Hati hati bila harus unduh aplikasi install online

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,
Ini adalah contoh nyata yang baru saja guruKATRO alami. Komputer langsung terkena virus ganas setelah install online.

Peristiwa ini terjadi tadi malam, ketika isteri guruKATRO meminta untuk di konversikan sebuah video hasil rekaman saat acara halal bihalal di kampung sebelah, seperti biasa agar bisa diputar pada LED TV memlalui USB (Flashdisk).


Posting ini mungkin lebih tepat untuk sahabat sahabat yang memiliki hobby atau pekerjaan edit atau convert video.

Sebenarnya dalam komputer guruKATRO juga telah tersimpan beberapa aplikasi konversi video, heheheheheh... walaupun semuanya masih dalam format free alias gratisan, tapi ini pasti jauh lebih mendingan bila dibandingkan harus menggunakan aplikasi pro, tapi dengan key aspal.

Entah mengapa, tiba tiba guruKATRO ingin mencoba sebuah aplikasi yang versi lama nya juga sebenarnya pernah guruKATRO gunakan untuk mengkonversi Video. Browsing dulu sebelum melaksanakan tugas dari sang isteri.

Ketemu !!! halaman ini.....


Sebuah aplikasi Video Converter Freeware, yang sudah beberapa kali guruKATRO pasang secara online, dan selama itu tidak pernah menimbulkan masalah apa apa.

Namun kejadian tadi malam sungguhlah sangat berbeda dari yang dulu, .... Padahal guruKATRO download dan install langsung dari situs sang empunya aplikasi tersebut.

Save file, unduh aplikasi downloader sekaligus online installer.... sebesar 1.8 mega. Klik install aplikasi tersebut,  dan mulailah mengunduh free video converter tersebut, setelah sekian menit, selesailah unduh sekaligus instalasi tersebut.

Saatnya buka aplikasi untuk meng konversi video,.... tapi begitu kli UAC aplikasi tersebut tidak muncul, dicoba lagi dan tungguuuu beberapa menit, bahkan dibiarkan hingga lebih dari 30 menit tidak muncul juga, ternyata aplikasi tersebut dicekal oleh antivirus yang terpasang pada komputer.

Akhirnya guruKATRO segera konversi video menggunakan format factory, salah satu aplikasi video converter gratisan yang telah terpasang sejak lama.

Ternyata masalah freemake video converter tidak berhenti hanya disitu, tiba tiba browser google chrome  terpampang di taskbar sebelah kanan, dan .... warnanya tidak lagi orange, melainkan biru, dan lagi namanya sudah bukan Chrome lagi.... tapi kini bernama Chromium.....

Awalnya guruKATRO mengira itu hasil update terbaru dari browser google chrome. Setelah beberapa kali mencoba masuk chrome ternyata selalu gagal, bahasa browser yang asalnya Indonesia juga tidak bisa dikembalikan, diubah ke English US juga tetap saja browser dalam bahasa Jerman ????. Semakin mumet ini Fiqiran....

Kemudian Buka Star menu.....
ternyata Chrome yang asli masih terpampang disana, dan masih berwarna orange, namun setelah di klik, ternyata masuknya jadi chromium yang berwarna biru, dan nasibnya sama.... sudah masuk akun chrome, foto guruKATRO tidak lagi terlihat, yang ada hanya semacam gambar animasi saja.

Default seacrh juga tidak bisa dikembalikan ke google atau yang lainnya, disetting seacrh engine apapun tetap akan kembali ke Yahoo! Powered.

Diantara kepusingan yang kian menebal, guruKATRO buka Program and feature, Benar saja... tanpa diketahui sang pemilik komputer, disana sudah terinstall Chromium dan juga yahoo! Powered. Dengan rasa PeDe yang ketinggian, guruKATRO langsung Uninstall itu Chromium dengan logo berwarna biru. Klik Uninstall, klik OK, ... selanjutnya tidak ada sedikitpun reaksi, dan Chromium masih tetap tegar berdiri disana. Coba lagi uninstall Yahoo! Powered, nasobnya sama persis dengan chromium biru diatas.

Dicari pada Program File juga tidak ada disana.......

Mencoba dengan beberapa aplikasi uninstall juga tetap gagal total,

Untuk Chromium, guruKATRO bisa akali dengan membuka User -AppData- Temp, dan hapus dari situ.

Tapi untuk Yahoo! Powered, hingga kini guruKATRO belum menemukan solusinya, sebenarnya ada beberapa aplikasi yang menawarkan bisa mencopot dua virus kuntilanak tersebut, namun karena semuanya merupakan aplikasi berbayar, dan kebetulan ini tanggal sangat tua, ditambah guruKATRO tidak punya kartu kredit, sehingga dengan lemah lunglai guruKATRO meninggalkan aplikasi aplikasi penolong tersebut.

Mencoba ikut nimbrung pada forum forum anti malware... HAL DIATAS MEMANG SEDANG SANGAT RAMAI DIBICARAKAN, bahkan konon pihak Chrome dan Yahoo yang sedang dikambinghitamkan oleh pembuat virus itu juga sedang sangat bersemangat memberantasnya. bahkan keduanya berencana akan di mejahijaukan, tentunya bila bisa menemukan sang penciptanya.
================================
Akhirnya dengan rasa setengah putus asa dan dengan sangat terpaksa, guruKATRO install ulang ini windows 7, dengan langkah seperti ini, Chromium dam Yahoo! Powered tidak lagi bercokol di dalam komputer.

Freemake hanyalah salah satu contoh saja, dan untuk Chromium beserta Yahoo! Powered terus terang dan sudah sangat kelihatan bahwa guruKATRO belum mampu mengatasi virus kuntilanak tersebut. Saran guruKATRO hanyalah agar berhati hati bila akan atau ingin memasang aplikasi yang dipasang secara online
ya Allah ... berikanlah keberkahan
kepada orang yang tidak memblokir iklan pada halaman ini,
aamiin ...



Demikian tentang Hati hati bila harus unduh aplikasi install online yang dapat guruKATRO sajikan, bila ada tanggapan/kritik/saran/pertanyaan, silakan disampaikan pada kolom komentar yang tersedia
dan bila ingin memberi tahu keberadaan materi ini kepada sahabat anda, silakan klik tombol share yang tersedia dibawah ini
terima kasih.


Wassalaamu alaikum

Tidak ada komentar

Arsip

Google+

copyright©2017 guruKATRO
original template "simple" Powered by Blogger
reDesigned by ediTEMP