INFORMASI PERUBAHAN POLA SERTIFIKASI TAHUN 2015

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,
Assalaamu ‘alaikum pengunjung guruKATRO,

Dimalam Ramadhan ini, sebagai peneman penyakit INSOMNIA yang tak kunjung sembuh jua, guruKATRO ingin berbagi informasi mengenai Perubahan Pola Sertifikasi guru 2015. Sebenarnya telah lama informasi ini beredar dan telah lama pula guruKATRO menyimpan di hardisk, namun karena guruKATRO baru mengingatnya, maka tetap saja guruKATRO bagikan info ini,…. ekh! Barangkali masih ada yang butuh informasi ini.

Menurut informasi yang guruKATRO peroleh, Buku 1 Pedoman Peserta Sertifikasi Guru yang dapat diunduh melalui laman sergur.kemdiknas.go.id akan direvisi karena pada tahun 2015, pola PLPG masih akan dilaksanakan pada sebagian calon peserta sertifikasi guru dan sebagian lainnya akan disertifikasi menggunakan pola PPGJ maupun PF.

Dengan adanya penjelasan itu, maka diperkirakan akan dijalani pola sertifikasi guru tahun 2015 paling tidak terbagi dalam tiga kelompok, yaitu :





1. PLPG.

Pola sertifikasi PLPG akan diperuntukkan bagi guru yang sudah mengajar (TMT) sebelum tanggal 1 Januari 2006. Pedoman penetapan pesertanya direncanakan akan dicantumkan didalam Buku 1A Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru yang saat ini masih dalam prosesrevisi. Yang telah menjadi guru sebelum 1 Januari 2006 ini memiliki prioritas lebih besar untuk menjadi peserta sertifikasi guru 2015.


2. PPGJ.

Pola sertifikasi PPGJ akan diperuntukkan bagi guru yang mulai mengajar (TMT) semenjak tanggal 1 Januari 2006 hingga saat ini. Pedoman penetapan pesertanya direncanakan akan dicantumkan didalam Buku 1B Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru yang saat ini masih dalam proses revisi. TMT ini dibuktikan dengan bukti fisik berupa SK pengangkatan sebagai guru yang sah.


3. PF.

Bila tidak ada perubahan, Buku 1A dan Buku 1B ini nantinya dapat diunduh dilaman yang sama yaitu sergur.kemdiknas.go.id yang sampai saat ini masih dalam proses revisi. Dengan adanya revisi ini, dipastikan bahwa Jadwal sertifikasi yang tertera didalam Buku 1 tidak lagi sesuai. Pengumuman hingga pencetakan dokumen A1 akan bergeser.

Tapi perlu juga dimengerti bahwasanya hingga saat ini, guruKATRO tidak tahu apakah pola ini akan berlaku untuk semua guru, termasuk yang dibawah naungan Kemenag ataukah hanya Guru yang berada dibawah naungan Kemdiknas saja??????.

Alangkah baiknya bila pengunjung guruKATRO sekarang langsung saja mengunjungi   sergur.kemdiknas.go.id  

Demikian Sekilas info yang pernah didapat oleh guruKATRO, semoga ada manfaatnya bagi rekan yang tengah mencari informasi pelaksanaan Sertifikasi Guru pada tahun 2015 ini.

Terima kasih
Wassalaam….

No comments

Populer

Arsip