2016-08-15

KKM QURAN HADIS KELAS 4 SEMESTER GANJIL

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

Pada Posting kali ini guruKATRO tampilkan sampel atau lebih tepat dinamai format KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Al Quran Hadits Madrasah Ibtidaiyah Kelas Empat Semester Ganjil. Bila diperlukan silakan di copas, karena dalam format dibawah ini sudah diisi dengan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan indikatornya. jadi guru tinggal mengisi nilai minimal dan prosentasenya saja. Ini dibuat dengan tujuan untuk bisa lebih mempercepat kerja guru yang semakin hari semakin padat saja dalam menangani administrasi PBM.


Bila ternyata format hasil copas tampilannya berantakan, silakan diperbaiki secara offline atau silakan download dalam format excel atau word pada link yang tersedia dibawah posting ini.




PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM (KKM)



Satuan Pendidikan : MIS AL FALAHIYAH PLOMPONG
Kelas / Semester : 4 (Empat) / Ganjil
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Thn. Pelajaran : 2016  / 2017


KOMPETENSI INTI,
KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
Kriteria Penen-tuan KKM
Hasil KKM Dalam Aspek
KKM %
Komplek sitas
Daya Du kung
Intake Siswa
Sikap
Ke trampil an
Penge tahuan
1.       Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.







1.1       Menerima Q.S. an-Nasr (110), al-Kautsar (108), dan al-Adiyat (100) sebagai firman Allah Swt.







1.2       Mengamalkan ajaran Q.S. an-Nasr (110), al-Kautsar (108), dan al-Adiyat (100) dalam kehidupan sehari-hari.







1.3       Meyakini bahwa semua rezeki dan pertolongan pada hakikatnya berasal dari Allah Swt.







1.4.      Meyakini bahwa niat merupakan syarat sahnya suatu ibadah







2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.







2.1       Memiliki sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. an-Nasr (110) al-Kautsar (108) dan al-Adiyat (100).







2.2       Terbiasa memiliki niat yang benar dan baik dalam melakukan ibadah







2.3       Memiliki perilaku takwa dalam kehidupan sehari-hari







3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.







3.1       Memahami arti dan isi kandungan Q.S. an-Nasr (110) dan  al-Kautsar (108).
3.1.1            Menunjukkan arti mufradat Q.S. an-Nasr (110)
3.1.2            Menunjukkan arti mufradat Q.S. al-Kautsar (108)
3.1.3            Menerjemahkan Q.S. an-Nasr (110) 
3.1.4            Menerjemahkan Q.S. al-Kautsar (108)
3.1.5            Menjelaskan isi kandungan Q.S. an-Nasr (110)
3.1.6            Menjelaskan isi kandungan Q.S. al-Kautsar (108)







3.2       Mengenal Q.S. al-‘Adiyat (100).
3.2.1            Mengidentifikasi lafal Q.S. al-‘Adiyat (100)
3.2.2            Menunjukkan jumlah ayat Q.S. al-‘Adiyat (100)
3.2.3            Menunjukkan urutan ayat Q.S al-‘Adiyat (100)
3.2.4            Menunjukkan hukum tajwid yang terdapat pada Q.S al-‘Adiyat (100)
3.2.5            Menganalisis cara membaca Q.S. al-‘Adiyat (100)







3.3.      Memahami  hukum bacaan izhar  dan ikhfa’
3.3.1            Menjelaskan pengertian izhar 
3.3.2            Menjelaskan pengertian ikhfa’
3.3.3            Menyebutkan huruf izhwr
3.3.4            Menyebutkan huruf ikhfa’
3.3.5            Menjelaskan cara membaca izhar 
3.3.6            Menjelaskan cara membaca ikhfa’
3.3.7            Menunjukkan contoh  hukum bacaan izhwr
3.3.8            Menunjukkan contoh  hukum bacaan ikhfa’







3.4.      Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang niat  riwayat al-Bukhari dari Umar bin Khattab
3.4.1            Mengidentifikasi hadis tentang niat
3.4.2            Menunjukkan arti mufradat hadis tentang niat
3.4.3            Menerjemahkan hadis tentang niat
3.4.4            Menjelaskan pengertian niat
3.4.5            Menjelaskan isi kandungan hadis tentang niat







3.5.      Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang takwa riwayat at-Tirmizi dari Abu Zar
3.5.1            Mengidentifikasi hadis tentang takwa
3.5.2            Menunjukkan arti mufradat hadis tentang takwa
3.5.3            Menerjemah kan hadis tentang takwa
3.5.4            Menjelaskaan pengertian takwa
3.5.5            Menjelaskan isi kandungan hadis tentang takwa 







4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.







4.1       Menulis lafal Q.S. an-Nasr (110) dan al-Kautsar (108) dengan benar.
4.1.1            Menulis lafal Q.S. an-Nasr (110) dan al-Kautsar (108) dengan benar
4.1.2            Menulis lafal Q.S. an-Nasr (110) dan al-Kautsar (108) dengan benar







4.2       Menghafalkan Q.S. al-‘Adiyat  (100) secara benar dan fasih.
4.2.1            Membaca Q.S. al-‘Adiyat (100)
4.2.2            Menghafalkan Q.S. al-‘Adiyat (100)  







4.3       Menerapkan hukum bacaan izhar  dan ikhfa’.
4.3.1            Mendemonstrasikan cara membaca izhar 
4.3.2            Mendemonstrasikan cara membaca ikhfa’







4.4.      Menghafalkan  hadis tentang niat  riwayat Bukhari dari Umar bin Khattab.
4.4.1        Membaca  hadis tentang niat
4.4.2        Menulis  hadis tentang niat
4.4.3        Menghafalkan hadis tentang niat







4.5.      Menghafalkan hadis tentang takwa riwayat at-at-At-Tirmizi dari Abu Dzar
4.5.1            Membaca hadis tentang takwa
4.5.2            Menulis hadis tentang takwa
4.5.3            Menghafalkan hadis tentang takwa







 RATA-RATA 







 RATA-RATA KESELURUHAN 









bagi yang ingin menyimpan dalam format excel, silakan UNDUH DISINI
bagi yang ingin menyimpan dalam format word, silakan AMBIL DISINI






Demikian Posting tentang KKM QURAN HADIS KELAS 4 SEMESTER GANJIL yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Komentar Facebook
Komentar Blogger

Belum ada Komentar

Populer

Google+