SUPRA X 125, GEAR 4, SPEED TETAP MAK NYUS

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,
Lima tahun sudah guruKATRO anteng berkendara diatas Honda supra X 125 karbu, dengan jarak tempuh telah/baru melampaui 50.000 km, kalau dirata rata berarti 10.000 km per tahun. Cukup irit di jarak tempuh? atau boros yah??? atau mungkin biasa biasa saja!, maklum jarak ke tempat kerja hanya 4,5 km, bila dihitung PP menjadi 9 km/hari, ditambah beberapa kali kepentingan dinas ke Kecamatan ( atau ke Kabupaten ples demi kepentingan family ke Majalengka (300km, PP=600km), juga beberapa kali agak sering untuk kepentingan pribadi ke Purwokerto (PP 80 km), ketemunya dalam lima tahun baru 50.000 km???!!.

Awal penggunaan, guruKATRO cukup puas dengan sistem gear original supra X 125 karbu (14/35) ini. Dengan keadaan jalan yang mesti ditempuh dalam keseharian yang penuh tanjakan terjal sangat jarang memanfaatkan posisi gear 4!.

Bila sedang berboncengan dijalan yang menanjak, guruKATRO sangat menikmati posisi gear 1 yang kecepatannya melebihi gear 2 motor lain pada umumnya.



Suatu saat, ... ketika si sulung semakin bertambah berat badannya tetapi masih suka nguntit bonceng bareng adik kecil dan ibunya.... guruKATRO mulai merasa kasihan dengan tenaga montor ini, alih alih... tetangga sebelah sebelah yang super baik hati yang sempat diajak curhat tentang masalah itu, segera memberikan gear 13 yang katanya telah cukup lama dibeli namun tak pernah digunakan, dan langsung dipasang ke montor guruKATRO. hasilnya sungguh ajaib, montor Supra x 125 (karbu) keluaran 2010 yang ukuran gear originalnya 14/35, kini menjadi 13/35, dan jadi sedikit lambat di gear 1 (itu pasti) dan bila angkat gas agak gedhean, terasa ada getarnya itu mesin, pokoknya gak sehalu disaat masih 14/35 lah. Tapi tak mengapa... yang penting kini guruKATRO jadi tega mengendarai mesin 125cc tanpa kopling manual, ditindih 4 nyawa dengan bobot total tidak kurang dari 150 kg ples 1 kardus belanja bulanan, pada tanjakan yang cukup terjal.

Beberapa hari berselang setelah dipasang gear 13, secara tidak kebetulan keponakan guruKATRO yang di Majalengka opname di RS Kadipaten!!!, Sembari pergi kesana dengan tujuan bezuk, sekalian tes drive!!!!, Bayangkan.... 5 hari jelang lebaran??? sudah pasti pantura arah ke barat cukup lengang.... jadi guruKATRO yang punya bobot tubuh 80kg ditambah isteri yang membonceng memiliki berat tubuh 65kg, merasa bebas tancap gas, sangat memuaskan speed di posisi gear 4 nya... suer.... waktu itu bila di jalan lurus dan sepi, guruKATRO pasti jadi yang bisa jauh meninggalkan beberapa pengagum kecepatan yang sedang bersamaan ke arah barat saat itu. Agak takut juga siii .... ketika jarum speed meter semakin mendekati angka 140 ????? padahal ketika dengan ukuran gigi original (14/35), untuk bisa mendekati angka 130 juga sangat sulit......

Tapi speed yang mendekati 140 km/jam itu pasti sudah palsu dan tidak akurat lagi, mengingat pengambilan sensor data speed Supra x 125 adalah terletak pada silinder transmisi sebelum gear depan, ini menimbulkan pemalsuan data speedo meter, bila ganti gear depan dengan ukuran yang lebih kecil atau ganti gear belakang dengan ukuran lebih besar, pasti akan menimbulkan angka pada speed meter lebih besar dari yang sesungguhnya. Sebaliknya bila memperbesar gear depan atau memperkecil gear belakang, pasti angka pada speed meter akan lebih kecil dari yang sesungguhnya.

===========================
Cukup lama guruKATRO menggunakan gear montor ini dengan perbandingan 13/35, ketika datangya saat dimana harus ganti rantai  +gear tentunya!

Alamaaaak, ternyata gear 13 terlalu kecil diameternya, sedang supra X 125 pengunci gear depan menggunakan spi, sehingga penampang rantai terkikis oleh ujung spi tersebut.

Dari pengalaman inilah akhinya guruKATRO putuskan untuk tidak menggunakan gear 13, tapi tetap 14 kayak aslinya, dan gear belakanglah yang guruKATRO perbesar ukurannya, dengan resiko tidak bisa menggunakan produk AHM, hitung punya hitung akhirnya guruKATRO memilih perbandingan gear 14/38, yang walaupun agak kelebihan dan bisa menimbulkan getar yang lebih besar lagi, tetapi masih tidak terlalu jauh dari perbandingan 13/35



Mohon maaf bila ternyata hitungan guruKATRO tidak benar, harap maklum ini hasil hitung amatiran.


Sebenarnya secara pribadi guruKATRO lebih cocok ketika menggunakan 13/35, tapi itu tadi masalahnya, penampang rantai terkikis oleh spi pengunci gear. sedang bila memilih 14/37 masih terlalu kecil pendongkrakan tenaga mesinnya, bila dibanding 13/35 masih minus 0.049451 . Akhirnya kini guruKATRO memilih 14/38 dengan dongkrakan tenaga plus 0.021978 bila dibanding 13/35

yang ingin menggunakan 13/35 silakan utak atik spi, agar tidak mengikis permukaan rantai.

Biarpun jadi agak nambah getar, tapi gak papa lah .... yang penting ketika nanjak bawa istri ples 2 anak tetap PD dan bila dijalan datar   gunakan gear 4 masih tetap mak nyusssssss, tarik gas dikit....langsung wuuzzzzz....

hahahahah mohon maaf... pembahasannya kayak orang pinter saja... padahal gak tahu apa apa

20 komentar

  1. makasih atas informasinya, akan saya coba....

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba bisa pada saat pas harus ganti rantai, semoga hasilnya bisa memuaskan

      Hapus
  2. Balasan
    1. satu set depan belakang + rantai pake indopart...

      Hapus
  3. Mas Abdul Hamid,
    Apa setelah pake 14-38, top speed berkurang? Itu gearset semua pake Indopart ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berkurang, tapi sangat sedikit, tidak kentara bila dilihat dengan kasat mata

      yang dirasa enak adalah ketika gigi 4, main main buka tutup gas rasanya maknyus banget,

      sepengalaman saya, jarang banget kalah disaat jalan lurus dan sepi,
      kalah hanya ketika ramai atau banyak tikungan saja,
      mungkin itu lebih karena saya masih takut pada yang namanya kecelakaan.


      betul!!!! saya sudah 2x ganti saya pakai indopart, karena itu yang paling mudah dicari disini

      Hapus
  4. Getarnya itu dari bodi apa dari gearnya om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya getar hanya muncul disaat kita tarik gas terlalu besar pada posisi gigi tertentu [gigi 1 atau 2 saja] atau saat gigi 3 tapi narik gas terlalu pol

      getar muncul bila over tenaga, gigi rendah diberi tenaga terlalu besar.... sehingga terhitung sebagai putaran mesin sugah terlalu cepat

      solusinya kurangi tarikan gas disaat sudah terasa ada getar....

      pada posisi gigi 4 tidak ditemukan getar

      Hapus
  5. mas kalo ukuran gear depan 13 belakang 39 gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. - gear depan 13, sebenarnya gak papa
      tapi sebaiknya grenda dulu kedua ujung spi pengunci, agar tidak makan rantai, atau ganti pengunci spi dengan pengunci jenis baut.

      - untuk ukuran 13/39 pasti akan lebih lambat di gigi 1 atau 2, dan pastinya gigi 4 akan terasa bagai gigi 3, akan lebih kuat di tanjakan, tapi kayaknya akan mulai sulit untuk mengejar kecepatan di jalan datar

      Hapus
  6. kalo gitu sebaiknya pake ukuran 14/38? soalnya saya daerahnya banyak tanjakan. inginya tanjakan oke datar juga lumayan. pake gear set orinya ditanjakan loyo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya 14/38 saja, sebab saya pernah coba 14/39, udah kerasa kurang enak (menurut versi saya)

      kecuali kalau tanjakannya lumayan dan sering bawa beban berat, bisa dicoba 14/39 atau bahkan 14/40

      hanya saja gigi belakang ukuran 39 ke atas, lobang baut udah beda dengan yang ori, bila ingin span, ke empat lubang bautnya di grenda terlebih dahulu sebelum dipasang.

      dan semakin jauh perbedaan perbandingan antara gigi depan dan gigi belakang, maka tampilan angka pada speed meter semakin tidak akurat.

      NB:
      kalau hanya bawa beban ringan2 saja, masih bagus tuh pakai yang original (14/35), dengan syarat kalau nanjak selalu gunakan gigi 1 saja. Toh gigi 1 juga bisa mencapai maximal 40km/h, yang penting, demi ke awetan mesin, usahakan gigi 1 jangan sampai melebihi 40km/jam

      Hapus
  7. Mas Abdul,
    Berapa gear set komplit merk Indopart? Ukuran rantainya yang 428 atau 420? Biasanya, kalo ukuran 428, sedikit berat narik rantainya karena semakin tebal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. - disini 130rb/set
      - ditempat saya adanya cuma yang 428, di tempat lain barangkali ada yang 420,
      - tapi mungkin ukuran 428 itu yang membuat rantai tidak cepat molor, yg ori lebih cepat molor ketimbang yang ini.

      Hapus
  8. oke makasih infonya mas. jarang pake beban berat juga sih. cuma kalo liat daerah saya khususnya sumedang kan daerah pegunungan. kalo saran mas lebih baik pake 14-37 atau 14-38?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan beban lebih sering ringan, kalau 14/37 kayaknya ntar jadi tanggung, pakai gigi 1 kurang cepat, sedang bila gigi 2 ntar gak kuat juga, mendingan 14/38

      gak papa kok, pakai 14/38, di jalan datar malah jadi sangat enak pakai gigi 4

      Hapus
  9. Balasan
    1. ockey, selamat ber eksperimen, semoga hasil bisa memuaskan

      Hapus
  10. ms supra x125 saya pake gear belakang punya gl 100 depan pake 14(14/38) buat nanjak sih enak ,tapi ketika jalan datar bawaannya nambah gigi lagi .
    motornya ga isa gesit

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu pasti karena selera kecepatan anda berada diatas saya, ...

      Hapus

Populer