MENGHITUNG LUAS SEGI BANYAK

Demi memperdalam pembahasan materi tentang  cara menghitung Luas, maka pada kesempatan kali ini guruKATRO melanjutkan lagi Materi tentang LUAS itu, dengan judul posting, "MENGHITUNG LUAS SEGI BANYAK". Oleh karena itu dikhususkan bagi yang masih belum terlalu menguasai materi tentang menghitung luas, sebaiknya terlebih dahulu

KLIK DISINI untuk menyimak Rumus dasar menghitung Luas,

dan dilanjutkan dengan

KLIK DISINI untuk menelaah cara menghitung Luas bangun datar tunggal,

tujuannya adalah agar bisa lebih santai dan mudah memahami dalam mengikuti materi "MENGHITUNG LUAS SEGI BANYAK" ini.

Yang dimaksud dengan menghitung luas segi banyak adalah ketika kita harus menentukan Luas sebuah bangun datar, yang bentuknya bukan lagi merupakan segi tiga, atau segi empat atau lingkaran, tetapi bangun datar tersebut merupakan bangun yang mempunyai lebih dari empat sudut, atau salah satu bagian dari bangun datar itu berbentuk lingkaran (sebagian dari lingkaran).

Cara yang paling sederhana dan cukup mudah dilakukan adalah dengan membagi atau memecah bangun segi banyak tersebut menjadi bagian yang berbentuk segi tiga atau segi empat atau lingkaran. 

Segi tiga dimaksud bisa merupakan segi tiga sama sisi, segi tiga sama kaki, segi tiga siku siku atau segi tiga sembarang.

Segi empat dimaksud juga bisa berbentuk persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajar genjang, layang layang atau trapesium.

Sedang Lingkaran dimaksud biasanya dalam ukuran seperempat lingkaran, seperdelapan lingkaran, atau seper berapa tergantung bentuk bangun yang akan ditentukan Luasnya, tapi yang paling sering ditemukan pada matematika MI adalah separuh atau seperdua atau setengah lingkaran.

Setelah kita bisa menentukan Luas dari masing masing bagian dari bangun tersebut, kita gabungkan Luas Luas bagian bagian itu dengan cara dijumlahkan.

hasil penjumlahan itu adalah Luas Keseluruhan bangun yang kita tentukan ukuran Luasnya.

Untuk lebih jelasnya, mari kita hitung Luas 2 Contoh Segi banyak dibawah ini :
Silakan Lihat :     Contoh Pertama     Contoh Kedua

Print atau simpan sebagai PDF
Print Friendly and PDF

No comments:

Arsip

Google+