KKM QURAN HADIS KELAS 4 SEMESTER GENAP

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,
Sebagai lanjutan dari KKM Mata Pelajaran Al Quran Hadits kelas empat semester satu, kini guruKATRO memposting Kriteria Ketuntasan Minimum untuk Mata Pelajaran Al Quran Hadits Kelas Empat Semester genap.

Pada Format KKM kali ini pun masih serupa dengan yang telah lalu, format ini hanya mengutamakan pengisian Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator, hal ini hanya dengan tujuan agar guru yang akan menyusun KKM tidak dibebani menuliskan semua itu yang jumlahnya cukup banyak dan tentunya akan memakan banyak waktu. karena itu bila hasil copas ternyata formatnya berantakan, silakan diperbaiki sendiri sendiri, dan mohon maaf, guruKATRO belum sempat menyediakan link download format yang sudah rapi.... harap maklum itu disebabkan guruKATRO sedang mengirit paket data, karena akhir akhir ini penghasilan dari iklan pada blog ini menurun secara drastis.




PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM (KKM)



Satuan Pendidikan : MIS AL FALAHIYAH PLOMPONG
Kelas / Semester : 4 (Empat) / Genap
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Thn. Pelajaran : 2016  / 2017


KOMPETENSI INTI &
KOMPETENSI DASAR
Kriteria Penen-tuan KKM
Hasil KKM Dalam Aspek
KKM %
Komplek sitas
Daya Du kung
Intake Siswa
Sikap
Ke trampil an
Penge tahuan
1.       Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.







1.1       Menerima Q.S. al-Lahab (111) dan al-Insyirah (094) sebagai firman Allah Swt.







1.2       Mengamalkan ajaran Q.S. al-Lahab (111) dan al-Insyirah (094).







1.3       Meyakini bahwa Allah akan melapangkan rezeki dan memanjangkan umur orang yang gemar bersilaturrahim.







2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.







2.1       Terbiasa menghindari akhlak tercela sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Lahab (111).







2.2       Terbiasa berperilaku gemar bersilaturahmi sebagai implementasi dari pemahaman hadis tentang silaturahmi riwayat al-Bukhari Muslim dari Anas.
Untitled-1







2.3       Memiliki perilaku mencintai Al-Qur'an dan Hadis.







3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.







3.1       Mengetahui arti Q.S. al-Lahab (111).
3.1.1            Mengidentifikasi lafal Q.S. al-Lahab (111)
3.1.2            Menunjukkan arti mufradat Q.S. al-Lahab (111)
3.1.3            Menerjemahkan Q.S. . al-Lahab (111)
3.1.4            Menunjukkan hukum tajwid yang terdapat pada Q.S. . al-Lahab (111)
3.1.5            Menjelaskan isi kandungan Q.S. . al-Lahab (111)







3.2       Mengenal Q.S. al-Insyiraf (094).
3.2.1        Mengidentifikassi lafal Q.S. al-Insyiraf (094)
3.2.2        Menyebutkan jumlah ayat Q.S. al-Insyiraf (094)
3.2.3        Menunjukkan urutan ayat Q.S. al-Insyiraf (094)
3.2.4        Menganalisis hukum tajwid yang terdapat pada Q.S. al-Insyiraf (094)
3.2.4        Menunjukkan hukum tajwid yang terdapat pada Q.S. al-Insyiraf (094)
 3.2.5       Menunjukkan cara membaca Q.S. al-Insyiraf (094)







3.3       Memahami hukum bacaan idghom bigunnah, idghom bilagunnah, dan iqlab.
3.3.1            Menjelaskan pengertian idghom bigunnah,  
3.3.2            Menjelaskan pengertian   idghom bilagunnah
3.3.3            Menjelaskan pengertian   iqlab
3.3.4            Menyebutkan huruf idghom bigunnah
3.3.5            Menyebutkan huruf idghom bilagunnah
3.3.6            Menyebutkan huruf iqlab
3.3.7            Menjelaskan cara membaca idghom bigunnah
3.3.8            Menjelaskan cara membaca idghom bilagunnah
3.3.9             Menjelaskan cara membaca   iqlab
3.3.10         Menunjukkan contoh  hukum bacaan idghom bigunnah
3.3.11         Menunjukkan contoh  hukum bacaan idghom bilagunnah
3.3.12         Menunjukkan contoh  hukum bacaan iqlab







3.4       Mengetahui arti hadis tentang silaturahmi riwayat al-Bukhari Muslim dari Anas.
Untitled-1
3.4.1            Mengidentifikasi lafal hadis tentang silaturrahim
3.4.2            Menunjukkan arti mufradat hadis tentang silaturrahim
3.4.3            Menerjemahkan hadis tentang silaturrahim
3.4.4            Menjelaskan  isi kandungan hadis tentang silaturrahim 
3.4.5            Menjelaskan  hikmah silaturrahim 







4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.







4.1       Menulis lafal Q.S. al-Lahab (111) dengan benar
4.1.1            Membaca Q.S. al-Lahab (111)
4.1.2            Menulis Q.S. al-Lahab (111)
4.1.3            Menghafal terjemah Q.S. al-Lahab (111)







4.2       Menghafalkan Q.S. al-Insyirah (094) secara benar dan fasih.
4.2.1        Membaca Q.S. al-Insyiraf (094)
4.2.2        Menulis lafal Q.S. al-Insyiraf (094)
4.2.3        Menghafal Q.S. al-Insyiraf (094)







4.3       Memahami hukum bacaan idghom bigunnah, idghom bilagunnah, dan iqlab.
4.3.1            Mendemonstrasikan cara membaca idghom bigunnah
4.3.2            Mendemonstrasikan cara membaca idghom bilagunnah
4.3.3            Mendemonstrasikan cara membaca iqlab







4.4       Menghafalkan hadis tentang silaturrahim  riwayat Bukhari Muslim dari Anas.
Untitled-1
4.4.1            Membaca  hadis tentang silaturrahim 
4.4.2            Menulis hadis tentang silaturrahim 
4.4.3            Menghafalkan hadis tentang silaturrahim  







 RATA-RATA 







 RATA-RATA KESELURUHAN 









Berikutnya, KKM Al Aqidah Akhlak Kelas Satu Semester Ganjil SILAKAN BUKA DARI SINI

Tidak ada komentar

Populer