SATU APLIKASI DESKTOP EMIS UNTUK WINDOWS 32 DAN 64

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Lagi..... guruKATRO posting tentang Aplikasi Desktop EMIS, ini disebabkan masih ada beberapa rekan OPM yang bertanya tanya (secara tatap muka, langsung via jalur darat), dan ini juga karena Aplikasi yang Berbeda dengan Aplikasi Desktop EMIS versi tahun tahun sebelumnya.
Pada masa lalu, Juragan EMIS menerbitkan Aplikasi validasi atau yang juga dikenal dengan nama Aplikasi Desktop EMIS dengan dua versi, yaitu versi 32 dan versi 64, mulai semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016, Aplikasi Desktop EMIS sudah terintegrasi dalam satu Aplikasi, dan bisa diterapkan pada OS system operasi 32bit maupun OS dengan system operasi 64bit, dengan syarat :




Sudah cukup  Paham kan,...... dengan maksud penjelasan diatas, sepotong penjelasan penting yang guruKATRO screenshoot, dari Panduan Penggunaan Aplikasi Desktop EMIS Semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016, dalam bentuk soft ppt (Microsoft Office Power Point Presentation), yang file ppt aslinya hanya berjudul "Aplikasi Desktop, Trik and Troubleshoot", dengan deskripsi "Konsep Dasar Pendataan Semester Ganjil TP 2015/2016", yang guru donlot dari halaman login emis_sdm.

Bagi Rekan Operator Madrasah yang masih kurang paham dengan penjelasan diatas, monggo lanjutkan menyimak....

Aplikasi Desktop EMIS semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 diterbitkan hanya dalam satu paket, dan bisa di operasikan pada system OS 32 bit maupun 64 bit, dengan syarat :

  1. Minimum OS harus sudah terinstall dotNETFramework versi 3.5 atau diatasnya.
  2. Bila system Operasi windows 7 x32 bit, dengan office 2007 atau 2010, maka tidak akan ada kendala sama sekali,
  3. Bila system Operasi windows 7 x64 bit, dengan office 2010, maka tidak akan ada kendala sama sekali,
  4. Bila system Operasi windows 8 , dengan office 2010, maka tidak akan ada kendala sama sekali,
  5. Bila system Operasi windows 7 x64 bit, dengan office 2007, harus diinstall Aplikasi dari microsoft yang bernama AccessDatabaseEngine_x64 terlebih dahulu, dan selanjutnya tidak akan ada kendala.
  6. Bila system Operasi windows 8, dengan office 2007, caranya agak rumit, tapi bagi yang hendak, bisa dipelajari disini
NB : (sepengalaman guruKATRO)
  • Secara default, windows 7 baik  x32 maupun x64, sudah terinstall dotNETFramework versi 3.5, jadi bagi pengguna windows 7 tidak perlu mencari cari dotNETFramework versi 3.5
  • Secara default, windows 8 baik x32 maupun x64, sudah terinstall dotNETFramework versi 4.0, tanpa mengikut sertakan dotNETFramework versi 3.5 kebawahnya, makanya bila dipadu dengan office 2007, biasanya meminta diinstal dotNETFramework 3.5 include 2.0
  • Bila menggunakan windows XP x32 dengan office 2007, harus diinstall dotNETFramework versi 2.0 SP2 terlebih dahulu, karena sering tidak match bila diinstall yang versi 3.5, sudah dipraktekkan oleh guruKATRO, pada windows XP x32, diisntall dotNETFramework versi 2.0 SP2 sudah cukup untuk bisa membuka Aplikasi Desktop EMIS
  • Karena kelihatannya Aplikasi Desktop EMIS masih sering di update pada saat saat tertentu, maka materi ini juga pastinya harus di update pada saat saat tertentu pula, agar bisa sesuai dengan keadaan Aplikasi Desktop sesudah diperbarui.
  • Windows Vista dan windows 7, hampir sama permasalahannya.


Bagi Operator Madrasah yang masih butuh :
  • dotNETFramework 2.0 SP2, silakan donlot DARI SINI
  • AccessDatabaseEngine_x64, silakan sedot DARI SINI
  • Untuk mengetahui system operasi OS 32bi atau 64 bit, klik kanan pada : my Computer (windowsXP), Computer (windows vista atau 7), This PC (windows 8), lalu pilih Propertis, seperti ini :




  • Akan terlihat system operasi OS 32 atau 64



  • Dan untuk melihat Apakah sudah terinstal dotNTFramework 3.5, Buka Run dengan cara : klik kombinasi Logo windows bersamaan dengan key huruf R, maka akan muncul


  • Muncul kotak Run, untuk membuka registry, silakan isi dengan tulisan regedit, lalu klik OK



  • Bila muncul kotak User Account Control, klik saja Yes


Masuk Registry Editor,

  • klik tanda panah didepan HKEY_LOCAL_MACHINE,
  • klik tanda panah didepan SOFTWARE,


Tarik sedikit kebawah,

  • klik tanda panah didepan Microsoft


Tarik lagi kebawah, agak panjang....

  • klik tanda panah didepan NET Framework Setup
  • klik kanan panah didepan NDP, maka akan terlihat NET Framework versi berapa saja yang sudah terinstall pada komputer


Artikel ini kemungkinan besar to be Continued atau ada yang harus dirombak disesuaikan dengan keadaan Aplikasi terkini.....

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang SATU APLIKASI DESKTOP EMIS UNTUK WINDOWS 32 DAN 64 yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih