CARA REGISTRASI OPERATOR EMIS 2015

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,
Assalaamu 'alaikum guruKATROmania,
Semoga saja kita semua masih dan akan senantiasa dalam lindungan yang maha kuasa.... aamiin

Sudah cukup lama guruKATRO sepi dari posting, harap maklum, karena adanya kegiatan darat yang beruntun, mulai dari Ujian Akhir MI, Ramadhan, PPDB, peringatan HARKA, peringatan HUTRI dan yang tidak kalah melelahkan adalah pada tanggal 12 da 13 Agustus 2015 (sudah berlalu), MI tempat guruKATRO nyangkul, di AKREDITASI, semoga saja hasilnya nanti tidak terlalu mengecewakan.

Sebenarnya sudah beberapa hari yang lalu guruKATRO siapkan materi "CARA REGISTRASI OPERATOR EMIS 2015" ini, namun baru pagi ini, guruKATRO sempat memposting, walau boleh dikata ini sudah "TELAT", namun filling guruKATRO mengatakan, "BARANGKALI MASIH ADA REKAN YANG KEBINGUNGAN UNTUK MELAKUKAN REGISTRASI". Oleh karena itu, nanti step demi step akan guruKATRO jelaskan tata cara dan tata urutan pada saat registrasi.

Semua sudah tahu, bahwa untuk semester gasal 2015/2016, system upload data EMIS berbeda dari yang sebelumnya, dimana operator harus melakukan registrasi terlebih dahulu, setelah terregistrsai, baru bisa upload data EMIS melalui login yang dibuat pada saat registrasi itu, dan menurut info yang guruKATRO dapat, katanya  paling telat UPLOAD data EMIS semester gasal 2015/2016 adalah pada tanggal 22 September 2015. Baiklah mari kita ikuti cara cara registrasi:

1. Buat dulu SK penugasan Operator dari Kepala Madrasah, diprint, ditandatangi Kepala Madrasah, di scan dalam format softcopy, dijadikan PDF dengan ukuran maksimal 200kB, (bila ukuran PDF lebih dari 200kB, maka akan ditolak pada saat upload), jadi kita mesti teliti saat membuat PDF tersebut.
contoh SK Penugasan sebagai Operator EMIS:





simpan SK dalam format PDF itu pada folder yang mudah di ingat .. agar disaat harus upload nanti tidak terlalu repot mencari cari......

untuk penjelasan cara membuat file PDF silakan MASUK KESINI

2. Sesudah tersedia file PDF SK Penugasan sebagai Operator EMIS Madrasah, maka langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi, ketik pada browser emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/   lalu klik enter, atau KLIK DISINI SAJA untuk langsung masuk  halaman seperti ini:




jangan dulu masukkan email dan password, ingat!!! anda belum registrasi....
tapi klik dulu tulisan Daftar yang ada dibawahnya,
itu.... yang guruKATRO lingkari dan ada tanda panah merah nya, maka akan masuk halaman seperti ini :



3. Silakan tentukan pilihan pilihan sbb :

Jenis Pengguna : silakan pilih Lembaga
dibawahnya dipilih : Lembaga nonPTKIN
dibawahnya lagi silakan pilih nama tingkatan atau nama lembaga tempat anda akan mendaftar sebagai Operator EMIS, misalnya pilih : Madrasah Ibtidaiyah
berikutnya ketik atau copas NSM Madrasah 
lalu isikan data pribadi anda, untuk email katanya sebaiknya email Madrasah saja, alias jangan email pribadi

# hati hati saat membuat password, pilih lah ejaan yang sulit diketahui orang lain, tapi mudah diingat oleh diri sendiri, (bila lupa = refot kannnn?)

eittttt.... hampir LUPA MENGINGATKAN....
pilihan tahun lahir tertua hanya sampai tahun 2005,
solusinya????
pada baris yang sudah muncul 01/01/2005, ganti ganti saja dengan 01/01/1980 atau tahun lahir anda, maka bila kita klik ulang sudah muncul pilihan tahun yang lebih lengkap.

yah....kira kira seperti ini laaahhh :




klik selanjutnya, maka akan masuk halaman seperti ini :



4. Isi saja semua data Alamat anda sesuai dengan yang tertera pada KTP anda, lalu klik Selanjutnya. maka akan masuk halaman seperti ini :





5. Isikan dan pilih data anda dan Madrasah anda sesuai dengan kenyataan di lapangan, hati hati dan teliti dulu!, bila benar benar sudah positif "BENAR", baru kita upload SK Penugasan sebagai Operator EMIS, dengan cara klik Telusuri, lalu arahkan ke file SK PDF yang disimpan tadi, setelah ketemu SK dalam format PDF itu, klik 2x file tersebut, lalu upload, tunggu hingga proses upload selesai, setelah selesai upload, klik Simpan.

Selesai sudah proses registrasi Operator EMIS,
mau Langsung login ????? boleeeeeeh!
tapi pasti akan dianggap belum registrasi.....
tunggu validasi dari juragan EMIS pusat, biasanya dalam kurang dari 24 jam anda sudah teregistrasi, dan bisa Login

Selamat!!!! Congrtulation.... anda sudah resmi terdaftar sebagai Operator EMIS.

Demikian, tentang "CARA REGISTRASI OPERATOR EMIS 2015" yang bisa guruKATRO sajikan, semoga saja bisa bermanfaat bagi rekan yang sedang ragu atau kebingungan, dan bila ada kekurangannya, guruKATRO mohon penyempurnaan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Wassalaam....

pembaca perlu REFERENSI
penulis perlu NUTRISI
kerja sama yang baik adalah dengan meNONAKTIFKAN AdBlock
BIARKAN IKLAN TETAP TAMPIL PADA HALAMAN INI
Ockey !!!



Demikian tentang CARA REGISTRASI OPERATOR EMIS 2015 yang dapat guruKATRO sajikan, bila ada tanggapan/kritik/saran/pertanyaan, silakan disampaikan pada kolom komentar yang tersedia

terima kasih.


Wassalaamu alaikum

Tidak ada komentar

Arsip

Google+

copyright©2017 guruKATRO
original template "simple" Powered by Blogger
reDesigned by ediTEMP