PANDUAN OPERATOR MADRASAH PADAMUNEGERI

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,
Assalaamu 'alaikum guruKATROmania pengelola Madrasah,

Materi ini akan terus di update, disesuaikan dengan perkembangan kebijakan situs padamunegeri, dan yang akan dibahas disini HANYALAH sesuatu yang sebenarnya merupakan TUGAS OPERATOR MADRASAH, namun banyak OPERATOR MADRASAH yang MENGABAIKAN, karena memang tidak terlalu urgen dengan update data PTK, namun sebenarnya cukup urgen bagi kepentingan MADRASAH SECARA UMUM

Pada kesempatan ini guruKATRO ingin berbagi informasi tentang apa saja yang harus dilakukan oleh seorang OPERATOR MADRASAH, dalam urusan login di situs padamunegeri. Semaksimal mungkin guruKATRO berusaha agar artikel ini bisa 99,99% sesuai dengan apa yang dipersyaratkan oleh aplikasi online padamunegeri, oleh karena itu nantinya akan ada bahkan sebagian besar isi artikel ini bersumber langsung dari situs tersebut, dengan harapan tidak terlalu banyak terjadi penyimpangan persepsi, kalaupun akan ada redaksi murni sendiri, itu pasti hanya bersifat menambah jelas atau memberekan cara cara nya saja.

Pada dasarnya OPERATOR MADRASAH bisa langsung mempelajari ini materi pada situs padamunegeri-sekolah-bantuan online, tapi harus pula diakui bahwa disana sifatnya masih sangat mendasar, sehingga banyak OPERATOR MADRASAH yang masih tetap kurang mengerti, walaupun telah berusaha mempelajari dengan seksama

guruKATRO berani mengangkat PANDUAN OPERATOR MADRASAH PADAMUNEGERI, karena sejak awal launching situs padamu hingga tahun 2015 ini, guruKATRO selalu dan masih menjadi OPERATOR MADRASAH. Tahun 2013, hanya untuk Madrasah sendiri, tahun 2014 mewakili 4 MI, dan di tahun 2015 ini mewakili 6 MI  sebagai OPERATOR MADRASAH PADAMUNEGERI, dan pada ketiga tahun tersebut, guruKATRO merangkap sebagai OPK, sebuah jabatan semu, semi resmi yang tugasnya semacam koordintor OPERATOR MADRASAH PADAMUNEGERI pada tiap kecamatan. ( kreasi kemenag.padamunegeri)

Walaupun pada akhirnya tetap saja guruKATRO memohon maaf bila apa yang dipaparkan disini ternyata tidak membantu para OPMAD, atau bahkan menambah bingung, tetapi marilah kita mulai saja membahas tentang bagaimana seharusnya kerja seorang OPERATOR MADRASAH PADAMUNEGERI :

A. Mengisi Informasi Madrasah

1. Profil Sekolah
Pada login opmad



silakan pilih tab "Sekolah", lalu pilih sub Tab pada sebelah kiri "Profil Sekolah"





bisa juga dengan langsung klik pada image Profil Sekolah (lingkaran merah dibawah)



1.1 Info sekolah

Menu Info sekolah berisi keterangan sekolah yang bersangkutan seperti nama sekolah, NPSN, alamat sekolah logo sekolah dll. Untuk dapat menggunakan menu info sekolah, silakan ikuti langkah berikut :

1. Klik pada menu sebelah kiri Pofil dan anda akan diarahkan pada dasbor profil
2. Klik Lihat Info Sekolah
3. Klik pada ikon pensil untuk melakukan edit data
4. Anda dapat melakukan edit data sekolah, alamat sekolah, kontak sekolah dan logo sekolah







1.1.1 Edit Data Sekolah

Untuk melakukan edit data sekolah silakan klik ikon pensil pada bagian data sekolah kemudian lakukan edit data sekolah dan simpan, seperti gambar dibawah ini :








1.1.2 Edit Logo Sekolah

Untuk melakukan edit logo sekolah, silakan ikuti langkah-langkah berikut:
1. Klik ikon pensil di sebelah logo sekolah yang masih kosong untuk melakukan edit logo
2. Pilih file logo sekolah yang sudah disiapkan dengan mengikuti aturan yang ditentukan
3. Klik unggah, kemudian Simpan





1.1.3 Edit Alamat Sekolah

Untuk melakukan edit alamat sekolah silakan klik ikon pensil pada bagian alamat sekolah kemudian lakukan edit alamat sekolah dan klik simpan, seperti gambar dibawah ini:







1.1.4 Edit Kontak Sekolah

Untuk melakukan edit kontak sekolah silakan klik ikon pensil pada bagian edit kontak kemudian lakukan edit kontak sekolah dan klik simpan, seperti gambar dibawah ini :

    Klik icon pensil
    Kemudian masukkon kontak sesua dengan media sosial yang tersedia
    Jika ingin tambah kontak, silahkan klik icon Plus lalu pilih media sosial yang diinginkan
    Jika sudah klik Simpan









1.1.5 Edit NPSN

Program PADAMU NEGERI menggunakan basisdata NUPTK periode 2006 – 2012 yang menggunakan referensi NPSN versi lama (DAPODIK.ORG periode 2006 – 2011). Hal ini terjadi karena pada masa VerVal NUPTK periode 2011/2012 lalu BPSMDPK-PMP melaksanaan pemutakhiran dan pemetaan NUPTK dengan NPSN versi lama tersebut. Info tentang arsip NPSN versi lama dapat diakses di http://dapodik.org/arsip-npsn/

Pada pelaksanaan VerVal NUPTK periode 2013 melalui PADAMU NEGERI sangat perlu tetap menjaga kesinambungan dari hasil VerVal NUPTK periode sebelumnya. Oleh karena itu mengapa di Surat Aktivasi Akun yang diterima oleh Sekolah kemungkinan akan terjadi perbedaan  antara SIAPID (NPSN versi lama) dengan NPSN versi baru sebagaimana dipublikasikan di situs http://referensi.data.kemdikbud.go.id/


Untuk mengedit / mengganti NPSN Sekolah Anda, silakan ikuti langkah singkat berikut :

1. Pada dasbor PADAMU SEKOLAH, pilih menu Sekolah >> Profil >> Lihat Info Sekolah.





2. klik ikon pensil pada bagian edit data kemudian lakukan edit NPSN sekolah Anda seperti pada gambar berikut:




3. Input NPSN sekolah Anda, silakan menuju halaman berikut [KLIK] untuk referensi NPSN sekolah Anda, tentukan daerah sekolah Anda berada.





4. Klik Simpan dan NPSN Anda telah berubah.  







Selanjutnya
B. Pemeriksaan verval Fakta Integritas

Pemeriksaan oleh OPMAD tentang hasil verval Fakta Integritas yang  dilakukan oleh Admin (s08) bagi PTK baru..... akan dilanjut pada kesempatan mendatang.....selamat menunggu....

Tidak ada komentar

Populer