OPTIMALKAN KOMPUTER DENGAN FREE WISE CLEANER PORTABLE

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,
Disadari atau tidak, seiring berjalannya waktu, komputer kita, Komputer para operator Madrasah utamanya, yang tiap hari digunakan untuk mengolah Data Madrasah, terasa semakin lemot diajak bekerja. Istilah anak sekarangnya LOLA, heheheheh katanya LOading LAma.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu bisa terjadi, dan bisa terjadi pada komputer manapun, milik siapapun dan digunakan untuk jenis pekerjaan apapun.

Hal yang paling sering membuat kinerja komputer menjadi lemot adalah VIRUS, tapi maaf, untuk urusan VIRUS tidak dibahas disini, dan akan dibahas nanti  pada Posting ini

Yang paling lumrah terjadi adalah bahwa di setiap kita membuka dan memanfaatkan feature atau aplikasi tertentu, maka secara alamiah dan otomatis, komputer kita akan menyimpan sejarah penggunaan aplikasi itu ke ranah History. History yang dalam komputer tersimpan dan akan terkumpul dalam satu file yang dalam sistem windows disebut dengan Recent places. Bentuknya memang hanya dalam format semacam shortcuts dengan ukuran yang sangat kecil, 1KB, hingga 10 KB saja, tapi bila dibiarkan terlalu lama, dan bila kita termasuk personel yang sering membuka/menggunakan banyak aplikasi, Recent Places yang sedianya digunakan untuk mempercepat proses membuka kembali aplikasi yang dulu pernah kita buka itu, akan dikumpulkan hingga ribuan history misalnya, sudah pasti ukurannya akan sangat membengkak, hingga ujung ujungnya ternyata malah akan memperberat kinerja komputer.

Bila kita mengira bahwa dengan mendelete folder atau file tertentu, itu akan meringankan kinerja komputer, mohon maaf bahwa anggapan itu ternyata tidak selamanya benar. bahkan ketika kita memilih cara Empety Recycle Bin, ternyata belum menjamin akan mempercepat kinerja komputer, karena sebenarnya file yang kelihatannya terhapus itu, ternyata dengan memanfaatkan aplikasi recovery, semua itu masih bisa dikembalikan, ini menunjukkan bahwa yang sudah kita hapus pun tidak 100% terhapus.

Apalagi bagi komputer yang sering diajak berkelana ke DUMA alias DUnia MAya, dan secara kebetulan personel penggunanya tergolong ceroboh ataupun latah......, misalnya sedikit dirayu untuk install aplikasi tertentu, langsung saja diterima dan manut saja di installkan kedalam komputer. Perlu diketahui bahwa aplikasi yang ditawarkan secara mendadak pada saat kita ber "internet ria", kebanyakan ujung ujungnya akan memaksa mengubah sitem kerja komputer kita!, memasang aplikasi aplikasi lain yang pada awalnya tidak ditawarkan, dan kadang yang terpasang adalah aplikasi yang sama sekali tidak kita butuhkan. Jadiiii saran guruKATRO, jangan langsung terima bila ada permintaan pemasangan aplikasi tertentu yang ditawarkan pada saat kita online, pelajari dulu fungsi dari aplikasi yang ditawarkan itu, bila ada kaitannya dengan kerja kita sehari hari, monggooo dipasang, walaupun seringnya nantinya akan ada resiko seperti disebutkan diatas. Sedang bila aplikasi yang ditawarkan itu sama sekali tidak ada manfaatnya bagi kerja kita, sebaiknya ditolak saja.

Bila sudah terlanjur kita pasang, dan ternyata aplikasi itu tidak ada gunanya bagi kita, sebaiknya kita uninstall (copot/lepas) saja, bisa dengan cara :

A. Langkah awalnya :
  1. Untuk Windows XP, klik start, klik Control Panel, klik 2x Add and Remove Program.
  2. Untuk Windows vista  dan 7, klik start, klik Control Panel, klik Program and Feature
  3. Untuk Windows 8 dan 10, klik kanan start klik Program and Feature

Ketiga macam langkah itu adalah untuk menuju halaman daftar program/aplikasi yang ter install pada komputer.



B. Setelah masuk kesana, silakan cari dan klik 1x program yang akan kita uninstall, kemudian lihat ke tab atas (kop tabel), klik pilihan uninstall, klik ok, dan ada beberapa aplikasi yang seperti tidak rela dilepas, makanya perlu sedikit pelajari dulu pesan yang muncul (dalam bahasa inggris tentunya), sebelum memutuskan langkah berikutnya.

Bila telah selesai langkah langkah tersebut, berarti kita sudah melepas satu program yang tidak berguna bagi kerja kita. lanjutkan dengan meng uninstall program program program lain yang tidak dikehendaki. Yang perlu diingat adalah butuh ke hati hatian, jangan sampai salah pilih, yang kita lepas itu ternyata aplikasi  yang kita butuhkan!!!! Ada juga beberapa program/aplikasi yang meminta reboot/restart komputer bila selesai di uninstall, karena itu sebaiknya tutup dulu semua lembar kerja kita, sebelum melakukan proses uninstall.

Setelah uninstall program program yang tidak berguna bagi kerja kita, tarnyat itu juga masih tetap meninggalkan history, bahkan ada beberapa program yang tidak terhapus dari lokasi C\Program File. Windows sudah menyediakan feature untuk membersihkan itu semua, yaitu denga DiskCleanup, yang bisa dibuka melalui Start, accesoris, System Tools, Disk Cleanup




Tapi setelah beberapa kali guruKATRO menggunakan, ternyata hasilnya kurang memuaskan, akhirnya guruKATRO kembali ke aplikasi gratisan milik wise

Ada dua jenis yang biasa guruKATRO gunakan, yaitu WRC, (Wise Registry Cleaner), digunakan untuk membersihkan sisa sisa jejak uninstal dan registry yang tidak valid, dan WDC (Wise Disk Cleaner) digunakan untuk membersihkan hardisk dari Recycle Bin, Recent Places, junk File dan lain lain.

WDC dan WRC free silakan DOWNLOAD DARI SUMBER ASLINYA DISINI

guruKATRO sarankan pilih yang portable saja, agar bisa langsung jalan tanpa harus di instal terlebih dahulu




Sedangkan untuk TUTORIAL cara pengunaan  kedua aplikasi itu, SILAKAN MASUK MELALUI PINTU INI

Tidak ada komentar

Populer