2016-01-19

PENGURANGAN PECAHAN DESIMAL SANGAT MUDAH

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

Satu lagi bahasan eksplisit dari guruKATRO, adalah cara mudah pengerjaan pengurangan pecahan desimal. Sebenarnya proses dan caranya sama persis dengan penjumlahan pecahan desimal. Hanya saja dengan alasan agar pembaca bisa fokus pada satu materi, maka guruKATRO putuskan untuk memisahkan bab per bab. semoga saja salah satu solusi yang guruKATRO kemukakan seperti ini benar benar bisa membuat pembaca bisa dengan cepat menguasai bahan.

Seperti halnya pada penjumlahan pecahan desimal, yang paling mudah adalah mengurangkan dengan cara pengurangan susun kebawah. dengan persyaratan yang sama pula, yaitu tanda desimal atau tanda koma yang harus di sejajarluruskan kebawah.

Juga masih sama dengan penjumlahan pecahan desimal, bahwa digit yang kosong bisa diisi dengan bilangan nol sejumlah sampai bisa lurus dengan bilangan desimal dengan digit terbanyak. Bahkan pada pengurangan pecahan desimal ini, dengan tujuan untuk memudahkan proses penghitungan, penambahan nol bisa dikatakan sifatnya wajib.



Langsung saja kita praktekkan caranya :

Contoh I :

12,345 - 6,78

dikerjakan dengan pengurangan susun, tanda desimal sejajar lurus kebawah : sbb :


untuk memudahkan proses hitung, beri angka nol untuk mengisi digit yang belum lurus hingga semua digit manjadi lurus. Sekali lagi guruKATRO tegaskan bahwa penambahan angka nol pada posisi paling depan atau paling belakang pada bilangan desimal TIDAK AKAN MENGUBAH nilai bilangan desimal itu, nilainya tetap sama, tidak terpengaruh sama sekali.

kalau sudah seperti itu pastinya akan lebih mudah menghitungnya.



jadi : 12,345 - 6,78 = 5, 565



Contoh II :

123,45 - 67,89012

dikerjakan dengan pengurangan susun, tanda desimal sejajar lurus kebawah :

tambahkan angka nol secukupnya baik posisi paling depan maupun paling belakang bilangan desimal, hingga semua bilangan desimal itu jumlah digitnya sama.

bila semua digit sudah lurus, akan lebih mudah untuk mengerjakannya.


guruKATRO kira dua contoh diatas sudah cukup untuk pembaca agar bisa menguasai pengurangan pecahan desimal. Bila ada usulan contoh yang lain, bisa disampaikan melalui kolom komentar.

Selanjutnya
CARA MENGERJAKAN PERKALIAN BILANGAN DESIMAL
silakan
Demikian Posting tentang PENGURANGAN PECAHAN DESIMAL SANGAT MUDAH yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Komentar Facebook
Komentar Blogger

4 komentar

  1. terima kasih pak sudah membagikan trik agar mudah dalam pengajaran pecahan desimal, saya juga telah menerapkannya di kelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kembali kasih pak,,,
      semoga bisa semakin mempercepat pemahaman peserta didik
      dan yang paling penting mari kita usir kata "MATEMATIKA = MOMOK" yang selama ini banyak menghantui peserta didik Indonesia.
      salam matematika!!!!!!

      Hapus

Populer

Google+