PANDUAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR

Berikut guruKATRO sajikan petikan Panduan Manajemen Berbasis Sekolah untuk Sekolah Dasar, yang diterbitkan oleh KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH DASAR pada tahun  2014





=========================================================

PANDUAN
MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR


KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH DASAR JAKARTA 2014



=================================================

KATA PENGANTAR

Salah satu kebijakan strategis pendidikan nasional sesuai dengan amanat Undang- undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). MBS tersebut merupakan pendekatan manajemen yang harus diterapkan oleh sekolah dasar sebagai bagian dari satuan pendidikan dasar berdasarkan standar pelayanan minimal. Penerapan MBS di sekolah mendorong sekolah harus secara aktif, mandiri, terbuka, dan akuntabel melakukan berbagai program peningkatan mutu pendidikan sesuai dengan kebutuhan sekolah sendiri dengan disertai pembuatan keputusan secara partisipatif .

Pada dasarnya MBS telah dilaksanakan di sekolah dasar meskipun dalam berbagai kategori tingkatan. Ada sekolah dasar (SD) yang telah menerapkan MBS dengan kategori baik. Ada sekolah dasar yang penerapannya dalam kategori sedang. Ada pula SD yang penerapan MBSnya pada kategori awal atau kurang. Sehubungan dengan hal tersebut dalam upaya mencapai target sasaran rencana strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2014 diprogramkan 90% SD melaksanakan MBS dengan baik, maka perlu upaya strategis yang berkesinambungan. Dalam upaya mencapai target sasaran rencana strategis tersebut sesuai dengan tugas pokok dan fungsi , maka Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar melakukan kegiatan Bimbingan Teknis MBS sebagai salah satu bagian dari pembinaan sekolah dasar secara menyeluruh.

Upaya yang dilakukan dalam rangka mendukung pelaksanaan Bimbingan Teknis MBS tersebut agar dapat berjalan dengan efektif dan mencapai sasaran, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar telah menyusun berbagai Buku Panduan MBS. Panduan-panduan tersebut perlu disosialisasikan agar sekolah-sekolah dasar dapat menerapkan MBS dengan baik secara bertahap dan merata di seluruh wilayah Indonesia melalui Bimtek yang dilakukan secara berjenjang dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota sampai ke gugus sekolah/sekolah dasar.

Panduan-panduan tersebut disusun sebagai acuan bagi guru dan kepala SD, pengawas SD, pejabat dinas pendidikan serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam melaksanakan, mengawal, dan memfasilitasi implementasi manajemen berbasis sekolah di SD. Sebagai langkah awal panduan ini masih perlu penyempurnaan secara berkelanjutan. Oleh karena itu, kritik dan saran dari berbagai pihak sangat kami harapkan. Kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan naskah ini kami sampaikan terima kasih.


Semoga panduan-panduan tersebut dapat bermanfaat sebagai sarana peningkatan mutu kinerja dan manajemen sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.



Direktur Jenderal Pendidikan Dasar





Hamid Muhammad, Ph.D
NIP. 195905121983111001

===============================================





Untuk memperoleh materi Panduan Manajemen Berbasis Sekolah secara lengkap, silakan DOWNLOAD DARI SINI untuk mengunduh file PDF nya.

Print atau simpan sebagai PDF
Print Friendly and PDF

1 comment

Arsip

Google+