitan untuk memahami penjelasan yang terlalu ilmiah. Karena itulah disini guruKATRO akan menyajikan cara instan menghitung pembagian yang sudah biasa guruKATRO lakukan sedari usia kanak.

Kegunaan cara cepat menghitung pembagian disini adalah untuk menyelesaikan pembagian bilangan yang bilangan terbaginya cukup besar, sementara bilangan pembaginya cukup kecil.

Cara yang menurut pandangan guruKATRO cukup mudah dan semoga mudah dipahami oleh segala kalangan ini, intinya adalah dengan mengambil bilangan yang tepat berada dibawah bilangan terbagi yang merupakan bilangan kelipatan dari bilangan pembagi.

Atau bila masih merasa kesulitan dengan cara tersebut, maka bisa dijalankan dengan mengambil bilangan dibawah bilangan terbagi yang paling mudah dibagi bilangan pembagi.

Berikutnya dilanjut dengan membagi bilangan sisanya dengan bilangan pembagi.

Langkah terakhir adalah menjumlahkan kedua hasil pembagian tersebut, selesai sudah proses pengerjaan Pembagian cara cepat .... masih bingung dengan penjelasan diatas ???, yuk kita praktekkan demi membuang kebingungan itu :





Contoh 1 :

558 : 9

Hitung dulu 540 : 9 = 60
ini dihasilkan dari nalar 54 : 9 = 6 atau 9 x 6 = 54

Berikutnya hitung sisanya (558 - 540 = 18)
18 : 9 = 2

Langkah Terakhir Jumlahkan kedua hasil pembagian itu :
60 + 2 = 62

sehingga ditemukan bahwa :
558 : 9 = 62





Contoh 2 :

342 : 6

Hitung dulu 300 : 6 = 50

Berikutnya hitung 42 : 6 = 7

Langkah terakhir Jumlahkan 50 + 7 = 57

sehingga ditemukan bahwa

342 : 6 = 57

Untuk contoh berikutnya akan di update sesuai kebutuhan ....


http://gurukatrondeso.blogspot.com/2017/02/cara-cepat-menghitung-pembagian.html

Komentar