2016-08-06

Halaman Kerja tetap aktif disaat muncul UAC

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

Bagi user windows 7 atau windows yang lebih baru lagi, tentunya sudah sangat akrab dengan yang namanya UAC (User Account Controlls). Sebuah aplikasi pengingat akan kemungkinan salah klik atau kemungkinan aplikasi yang akan kita pasang pada komputer kita ini mengandung virus atau kemungkinan kemungkinan negatif yang lainnya.


User Account Controlls (UAC), memang diterapkan oleh pihak microsoft untuk melindungi pengguna agar lebih terjamin keamanannya. namun pada kenyataan dilapangan kadang UAC bisa terasa sangat mengganggu kerja. Mungkin anda juga pernah merasakan, bila sedang asyik serius bahkan spanning bekerja pada komputer, tiba tiba muncul UAC yang secara default di setting untuk menonaktifkan desktop komputer besrta seluruh halaman kerja. Bila terjadi demikian, maka ditengah tengah kita sibuk bekerja, kita dipaksa untuk meng KLIK jendela popup UAC tersebut, dengan YES atau NO, baru kemudian desktop ataupun halaman kerja kita bisa aktif dan normal kembali.

Tampilan UAC default,



desktop dan seluruh halaman kerja gelap dan tidak bisa melakukan kegiatan apapun sebelum menutup UAC

Tampilan UAC setelah diatur,


UAC muncul, tapi desktop dan seluruh halaman kerja tetap aktif, sehingga kita bisa menutup atau melanjutkan UAC sekehendak kita disaat kerja kita sudah selesai atau ketika kita bisa istirahat dari pekerjaan


Sebenarnya kita juga bisa secara langsung me nonaktifkan UAC, sehingga UAC tidak akan muncul sama sekali. Namun pilihan materi pada posting kali ini, tidak demikian, disini hanya dibahas AGAR UAC TETAP MUNCUL, NAMUN DESKTOP DAN SELURUH HALAMAN KERJA TETAP BISA AKTIF.

Bila anda tergolong pribadi layaknya guruKATRO, yang merasa sangat terganggu dengan kemunculan UAC secara default tersebut, dan juga diiringi pendirian agar UAC tetap muncul, maka tidak ada salahnya bila mengikuti langkah langkah sebagai dijelaskan dibawah ini.

Utamanya adalah mengatur setting pada Local Security Policy

Beberapa cara untuk membuka Local Security Policy
Klik Start menu, lalu klik Run,
Pada Start menu gunakan Search...
Tekan secara bersamaan tombol gambar window dan tombol huruf R pada keyboard
Silakan pilih salah satu cara diatas yang dirasa paling simple, kemudian ketik secpol.msc dilanjut dengan klik OK atau YES atau tekan tombol Enter pada Keyboard, maka akan muncul jendela popup dengan nama : Local Security Policy



Lakukan langkah berikut didalam jendela popup Local security Policy : Klik Tanda panah yang berada didepan Navigasi Local Policies, maka akan muncul sub navigasi. Klik tulisan pada Sub navigasi Security Options, lalu lihat pada jendela kanan, scroll kebawah hingga terlihat file dengan tulisan : User Account Controll: Switch to the secure desktop when prompting for elevation. Klik dua kali tulisan : User Account Controll: Switch to the secure desktop when prompting for elevation. yang pada pilihannya masih terbaca :
Enabled

Sehingga muncul jendela popup baru dengan nama : User Account Controll: Switch to the secure desktop when pro...






Pada tab Local Security Setting, ganti pilihan dengan Disabled, lalu klik Apply dan diikuti kli OK

Sesudah itu, User Account Controll: Switch to the secure desktop when prompting for elevation. pasti  dalam keadaan
  Disabled  
atau tidak digunakan.





Berikutnya tutup jendela popup , dan kita akan menikmati hasil setting UAC tetap muncul namun kita desktop dan seluruh halaman kerja tidak ada yang terganggu, sehingga kita bisa tetap melanjutkan kerja, dan baru melakukan tindakan terhadap UAC itu disaat kita telah berkesempatan untuk itu.
Demikian Posting tentang Halaman Kerja tetap aktif disaat muncul UAC yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Komentar Facebook
Komentar Blogger

Tidak ada komentar

Populer

Google+