MENGERJAKAN PERKALIAN PECAHAN BIASA

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Pengerjaan Operasi Hitung Perkalian Pecahan biasa sangatlah mudah. Bagaimana mungkin kita akan menganggap bahwa itu adalah sebuah kesulitan???.

Karena Pada Operasi Hitung Perkalian kita hanya akan mengalikan pembilang dengan pembilang, penyebut dengan penyebut. Pembilang pada pecahan pertama dikali pembilang pada pecahan kedua, hasilnya menjadi Pembilang pada Jawaban. Dan Penyebut pada pecahan pertama dikali penyebut pada pecahan kedua, hasilnya menjadi Penyebut pada Jawaban.

Walaupun harus diakui juga bahwa pada akhirnya nanti, disaat kita harus mengerjakan soal soal tertentu, diperlukan langkah lanjutan. Seperti apabila kita dituntut untuk menemukan pecahan yang paling sederhana, atau bila hasil perkalian itu memunculkan pecahan biasa dengan pembilang lebih besar dari penyebutnya, maka kita harus mengubah pecahan biasa itu menjadi pecahan CAMPURAN. Tapi jangan khawatir, kedua cara itu, "MENYEDERHANAKAN PECAHAN" dan "MENGUBAH PECAHAN BIASA MENJADI PECAHAN CAMPURAN", semua ada bahasannya pada blog ini, bila ingin dengan cepat menemukan materi yang dicari, silakan cari melalui daftar isi.

Mengerjakan Operasi Hitung Perkalian Pecahan Biasa.

Perlu diketahui bahwa pada operasi hitung pecahan biasa, Operasi Perkalian adalah merupakan yang paling mudah, karena kita hanya mengalikan pembilang dengan pembilang hasilnya sama dengan pembilang dan penyebut kali penyebut, hasilnya sama dengan penyebut :


1. Mengerjakan Perkalian 2 Pecahan Biasa.

misal :



Caranya :
1 x 3 = 3 menjadi pembilang pada jawaban
2 x 4 = 8 menjadi penyebut pada jawaban


sehingga :




2. Pengerjaan Operasi Hitung Perkalian dengan tiga buah Pecahan biasa,

  • Pembilang pecahan pertama x pembilang pecahan kedua x pembilang pecahan ketiga = pembilang pada jawaban.
  • Penyebut pecahan pertama x penyebut pecahan kedua x penyebut pecahan ketiga = penyebut pada jawaban.
misalnya :



Caranya :
1 x 3 x 5 = 15 sebagai pembilang pada jawaban
2 x 4 x 6 = 48 sebagai penyebut pada jawaban.


jadi :







sangat mudah bukannnn????

langkah berikutnya yang dibutuhkan setelah materi ini..... silakan baca :

- MENYEDERHANAKAN PECAHAN
- MENGUBAH PECAHAN BIASA MENJADI PECAHAN CAMPURAN


bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang MENGERJAKAN PERKALIAN PECAHAN BIASA yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih