CARA SEDERHANA MENGHITUNG LUAS

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Pada pertemuan ini guruKATRO akan menyajikan cara yang paling mendasar dan sangat sederhana, mengenai “Cara Menghitung Luas”

Sedangkan untuk pembahasan "Cara Menghitung Luas" yang lebih kompleks dan lengkap, insya Allah akan dibahas DISINI.

Bangun yang bisa ditentukan Ukuran Luasnya adalah bangun Datar atau Bangun Dua Dimensi. Yang dimaksud dengan bangun dua dimensi adalah bangung mempunyai dua unsur (=dibaca : dimensi). Pengertian yang paling mendasar versi bahasa katroknya guruKATRO, tentang dimensi pada materi matematika MI/SD adalah:

1. Dimensi panjang (p), dan
2. Dimensi lebar (l)



Tiga lambang yang perlu diingat pada saat menghitung Luas, yaitu :
a. L (L besar) dimaknai Luas
b. p (p kecil) dimaknai panjang
c. l (l kecil) dimaknai lebar



Panjang dikali lebar (p x l) itulah yang akan menghasilkan Ukuran luas(L)

Ada beberapa satuan ukuran luas, misalnya yard, are, persegi dan lain lain, namun yang biasa digunakan pada materi matematika tingkat MI/SD di Indonesia adalah satuan ukuran persegi. Maka disini guruKATRO juga hanya akan membahas materi “MENGHITUNG LUAS BANGUN DATAR” hanya dalam satuan ukuran persegi, misalnya meter persegi, kilometer persegi, centimeter persegi .

Kembali ke pokok materi “MENGHITUNG LUAS BANGUN DATAR”,

Pada dasarnya untuk menentukan luas itu sangatlah mudah, kita hanya mengalikan panjang dengan lebar, hasil perkalian itu menjadi nilai satuan ukuran luas, perhatikan gambar dibawah ini :


misalkan gambar diatas adalah lantai yang tersusun sepanjang 7 tegel dan selebar 5 tegel, bila kita ingin menghitung jumlah seluruh tegel yang terpasang, kita cukup menghitung 7 x 5 saja, hasilnya = 35 tegel. Bila ada yang masih penasaran, silakan coba hitung manual jumlah tegel tersebut, pasti akan ketemu sejumlah 35 tegel.

Atau silakan anda coba sendiri menghitung jumlah tegel keramik dalam ruangan yang anda miliki, hitung berapa banyak jumlah tegel barisan kesamping, dan hitung pula jumlah tegel barisan ke depan. Kemudian kalikan Jumlah tegel barisan kesamping X Jumlah tegel barisan kedepan. Setelah ketemu hasil perkalian itu, coba hitung satu per satu tegel dalam ruangan tersebut. Terakhir jajarkan hasilnya, bila langkah anda benar, pasti hasilnya akan sama.

Atau coba perhatikan contoh berikut ini :



Panjang = 30 cm, lebar = 11 cm,
Luas = P  x  l
Luas = 30 cm x 11 cm
30 x 11 = 330
Cm x cm = cm 2
Luas = 330 cm2

Betapa mudahnya kan ?????


Contoh pada sebuah soal cerita :

guruKATRO menempati ruang kerja dengan  ukuran panjang 7 meter dan lebar 4 meter, berapa meter persegi luas ruang kerja guruKATRO?

ditanyakan : Luas (L)

gambar :



diketahui :
p = 7 m
l = 4 m


jawab :
L = p x l
L = 7m x 4 m
L = 28m2


bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang CARA SEDERHANA MENGHITUNG LUAS yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih