NISN SISWA MADRASAH HAMPIR TERBIT

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,
Sekian lama kita semua merasa sangat tidak sabar, menunggu diterbitkannya NISN bagi peserta didik kita (Madrasah Ibtidaiyah). Maklum, empat tahun pelajaran terakhir ini, tepatnya sejak ditetapkan Surat Keputusan tentang pemberian NISN bagi peserta didik yang sedang menuntut ilmu pada sekolah yang berada dibawah naungan Kementerian Agama, tidak diijinkan mengusulkan NISN langsung kemdikbud, akan tetapi harus melalui data EMIS terlebih dahulu, sejak terbit SK itulah NISN peserta didik kita tidak pernah terbit hingga kini, hingga peserta didik yang belum mempunyai NISN ini telah duduk di kelas IV,
sedangkan tetangga kita sebelah, sama sekali tidak ada kendala dengan NISN peserta didiknya, DISANA, tiap tahun pelajaran pasti diikuti pemberian NISN bagi peserta didik baru dan juga bagi peserta didik lama yang NISN nya bermasalah.

Ada berbagai masalah yang telah kita hadapi disaat menangani beberapa kepentingan yang berkaitan dengan peserta didik kita yang kini berada di penghujung kelas 4, akhir juni nanti dia sudah kelas 5!, (kecuali yang tidak naik kelas tentunya). Kadang kita agak berat untuk menjelaskan ke publik, bahwa peserta didik kita memang belum mempunyai NISN, harap maklum karena sekolah tetangga itu benar benar tetangga sebelah dari Madrasah tenpat KATRO mengabdi. Misalnya ketika ada peserta didik mutasi dan pihak sekolah tujuan meminta NISN ?????, apalagi ketika ada Rombongan ibu ibu wali murid yang akan menerima pencairan dana bantuan untuk orang tertentu yang mengharuskan memenuhi persyaratan data putera puterinya yang sedang belajar di MI, untuk melengkapi data kependidikannya, termasuk didalamnya ada persyaratan NINS????. Kecut ... terus terang ketika KATRO terpaksa harus menjelaskannya.



Alhamdulillahi Rabbil Aalamiin, pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, Aplikasi yang bertugas memvalidasi Penerbitan NISN bagi peserta didik Madrasah Ibtidaiyah sudah terintegrasi dengan Aplikasi EMIS. Hal ini bisa di artikan bahwa harapan kita untuk segera memiiki NISN bagi peserta didik kita akan segera terwujud, dan kita tida kikuk lagi disaat ada kepentinga peserta didik yang memerlukan data NISN.


Aplikasi Validasi NISN yang telah terintegrasi dengan Aplikasi EMIS ONLINE, sudah beberapa hari ini sedang dimanfaatkan fungsinya, kita tidak tahu seperti apa kinerjanya, karena bukan kita yang melakukan validasi, juga belum tahu akan seperti apa hasilnya, karena yang berhak dan bisa melakukan validasi NISN peserta didik Madrasah melalui Aplikasi EMIS ONLINE adalah Operator EMIS Kabupaten. Yang bisa dan sangat baik untuk kita lakukan sekarang adalah berdo'a agar proses Validasi NISN peserta didik kita bisa berjalan lancar, tanpa adanya kendala yang terlalu berarti, sehingga NISN peserta didik kita akan segera terbit.


Akhir kata Semoga di awal tahun pelajaran 2015/2016, seluruh peserta didik kita benar benar telah mempunyai NISN, Aamiin...


Demikian Posting tentang NISN PESERTA DIDIK MADRASAH YANG HAMPIR TERBIT, semoga tulisan bisa dan mampu membuat kita bertambah membara semangatnya didalam memenuhi kewajiban kita sebagai Pengelola Madrasah.

terima kasih

Wassalaamu 'alaikum wr. wb.

No comments

Populer

Arsip