2016-04-27

PERPANJANG PIPA MINYAK REM UNTUK MENGATASI REM CAKRAM BLONG KARENA TERLALU PANAS

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

Sekian lama guruKATRO mencari cari titik kelemahan rem cakram belakang sepeda motor, yang terlalu sering mengalami rem blong di saat berkendara di jalan menurun yang cukup panjang dengan beban yang cukup lumayan dan didukung oleh kecepatan karena tuntutan ketepatan waktu untuk sampai pada tujuan.

Sebenarnya jalan panjang menurun juga tidak akan membuat rem cakram belakang itu blong, bila beban yang dibawa tidak terlalu berat atau bila dengan kecepatan yang tidak terlalu cepat. Dan juga bila dengan beban yang cukup berat tapi tidak melalui jalan panjang menurun atau intinya bila kita tidak melakukan penetrasi rem belakang dengan durasi yang kelamaan .... itu tidak akan membuat rem cakram belakang itu blong.

Tapi sayangnya, hampir sering sekali guruKATRO membawa dua anak SMP dengan berat badan masing masing sekitar 40 kg/anak, ditambah beban guruKATRO yang tak kunjung juag menurun dari 80kg. eh dua tas dari keadua anak anak itu sekitar 8 - 10kg. Ckckckckck total beban yang ditampung sepeda motor dengan kapasitas ruang bakar hanya 125cc itu melebihi 160kg ????? kesian.........

Makanya hampir setiap pagi yang namanya rem belakang blong itu tidak dapat dihindari, dan selama itu guruKATRO hanya mengambil solusi dengan mendekati parit.... ambil air .... guyur itu kaliper dengan air sebanyak raupan dua telapak tangan. Lanjut jalan dan Alhamdulillah sampai tempat tujuan tidak terjadi lagi itu blong rem.

Haruskah tiap pagi melakukan hal semacam itu??? tentu akan membosankan. Hari seterusnya bila akan berangkat, guruKATRO kemas sebotol air, tujuannya bila ada lagi kejadian rem cakram belakang blong, dan gak menemukan parit berair, langsung siram saja dengan sebotol air yang disediakan di saku jaket itu. hahahahahah...

Pikir punya pikir dan terus dipikir lagi, ternyata yang menjadi penyebab adalah MASTER rem. Master rem tertimpa panas berlebihan dan mengakibatkan pemuaian, sehingga klep/seal karet pompa yang ada di dalam master, yang bertugas mendorong minyak rem jadi longgar dan tidak bisa memompa minyak lagi. Dan dari situlah Rem cakram belakang menjadi blong.







Lalu pertanyaannya mengapa master bisa jadi terlalu panas????


  • Panas yang dihasilkan oleh gesekan sepatu rem dengan piringan cakram, terhantar ke kaliper, secara otomatis, minyak yang berada didalam kaliper juga ikutan memanas, bila semakin lama semakin panas, maka (mungkin) minyak didalamnya akan mencapai titik didih. Bila sudah demikian, panas yang asalnya hanya menimpa cairan didalam kaliper, akhirnya juga akan terhantar hingga ke master melalui pipa/slang minyak rem.
  • MASALAH KEMUDIAN TIMBUL BILA PIPA MINYAK REM YANG TERHUBUNG DARI MASTER MENUJU KALIPER UKURANNYA TERLALU PENDEK!!!!. SEHINGGA MINYAK PANAS YANG ASALNYA MENDEKAM DI DALAM KALIPER, AKAN SAMPAI PADA MASTER KARENA PIPA YANG TERLALU PENDEK ITU.




SOLUSI MUSTAJAB ADALAH GANTI PIPA/SLANG DENGAN UKURAN YANG LEBIH PANJANG!!!!

MISALNYA YANG guruKATRO lakukan adalah dengan MENGGANTI PIPA/SLANG DARI MASTER MENUJU KALIPER ITU MENGGUNAKAN PIPA MINYAK REM CAKRAM DEPAN

eittttt.... BUKAN HANYA DENGAN MEMPERPANJANG SLANG, TAPI YANG PALING BAGUS ADALAH DENGAN MENGGANTI MINYAK REM MENGGUNAKAN DOT4 kalau perlu gunakan DOT 5.1 ????

data minyak rem yang pernah guruKATRO baca adalah sbb :

DOT3 TITIK DIDIH = 205℃
DOT4 TITIK DIDIH = 230℃ .... lumayan tahan panas kan, jadi kemungkinan blonk menjadi lebih terkendali.

yang perlu diingat adalah cuci bersih dulu semua perangkat yang dilewati minyak rem dari sisa sisa minyak rem DOT3, baru kemudian isi dengan minyak rem DOT4

Bila minyak rem itu susah didapat, ganti cakram (piringan) VARIASI, CARI YANG MACTH DENGAN SEPEDA ANDA dan yang paling penting adalah CAKRAM YANG VENTILASI (LUBANG) UDARANYA LEBIH BESAR, INI BERGUNA UNTUK LEBIH CEPAT MEMBUANG PANAS !!!!

ALHAMDULILLAH TIDAK PERNAH BLONG LAGI

Demikian Posting tentang PERPANJANG PIPA MINYAK REM UNTUK MENGATASI REM CAKRAM BLONG KARENA TERLALU PANAS yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Komentar Facebook
Komentar Blogger

Belum ada Komentar

Populer

Google+