2015-12-14

FUNGSI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN 2

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,

2. Gangguan Alat Pernapasan Manusia.

Pernapasan adalah hal yang sangat vital pada kehidupan manusia. Ingatlah, kadang kita mampu tidak makan dalam seharian, atau tidak minum dalam beberapa jam, namun mampukah kita tidak bernapas dalam satu menit saja misalnya? tentu kita tidak akan mampu.
Demikian pentingnya proses pernapasan pada kehidupan ini, maka harus diketahui juga tentang gangguan gangguan pernapasan yang mungkin saja bisa mengganggu proses pernapasan. Maka kita harus memahami jenis jenis gangguan pernapasan, penyebab dan gejala gejalanya, pencegahan serta pengobatannya.




1. ISPA

ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) adalah terjadinya infeksi yang parah pada bagian sinus, tenggorokan atau paru-paru. ISPA menyebabkan fungsi pernapasan menjadi terganggu. Jika tidak segera ditangani, dapat menyebar ke seluruh sistem pernapasan tubuh. Tubuh tidak bisa mendapatkan cukup oksigen dan kondisi ini bisa berakibat fatal, bahkan mungkin mematikan.

Penyebab ISPA 
Lebih sering akibat serangan virus, walau kadang juga oleh serangan bakteri.
Beberapa mikroorganisme penyebab  ISPA :



  1. Adenovirus. Gangguan pernapasan seperti pilek, bronkitis, dan pneumonia bisa disebabkan oleh virus ini yang memiliki lebih dari 50 jenis.
  2. Rhinovirus. Ini adalah jenis virus yang menyebabkan pilek. Tapi pada anak kecil dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah, pilek biasa bisa berubah menjadi ISPA pada tahap yang serius.
  3. Pneumokokus. Ini adalah jenis bakteri yang menyebabkan meningitis. Tapi bakteri ini bisa memicu gangguan pernapasan lain, seperti halnya pneumonia.


Gejala ISPA
Gejala awal :

  • Hidung tersumbat atau berair.
  • Para-paru terasa terhambat.
  • Batuk-batuk dan tenggorokan terasa sakit.
  • Kerap merasa kelelahan.
  • Tubuh merasa sakit.

Gejala yang muncul bila ISPA sudah lebih serius:

  • Kesulitan bernapas
  • Demam tinggi dan menggigil.
  • Tingkat oksigen dalam darah rendah.
  • Kesadaran yang menurun dan bahkan pingsan.


Pencegahan ISPA
Pencegahan adalah cara terbaik dalam menangani ISPA. Kebiasaan atau pola hidup higienis yang bisa dilakukan sebagai tindakan pencegahan ISPA antara lain :

  1. Mencuci tangan secara teratur terutama setelah beraktivitas di tempat umum.
  2. Hindari menyentuh bagian wajah, terutama mulut, hidung, dan mata, agar Anda terlindung dari penyebaran virus dan bakteri.
  3. Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin terutama vitamin C. Vitamin sangat membantu dalam meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.
  4. Hindari merokok.
  5. Ketika Anda bersin, pastikan menutupnya dengan tisu atau tangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit yang bisa menular kepada orang lain.


Pengobatan  ISPA
Belum ada obat yang efektif membunuh kebanyakan virus yang menyerang manusia. Pengobatan yang dilakukan biasanya hanya untuk meredakan gejala yang muncul akibat infeksi virus.

Apabila infeksi yang terjadi disebabkan oleh bakteri, serangkaian tes akan dilakukan untuk mengetahui jenis bakteri. Setelah itu, dokter bisa menentukan antibiotik yang paling tepat untuk membasmi bakteri penyebab infeksi.

Komplikasi yang terjadi akibat ISPA sangat serius dan bisa berakibat fatal atau mematikan jika dibiarkan. Komplikasi yang sering kali terjadi bersamaan dengan ISPA adalah gagal napas dan gagal jantung kongestif.


2. Pilek


Secara umum pilek hanya menyerang pada bagian tenggorokan keatas, yang bisa menimbulkan gejala seperti batuk, hidung tersumbat, iritasi tenggorokan, demam ringan, telinga seperti tersumbat, dan bersin. Pilek bisa Menyerang orang sepanjang tahun, tidak tergantung musim.Pilek sangat menular terutama pada tiga hari pertama, jadi sangat dianjurkan untuk tidak beraktifitas dilingkungan banyak orang.


Penyebab Pilek
Pilek disebabkan oleh virus, dan ada ratusan jenis virus yang bisa menyebabkan kondisi ini, namun yang paling sering adalah jenis rhinovirus.

Tubuh kita akan lebih mudah terserang Pilek pada musim pancaroba, musim pergantian antara musim hujan dengan musim kemarau dan sebaliknya. Pilek juga akan lebih mudah menyerang bila tubuh kita sedang terlalu lelah

Pencegahan Pilek
1. Mencuci tangan secara teratur
2. Vaksinasi Flu
3. Tetap terhidrasi
4. Suplemen herbal alami
5. Tidur cukup
6. Diet sehat dan seimbang
7. Sering berolahraga atau beraktifitas fisik
8. Tingkatkan asupan vitamin C
9. Jauhi stres
10. Untuk sementara Jangan terlalu dekat dengan penderita Pilek


Pengobatan Pilek
Karena Pilek disebabkan oleh virus, antibiotik tidak efektif untuk menyembuhkan pilek; namun dekongestan, antihistamin, dll, bisa membantu mengurangi gejala hidung tersumbat, nyeri, dan gejala lainnya seperti 

Pilek biasanya akan sembuh sendiri dalam beberapa hari, namun jika tidak maka sebaiknya periksakan diri kedokter. Anda juga bisa saja memiliki infeksi kuman atau alergi yang membutuhkan antibiotik.


3. Influenza (Flu)


Penyakit influenza disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini merupakan penyakit yang paling sering menyerang sistem pernapasan pada manusia di seluruh dunia. Flu diakibatkan oleh virus RNA dari keluarga Orthomyxoviridae. Influenza merupakan penyakit yang dapat menjalar dengan cepat di masyarakat. Walaupun ringan tetapi penyakit ini dapat berbahaya bagi usia sangat muda dan usia tua dimana terdapat keterbatasan fungsi pernafasan. Penyakit ini terutama terjadi pada musin dingin di negara bermusim dingin dan di musim hujan pada negara-negara tropis. Mahluk hidup tempat berkembang dan menyebarkan influenza ini adalah manusia sendiri. Diduga bahwa hewan lain seperti burung, babi, dan kuda memegang peranan dalam menciptakan jenis virus influenza dengan jenis yang berbeda akibat adanya mutasi di hewan-hewan tersebut. Penyebaran virus influenza ini melalui tetesan air liur pada saat batuk dan melalui partikel yang berasal dari sel hidung yang melayang di udara terutama di ruangan tertutup.


Penyebab Influenza
Penyakit influenza disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini merupakan penyakit yang paling sering menyerang sistem pernapasan pada manusia di seluruh dunia. Flu diakibatkan oleh virus RNA dari keluarga Orthomyxoviridae. virus yang menginfeksi jaringan saluran nafas bagian atas.

Transmisi virus melalui udara dan air ludah sangat bergantung dari jumlah virus yang terkandung didalamnya. Dari hasil penelitian apabila didapatkan 10 virus / air ludah sebanyak 50% orang yang terkena air ludah ini akan menderita influenza. Virus akan melekat pada sel permukaan di rongga hidung dan saluran nafas.

Terdapat 3 jenis virus yang di kenal yaitu A,B, dan C. Virus tipe A akan menyebabkan gejala  yang berat, menyebar secara cepat dan dapat menyebabkan infeksi di suatu negara atau wilayah (pandemi). Virus tipe B akan menyebabkan gejala yang lebih ringan dan penyebarannya tidak secepat virus tipe A. Virus tipe C hanya memberikan gejala yang ringan saja. Perbedaan dari virus ini dapat diketahui melalui pemeriksaan dari cairan ludah dengan mempergunakan test secara genetik.


Gejala Influenza
Gejala yang ditimbulkan antara lain pilek, hidung tersumbat, bersin-bersin, dan tenggorokan terasa gatal. Influenza merupakan suatu penyakit infeksi akut saluran pernafasan terutama ditandai oleh demam, gigil, sakit otot, sakit kepala dan sering disertai pilek, sakit tenggorok dan batuk yang tidak berdahak. Lama sakit berlangsung antara 2-7 hari dan biasanya sembuh sendiri. Gejala umum flu adalah badan menggigil, deman, mata berair, hidung tersumbat kepala berat, disertai batuk, dan nyeri di beberapa bagian tubuh.


Pencegahan Influenza (FLU)
Sama saja dengan pencegahan penyakit Pilek, yaitu:
1. Mencuci tangan secara teratur
2. Vaksinasi Flu
3. Tetap terhidrasi
4. Suplemen herbal alami
5. Tidur cukup
6. Diet sehat dan seimbang
7. Sering berolahraga atau beraktifitas fisik
8. Tingkatkan asupan vitamin C
9. Jauhi stres
10. Untuk sementara Jangan terlalu dekat dengan penderita Pilek


Pengobatan Influenza
Pengobatan terbaik flu adalah istirahat karena flu lebih sering diakibatkan menurunnya daya tahan tubuh karena kelelahan. Minum air yang banyak dan hangat dapat membantu meringankan gejala flu. Vitamin C dosis tinggi (500 mg) dapat diberikan untuk membantu tubuh meningkatkan kekebalan tubuh.

Obat analgesik dan asetaminofen bisa diberikan agar flu cepat hilang. Flu yang biasa menyerang orang dewasa dan anak kecil sekalipun tidak terlalu berbahaya. Hanya saja kini ketakutan akan flu menjadi lebih tinggi, terutama sejak mencuatnya kasus flu burung mulai awal tahun 2000-an, dan ternyata lebih menyebabkan kerusakan parah daripada flu Spanyol yang pernah menjadi epidemi di tahun 1980-an.


4. Asma


Asma adalah kelainan penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi seperti debu, bulu, ataupun rambut. 

Asma merupakan gangguan pada selaput pipa udara yang menyalurkan udara ke dalam paru-paru, sehingga paru-paru tidak dapat menyerap oksigen secara optimal, ditandai dengan kontraksi yang kaku dari bronkiolus yang menyebabkan kesukaran bernapas.

Asma dikenal dengan bengek yang disebabkan oleh hipersensitivas bronkiolus (disebut asma bronkiale) terhadap benda-benda asing di udara.

Penyebab Asma
1. Genetik (keturunan)
2. Kondisi Saluran Nafas, kondisi organ saluran pernapasan yang mudah iritasi atau alergi
3. Karena ketidak cocokan obat tertentu
4. Polusi udara atau udara yang tercemar
5. Stress, terlalu banyak pikiran
6. Terlalu lelah

Gejala Asma

  • Nafas yang berbunyi ngiiik ... ngiiik.
  • Mengalami sesak napas sehingga bernapas dengan tersenggal-senggal.
  • Nafas pendek, biasanya hanya terjadi ketika berolahraga.
  • Badan terlihat letih dan lesu serta kurang bersemangat.
  • Rasa sesak dan berat di dada.
  • Mengalami kesulitan untuk tidur dengan nyenyak.
  • Batuk-batuk hanya pada malam hari dan cuaca dingin.
  • Mudah terkena alergi seperti udara dingin, debu, atau jenis makanan tertentu.
  • Serangan asma yang hebat menyebabkan penderita tidak dapat berbicara karena kesulitannya dalam mengatur pernafasan.
  • Mudah lelah ketika melakukan aktivitas fisik.


Pencegahan Asma

  • Jangan tinggal ditempat yang kotor yang sudah kotor karna polusi
  • Jangan memelihara binatang yang bulunya banyak dan halus.Misalnya kucing, kelinci, dan sebagainya
  • Selalu memakai baju hangat dan selendang leher saat cuaca sedang dingin
  • Jangan terlalu banyak melakukan olahraga yang membutuhkan napas panjang bila napas tidak kuat.


Pengobatan Asma
Belum ditemukan obat yang pasti untuk menyembuhkan asma secara total, yang biasa dilakukan hanyalan pengurangan rasa sakit, atau meringankan saja. Banyak penderita asma melakukan terapi pengobatan alternatif, namun belum cukup bukti yang memastikan bahwa terapi-terapi tersebut efektif mengobati asma.

LANJUTANNYA SILAKAN KLIK DISINI
Demikian Posting tentang FUNGSI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN 2 yang dapat kami sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Komentar Facebook
Komentar Blogger

Belum ada Komentar

Populer

Google+