2016-01-15

KI KD MI: AKIDAH AKHLAK

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

Lanjutan (bagian 2), posting Kompetensi Inti (KI) beserta Kompetensi Dasar (KD), dari Kurikulum 2013 yang diterbitkan Oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Untuk memudahkan pengcopypastean yang mungkin akan dilakukan oleh pengunjung, maka  KI dan KD ini di posting dalam format Tabel atau kolom word, dengan resiko google  tidak mengijinkan membuat terlalu banyak tabel , karena itu posting KI dan KD KURTILAS Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab akan guruKATRO bagi menurut kategori Bidang Studi, dan sesuai tata urutan aslinya, maka untuk posting bagian KEDUA adalah KI dan KD Mata Pelajaran AQIDAH AKHLAK, dari kelas satu semester satu, hingga kelas enam semester dua atau secara urut mulai dari semester satu hingga semester dua belas. Begitupun nanti pada posting mata pelajaran selanjutnya akan guruKATRO usahakan agar bisa memposting satu mapel dalam satu postingan.






BAB IV

KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)


4. AKIDAH AKHLAK

B.1. KELAS I SEMESTER GANJIL

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menjalankan ajaran 
    agama yang dianutnya.

1.1         Meyakinirukun iman.
1.2         Meyakini syahadatain.
1.3         Meyakini Allah SWT.Yang Esa (al-Apad) dan maha Pencipta(al-Khwliq).
1.4         Menerima ketentuan hidup bersih, kasih sayang, dan rukun.
1.5         Menerima adab mandi dan berpakaian.
1.6         Menerima ketentuan menghindari hidup kotor.
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

2.1         Membisakan berperilaku yang merefleksikan orang yang beriman.
2.2         Membiasakan berperilaku bertauhid.
2.3         Membiasakanhidup bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari.
2.4         Membiasakan  perilaku adab mandi dan berpakaian.
2.5         Membiasakan diri untuk menghindari hidup kotor dalam kehidupan sehari-hari.
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

3.1     Mengenal enam rukun iman.

3.2     Mengenal  dua kalimah syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama.

3.3     Mengenal sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam al-Asmw al-ousnw(al-Apad dan al-Khwliq) melalui kisah Nabi Ibrahim a.s. mencari Tuhannya.

3.4     Memahami perilaku akhlak terpuji hidup bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari.
3.5     Memahami adab mandi dan berpakaian.
3.6     Menjelaskan akhlak tercela hidupkotordalamkehidupansehari-hari dan cara menghindarinya.
4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

4.1     Menunjukkan perilaku beriman kepadaenamrukun iman.

4.2     Melafalkan dua kalimahsyahadat dan artinya.
4.3   Melafalkan sifat-sifat Allah SWT. al-Apad dan al-Khwliqdan maknanya.
4.4     Mendemonstrasikan tatacara berpakaian secara Islami.
4.5     Menunjukkan perilaku hidup bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari.
4.6  Menceritakan cara-cara menghindari hidupkotordalamkehidupansehari-hari.

B.2. KELAS I SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menjalankan ajaran 
    agama  yang dianutnya.

1.1     Meyakini Allah SWT. melalui kalimattayyibah (Basmalah).
1.2     Meyakini Allah SWT. sebagai ar-Rapmwn, ar-Raprm dan as-Samr.
1.3  Menerima ketentua adab belajar, bermain, makan dan minum.
1.4     Menerima nilai keramahan dan sopan santun terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan  sehari-hari.
1.5.  Menerima ketentuan untuk menghindari berbicara kotor dan bohong/dusta, dalam kehidupan sehari-hari.
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1Terbiasa membaca basmalah setiap memulai aktivitas.
2.2 Mencontoh sifat Allah ar-Rapmwn, ar- Raprm dan as-Samr‘.
2.3 Memiliki adab dalam belajar, bermain, makan dan minum.
2.4     Membiasakan sikap ramah dan sopan santun terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan  sehari-hari.
2.5.Membiasakan diri untuk menghindari akhlak tercela berbicara kotor dan bohong/dusta, dalam kehidupan sehari-hari.
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

3.1     Mengetahui kalimat tayyibah (Basmalah).
3.2     Mengenal sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam al-Asmw’ al-ousnw(ar-Rapmwn, ar- Raprm dan as-Samr‘).
3.3     Memahami  adab belajar, bermain, makan dan minum.
3.5     Memahami sikap ramah dan sopan santun terhadap orang tua dan guru dalam kehidupan  sehari-hari.
3.6     Menjelaskan akhlaktercela berbicarakotor dan bohong/dusta dalamkehidupansehari-hari.
4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

4.1     Melafalkan kalimat tayyibah(Basmalah).
4.2 Melafalkan ar-Rapmwn, ar- Raprm dan as-Samr
dan artinya.
4.3     Menunjukkan adabbelajardanbermain secara Islami.
4.4  Mendemonstrasikan adab makan dan minum secara Islami.
4.4     Menyimulasikan sikap ramahdansopansantun terhadap orang tua dan guru dalamkehidupansehari-hari.
4.5     Menyajikan contohkan sikap berbicarakotor dan bohong/dusta dalamkehidupansehari-hari.

B.3. KELAS II SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama  yang dianutnya.


1.1 Meyakini Allah SWT. melalui kalimat tayyibah(Hamdalah).
1.2 Meyakini Allah SWT. sebagaiar-Razzwq,al-oamrd, dan asy-Syakyr.
1.3 Mengakui  adanya Allah SWT. melalui dalil aqli
1.4  Menerima nilai  syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati.
1.5 Menerima adab bersin dalam kehidupan sehari-hari
1.6 Menerima ketentuan untuk menghinndari sifat sombong dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

2.1 Terbiasa membaca kalimat tayyibah(Hamdalah) setiap menerima kebaikan.
2.2 Membiasakan diri mencontoh sifat ar-Razzwq,al-oamrd, dan asy-Syakyr.
2.3 Membiasakan diri  perilaku dengan merasakan adanya Allah SWT. melalui dalil aqli.
2.4 Memiliki perilaku syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati dalam kehidupan sehari-hari
2.5  Membiasakan adab bersin.
2.6 Menghindarisifat sombong dalam kehidupan sehari-hari.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

3.1 Mengetahui kalimat tayyibah (Hamdalah).
3.2 Mengenal sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam al-Asmw’ al-ousnw (ar-Razzwq,al-oamrd, dan asy-Syakyr).
3.3 Mengenal Allah SWT. melalui dalil aqli.
3.4 Memahami sikap syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati dalam kehidupan sehari-hari.
3.5 Mengetahui adab ketika bersin dalam kehidupan sehari-hari.
3.6 Menjelaskansikap sombong dan cara menghindarinya dalam kehidupan sehari-hari.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

4.1     Melafalkan kalimat tayyibah(Hamdalah).
4.2     Melafalkan al-Asmw al-ousnw(ar-Razzwq,al-oamrd, dan asy-Syakyr) dan artinya.
4.3     Menyajikan dalil aqli tentang mengenal Allah
4.4     Menunjukkan sikap syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati dalam kehidupan sehari-hari.
4.5     Mendemonstrasikan adab ketika bersin.
4.6     Menceritakan cara menghindari sifat  sombong dalam kehidupan sehari-hari.

B.4. KELAS II SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI  DASAR
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.


1.1     Meyakini Allah SWT. melalui kalimat tayyibah(Tahlrl).
1.2     Meyakini Allah SWT sebagai al-Quddys, as-aamad, al-Muhaimin, dan al-Badr.
1.3    Menerima nilai jujur, rajin, dan percaya diri.
1.4     Menerima ketentuan adab belajar, mengaji, dan bermain dalam kehidupan sehari-hari.
1.5     Menerima ketentuan untuk menghindari sifat malas.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

2.1  Meyakini Allah SWT. melalui kalimat tayyibah(Tahlrl).
2.2     Mencontoh sifat Allah SWT. sebagai al-Quddys, as-aamad, al-Muhaimin, dan al-Badr.
2.3   Terbiasa berperilaku jujur, rajin, dan percaya diri.
2.2  Terbiasa beradab ketika belajar, mengaji, dan bermain dalam kehidupan sehari-hari.
2.3     Menghindari sifat malas.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

3.1     Mengetahui kalimat tayyibah(Tahlrl).
3.2     Mengenal sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam  al-Asmw al-ousnw(al-Quddys, as-aamad, al-Muhaimin, dan al-Badr).
3.3     Memahami perilaku jujur, rajin, dan percaya diri.
3.4     Memahami sikap yang baik ketika belajar, mengaji, dan bermain dalam kehidupan sehari-hari.
3.5     Menjelaskan sikap malas dan cara menghindari-nya.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

4.1     Melafalkan kalimat tayyibah(Tahlrl)dan maknanya.
4.2     Melafalkan al-Asmw al-ousnw(al-Quddys, as-aamad, al-Muhaimin, dan al-Badr) dan artinya.
4.3     Mencontohkan perilaku jujur, rajin, dan percaya diri.
4.4     Mensimulasikan adab yang baik ketika belajar, mengaji, dan bermain dalam kehidupan sehari-hari.
4.5     Menceritakan contoh sikap malas dalam kehidupan sehari-hari.


B.5. KELAS III SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI  DASAR
1.    Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya.

1.1     Meyakini Allah SWT. melalui kalimat tayyibah (Subpwnallwh, Mwsyw Allwh).
1.2     Meyakini Allah SWT. sebagaial-‘Azrm,  al-Kabrr, al-Karrm dan al-Mwlik.
1.3     Meyakini malaikat-malaikat Allah SWT. dan tugas-tugasnya.
1.4   Menerimanilai rendah hati, santun,       ikhlas, kasih sayang, dan taat.
1.5     Menerima ketentuan patuh dan taat terhadap kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari.
1.6    Menerima ketentuan untuk menghindari durhaka kepada orang tua.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
2.1     Membisakan diri untuk mengucapkan kalimah tayyibah (Subpwnallwh, Mwsyw Allwh).
2.2     Mengagumi sifat Allah SWT sebagaial-‘Azrm,  al-Kabrr, al-Karrm dan al-Mwlik.
2.3     Mencontoh para Malaikat dalam ketaatannya kepada Allah SWT.
2.4  Memiliki sikap sifat rendah hati, santun,       ikhlas, kasih sayang, dan taat dalam        kehidupan sehari-hari.
2.5     Memiliki akhlakul karimah patuh dan taat terhadap kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari.
2.6     Memiliki sikap menghindari durhaka kepada orang tua.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

3.1    Mengetahui kalimat tayyibah (Subpwnallwh, Mwsyw Allwh).
3.2     Mengenal sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam al-Asmw al-ousnw(al-‘Azrm,  al-Kabrr, al-Karrm dan al-Mwlik).
3.3     Menjelaskan malaikat-malaikat Allah SWT. dan tugas-tugasnya.
3.4     Memahami sikap sifat rendah hati, santun,       ikhlas, kasih sayang, dan taat dalam        kehidupan sehari-hari.
3.5     Menjelaskan kisah Nabi Ismail a.s. sebagai bentuk sikap taat dan patuh terhadap orang tua.
3.6     Menjelaskan sikap durhaka kepada orang tua melakui kisah Kan’an.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

4.1    Melafalkan kalimat tayyibah (Subpwnallwh, Mwsyw Allwh)dan maknanya.
4.2     Melafalkan al-Asmw al-ousnw(al-‘Azrm,  al-Kabrr, al-Karrm dan al-Mwlik)dan artinya.
4.3     Menceritakan malaikat-malaikat Allah SWT. dan tugas-tugasnya.
4.4     Menunjukkan sikap sifat rendah hati, santun, ikhlas, kasih sayang, dan taat dalam       kehidupan sehari-hari.
4.5     Menyimulasikan akhlak karimah patuh dan taat terhadap kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari melalui kisah Nabi Ismail a.s.
4.6     Menyimulasikan kisah Kan’an sebagai bentuk  cara menghindari sikap durhaka kepada orang tua.

B.6. KELAS III SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI  DASAR
1.    Menerimadanmenjalankanajaran agama  yang dianutnya.

1.1     Meyakini Allah SWT. melalui kalimat tayyibah (Ta’awuz).
1.2     Meyakini Allah SWT. sebagai al-Bahin, al-Walr, al-Mujrb, dan al-Jabbar.
1.3     Meyakini adanya makhluk gaib selain malaikat (jin dan setan).
1.4     Menerima sikap rukun dan tolong-menolong.
1.5     Menerima ketentuan akhlakul karimah terhadap saudaradalam kehidupan sehari-hari.

2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.

2.1 Terbiasa membaca kalimat tayyibah (Ta’awuz)
        sesuai ketentuan syariat.
2.2     Mencontoh sifat  Allah SWT. sebagaial-Bwhin, al-Walr, al-Mujrb, dan al-Jabbwr.
2.3     Memiliki sikap positif terhadap adanya makhluk gaib selain malaikat (jin dan setan).
2.4     Memiliki sikap rukun dan tolong-menolong.
2.5     Memiliki akhlakul karimah terhadap saudaradalam kehidupan sehari-hari.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
3.1     Mengetahui kalimat tayyibah (Ta’awuz).
3.2      sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam al-Asmw’ al-ousnw(al-Bwhin, al-Walr, al-Mujrb, dan al-Jabbwr).
3.3     Menjelaskan adanya makhluk gaib selain malaikat (jin dan setan).
3.4     Memahami sikap rukun dan tolong-menolong.
3.5     Memahami akhlakul karimah terhadap   saudara dalam kehidupan sehari-hari.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

4.1     Melafalkankalimat tayyibah (Ta’awuz)       dan maknanya.
4.2     Melafalkan al-Asmw’ al-ousnw(al-Bwhin, al-Walr, al-Mujrb, dan al-Jabbwr)dan artinya.
4.3     Menceritakan makhluk gaib selain malaikat         (jin dan setan).
4.4     Menyimulasikan sikap rukun dan tolong-       menolong dalam  kehidupan sehari-hari.
4.5     Menyimulasikan akhlakul karimah terhadap        saudara dalam kehidupan sehari-hari.

B.7. KELAS IV SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI  DASAR
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

1.1     Meyakini kekuasaan Allah SWT. melalui kalimat tayyibah Lwoaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah).
1.2     Meyakini Allah SWT sebagai al-Mu’min, al-‘Azrm, al- Hwdr, al-Adl, dan al-oakam.
1.3         Meyakini adanya kitab-kitab Allah SWT.
1.4 Menghayati sifat hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
1.5     Memiliki sikap tabah dan sabar dalam        menghadapi cobaan sebagai implementasi       dalam meneladani  kisah Masyitah.
1.6     Memiliki sikap menghindari kufur nikmat sebagai implementasi menghindari dari kisah  Tsa’labah.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya .

2.1     Terbiasa membaca kalimat tayyibah Lwoaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah) sesuai ketentuan syar’i.
2.2     Mencontoh sifat Allah SWT sebagai al-Mu’min, al-‘Azrm, al- Hwdr, al-Adl, dan al-oakam
2.3         Menerima adanya kitab-kitab Allah SWT.
2.4 Memiliki sikap hormat dan patuh dalam kehidupansehari-hari.
2.5     Memiliki sikap tabah dan sabar dalam        menghadapi cobaan sebagai implementasi       dalam meneladani  kisah Masyitah.
2.6     Memiliki sikap menghindari kufur nikmat sebagai implementasi menghindari dari kisah  Tsa’labah.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

3.1     Mengetahui kalimat tayyibah Lwoaula Walw Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah).
3.2     Mengenal sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam  al-Asmw’ al-ousnw(al-Mu’min, al-‘Azrm, al- Hwdr, al-Adl, dan al-oakam).
3.3     Mengetahui adanya kitab-kitab Allah SWT. sebagai implementasi dari pengamalan rukun Iman ke-3 (tiga).
3.4     Memahami sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
3.5     Mendeskripsikan sikap tabah dan sabar dalammenghadapi cobaan dalam kisah Masyitah.
3.6     Mendeskripsikan kisah Tsa’labah sebagai implementasi dalam menghindari  sifat tercela kufur nikmat.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

4.1     Melafalkan kalimat tayyibah Lwoaula Walw Quwwata illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azrm (oauqalah) dan maknanya.
4.2     Melafalkan al-Asmw al-ousnw(al-Mu’min, al-‘Azrm, al- Hwdr, al-Adl, dan al-oakam) dan artinya.
4.3     Menceritakan kitab-kitab Allah SWT. beserta nabi yang menerimanya.
4.4     Menyimulasikan sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
4.5     Menyimulasikan sikap tabah dan sabar dalam         menghadapi cobaan sebagai implementasi       dalam meneladani kisah Masyitah.
4.7     Menceritakan kisah Tsa’labah sebagai bentuk menghindari akhlak tercela kufur nikmat.

B.8. KELAS IV SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI  DASAR
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

1.1     Meyakini Allah SWT. melalui kalimat tayyibah(As-salwmu‘alaikum).
1.2     Meyakini Allah SWT. sebagai as-Salwm, dan al- Latrf.
1.3     Meyakini adanya nabi dan rasul Allah SWT.
1.4     Menghayati adab bertamu dan berteman dalam kehidupan sehari-hari.
1.5     Menolak sifat munafik.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

2.1     Terbiasa mengucapkan salam sesuai ketentuan syar’i.
2.2     Mencontoh sifat Allah SWT. sebagai as-Salwm, dan al- Latiif.
2.3     Menerima dengan tulus adanya nabi dan rasul Allah SWT.
2.4     Terbiasa beradab dalam bertamu dan berteman dalam kehidupan sehari-hari.
2.5     Menghindari sifat munafik.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
3.1     Mengetahui kalimat tayyibah(As-salwmu‘alaikum).
3.2     Mengenal sifat-sifat Allah SWT yang terkandung dalam al-Asmw al-ousnw(as- Salwm, dan al-Latiif).
3.3     Menjelaskan nama-nama nabi, Rasul Allah SWT. dan Ulul Azmi, serta sifat-sifat nabi dan rasul.
3.4     Menjelaskanadab bertamu dan berteman dalam kehidupan sehari-hari.
3.5     Menjelaskan sifat munafik, dampak negatif dan cara menghindarinya.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.1     Mendemonstrasikan cara mengucapkan salam sesuai ketentuan syar’i.
4.2     Melafalkan kalimah as-Salwm, dan al- Latrf.
4.3     Menyajikan peta konsep nama-nama nabi, rasul Allah SWT. dan Ulul Azmi, serta sifat-sifat nabi dan rasul.
4.4     menyimulasikan adab dalam bertamu dan berteman dalam kehidupan sehari-hari.
4.5     menceritakan dampak negatif sifat munafik.

B.9. KELAS V SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI  DASAR
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
1.1         Meyakini kebesaranAllah SWT. melalui kalimat tayyibah(al-oamdulillwh dan Allwhu Akbar).
1.2         Meyakini Allah SWT. sebagai ar-Razzwq, al-Fattwh, asy-Syakyr, al-Mugnr.
1.3         Meyakini adanya hari akhir (kiamat)
1.4         Menghayati akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum.
1.5         Menghayati sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
2.1         Terbiasa membaca kalimat tayyibah(al-oamdulillwh dan Allwhu Akbar)sesuai ketentuan syar’i.
2.2         Mencontoh sifat Allah SWT. sebagai ar-Razzwq, al-Fattwh, asy-Syakyr, al-Mugnr.
2.3         Menunjukkan prilaku orang yang beriman pada hari akhir (kiamat).
2.4         Membiasakan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum.
2.5         Membiasakan sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari.
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
3.1     Memahami Allah SWT. melalui kalimat thayyibah (al-oamdulillwh dan Allwhu Akbar).
3.2     Mengenal Allah SWT. melalui sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam al-Asmw al-ousnw (ar-Razzwq, al-Fattwh, asy-Syakyr, al-Mugnr).
3.3     Memahami hikmah beriman kepada hari akhir (kiamat).
3.4     Mengetahui akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum.
3.5  Memahami sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.1         Melafalkan kalimat tayyibah (al-oamdulillwh dan Allwhu Akbar).
4.2         Melafalkan al-Asmw al-ousnw (ar-Razzwq, al-Fattwh, asy-Syakyr, al-Mugnr) dan maknanya.
4.3         Menyajikan contoh  perilaku akhlak mulia sebagai implementasi hikmah beriman kepada hari akhir (kiamat).
4.4         Menyimulasikan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum.
4.5     Menyajikan contoh sikap teguh pendirian dan dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari.

B.10. KELAS V SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI  DASAR
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
1.1     Meyakini Allah SWT. melalui kalimat tayyibah(Tarji’).
1.2     Meyakini Allah SWT. sebagai al-Mupyr, al-Mumrt dan al-Bwqr.
1.3  Menghayati  akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat.
1.4  Menghayati ketentuan untuk menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dalam kehidupan sehari-hari
1.5 Menghaayati ketentuan untuk menghindari sifat kikir dan serakah.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta anah air.
2.1   Terbiasa mengucapkankalimattayyibah(Tarji’) sesuai ketentuan syar’i.
2.2  Mencontoh sifat Allah SWT. sebagai al-Mupyr, al-Mumrt dan al-Bwqr.
2.3   Membiasakan akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat
2.4  Membiasakan diri untuk menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dalam kehidupan sehari-hari.
2.5  Membiasakan diri untuk menghindari sifat kikir dan serakah.
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
3.1     Mengenal Allah SWT. melalui kalimat tayyibah (Tarji’).
3.2     Mengenal Allah SWT. melalui sifat-sifat Allah SWT yang terkandung dalam al-Asmw al-ousnw’ (al-Mupyr, al-Mumrt dan al-Bwqr).
3.3     Memahami akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat.
3.4     Memahami akhlak tercela pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa serta cara menghindarinya dalam kehidupan sehari-hari.
3.5     Mengetahui sifat kikir dan serakah melalui kisah Qarun dan cara menghinadarinya dalam kehidupan sehari- hari.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.1     Melafalkan kalimat tayyibah (Tarji’) dan maknanya.
4.2     Melafalkan sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam al-Asmw al-ousnw (al-Mupyr, al-Mumrt dan al-Bwqr).
4.3     Mensimulasikan akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat.
4.4     menyajikan contoh cara menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dalam kehidupan sehari-hari.
4.5     Menceritakan kisah Qarun sebagai implementasi menghindari sifat kikir dan serakah dalam kehidupan sehari-hari.

B.11. KELAS VI SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI  DASAR
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
1.1Meyakini Allah SWT. melalui kalimat tayyibah (Astagfirullwhal-‘akrm).
1.2   Meyakini Allah SWT. sebagai al-Qawwiy, al-Hakim, al-Musawwir dan al-Qwdir.
1.3  Meyakini adanya Qada dan Qadar Allah SWT. (takdir).
1.4 Menghayati sifat tanggung jawab, adil dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari.
1.5     Menunjukkan sikap penolakan yang konsisten terhadap sifat marah, fasik, dan murtad.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
2.1 Terbiasa membaca kalimat tayyibah (Astagfirullwhal-‘akrm) sesuai ketentuan syar’i.
2.2   Mencontoh sifat Allah SWT. sebagai al-Qawwiy, al-Hakrm, al-Musawwir, dan al-Qwdir.
2.3 Membiasakan diri untuk berprilaku dengan meyakini Qada dan Qadar Allah SWT. (takdir)
2.4  Memiliki sifat tanggung jawab, adil dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari.
2.5     Menghindari sifat marah, fasik, dan murtad.
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
3.1     Mengetahui kalimat tayyibah (Astagfirullwhal-‘akrm).
3.2 Mengenal sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam al-Asmw al-ousnw(al-Qawiyy, al-Hakrm, al-Musawwir dan al-Qwdir).
3.3     Memahami hikmah beriman kepada Qada dan Qadar Allah SWT. (takdir).
3.4     Memahami sifat tanggung jawab, adil dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari.
3.5     Mengetahui akhlak tercelasifat marah, fasik, murtad, dan upaya menghindarinya.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.1     Melafalkan kalimat tayyibah
          (Astagfirullwhal-‘akrm) dan maknanya.
4.2  Melafalkan al-Asmw’ al-ousnw(al-Qawwiy, al-Hakrm, al-Musawwir dan al-Qwdir)dan artinya.
4.3     Menyajikan contoh Qada dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari.
4.5     Menyajikancontoh sifat tanggung jawab, adil dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari.
4.6     Menyajikan contoh cara menghindari sifat  marah, fasik, dan murtad.

B.12. KELAS VI SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI  DASAR
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
1.1     Meyakini Allah SWT. melalui kalimat tayyibah(Tobat).
1.2     Meyakini Allah SWT. sebagai al-Gafyr, al-Afuwwu, as-aabyr dan al-oalrm.
1.3 Menghayati sifat sabar dan taubat dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dalam meneladani kisah Nabi Ayyub a.s. dan kisah Nabi Adam a.s.
1.4     Menghayati akhlak yang baik terhadap binatang dan tumbuhan dalam hidup sehari-hari.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
2.1Terbiasa membaca kalimat istigfar sesuai ketentuan syar’i.
2.2     Mencontoh sifat Allah SWT. sebagai (al-Gafyr, al-Afuwwu, as-aabyr dan al-oalrm).
2.3  Memiliki sifat sabar dan taubat dalam kehidupan sehari-hari.
2.4     Memiliki akhlak yang baik terhadap binatang dan tumbuhan dalam hidup sehari-hari.
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
3.1     Mengetahui kalimat tayyibah(tobat).
3.2     Mengenal sifat-sifat Allah SWT. yang terkandung dalam al-Asmw’ al-ousnw(al-Gafyr, al-Afuwwu, as-aabyr dan al-oalrm).
3.3     Memahami sifat sabar dan taubat dalam  kehidupan sehari-hari sebagai implementasi meneladani kisah Nabi Ayub a.s. dan Nabi Adam a.s.
3.4     Memahami akhlak yang baik terhadap binatang dan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.1     Melafalkan kalimat tayyibah (tobat) dan maknanya.
4.2  Melafalkan al-Asmw’ al-ousnw(al-Gafyr, al-Afuwwu, as-aabyr dan al-oalrm) dan artinya.
4.3  Menceritakan kisah Nabi Ayyub a.s. dan Nabi Adam a.s.  sebagai implementasi dalam meneladani sifat sabar dan tobat dalam kehidupan sehari-hari.
4.4     Menyajikancontoh akhlak yang baik terhadap binatang dan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya .......
5. KI-KD MAPEL FIQH MI

Demikian Posting tentang KI KD MI: AKIDAH AKHLAK yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Komentar Facebook
Komentar Blogger

Belum ada Komentar

Populer

Google+