MENGATUR HALAMAN EXCEL UNTUK PRINT KERTAS FOLIO F4

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,
Sering sekali operator Madrasah dituntut untuk mengirimkan data dalam format hardcopy (printout) dengan ukuran kertas folio, atau yang juga dikenal dengan sebutan kertas F4, dengan ukuran lebar = 21.59 cm dan tinggi 33 cm.
Sedang kita maklumi bahwa hampir semua printer yang beredar di pasaran tidak mendukung ukuran kertas tersebut. Hingga akibatnya banyak operator Madrasah yang sering melakukan percobaan print terlebih dahulu sebelum mencetak printout yang diperlukan, biasanya dengan tujuan agar yang beneran di print sudah pas.

Percobaan dan percobaan yang selalu dilakukan terlihat sangat sepele, namun bila di akumulasikan akan mengarah pada pemborosan tinta yang akhir akhir ini semakin mahal harganya, juga membuang sia sia lembar demi lembar kertas dan yang paling sering tidak terdeteksi adalah membuang buang waktu.

Hal semacam itu bisa kita siasati dengan mengatur halaman kerja excel agar hasil printout sesuai dengan kehendak kita, adapun langkah langkahnya sbb :

  • Untuk mempermudah dalam pengaturan, bila format pengaturan halaman excel masih menggunakan satuan ukuran INCI, silakan ubah dulu menjadi satuan cm atau mm, cara mengubahnya bisa disimak DISINI. Itu semua hanya karena kebiasaan kita sehari hari menggunakan satuan ukuran tersebut, pasti kita akan lebih hapal bila menggunakan ukuran cm.
  • Bila format pengaturan halaman sudah dalam satuan ukuran cm, buka halaman excel yang akan kita print.
  • Pada tab "Page Layout", klik tanda panah di pojok kanan bawah, akan muncul popup berisi pengaturan halaman. Langkah berikutnya klik tanda panah dibelakang Paper Size, pilih ukuran kertas "LEGAL" lalu klik OK





- Belum selesai, .... karena ukuran kertas LEGAL adalah : lebar = 21.59 cm dan tinggi = 35.56 cm
Ukuran lebar sudah sama denga FOLIO, tpi tinggi belum sama, ingat ingat... tinggi kertas folio hanya 33 cm, sedang LEGAL 35,56 cm.

35.56 cm dikurangi 33 cm = 2.56 cm alias 2.5 cm lebih 6 mm

tapi perlu juga diingat bahwa sering ada produk kertas tertentu yang menamai ukuran F4 ternyata tingginya hanya 35cm atau 35.5 cm saja!!!!!


Bila ukuran kertas itu jujur tingginya = 35.56 cm
Berarti dari ukuran Legal menyesuaikan ke ukuran FOLIO harus dipangkas 2.5 cm agar ukuran sangat mendekati 33 cm.

Kesimpulannya :


  • PADA POSISI PORTRAIT (HALAMAN BERDIRI)

Bila pada bagian bottom dipangkas 2.5 cm itu artinya ada sisa kertas kosong 6mm di bagian bawah







Untuk tepi kertas  bagian atas, kiri dan kanan, aturlah dengan angka yang diinginkan. (contoh pada gambar diatas sudah dalam satuan ukuran cm). Yang paling penting adalah bagian bawah (bottom), 
bila ingin sisa kertas kosong pada bagian bawah selebar 1 cm, maka atur bottom menjadi 3.5
dan bila hendak sisa 2 cm atur bottom menjadi 4.5


  • UNTUK POSISI LANDSCAPE (HALAMAN BERBARING)

Bila pada bagian right dipangkas 2.5 cm itu artinya ada sisa kertas kosong 6 mm di bagian kanan




Untuk tepi kertas  bagian atas, kiri dan bawah, aturlah dengan angka yang diinginkan. (contoh pada gambar diatas sudah dalam satuan ukuran cm)
Bila ingin sisa kertas kosong pada bagian kanan selebar 1 cm, maka atur right menjadi 3.5 
dan bila hendak sisa 2 cm atur right menjadi 4.5 

dengan pengaturan seperti itu, pastinya hasil printout tidak akan menyimpang dari keinginan kita.
Demikian, semoga bermanfaat

untuk lebih sempurna mengatur jarak spasi pada bagian tepi kanan dan bawah kertas print SILAKAN BUKA DARI SINI

Tidak ada komentar

Populer