MENENTUKAN PERSENTASE/PROSENTASE

Assalaamu alaikum pengunjung guruKATRO,
PERSEN atau PROSEN, adalah bahasa matematikanya pecahan dengan penyebut angka 100, atau per seratus. Sebagaimana  telah mia bahas pada posting dengan judul "MENGUBAH PECAHAN BIASA DAN DESIMAL MENJADI PERSEN". Pada Posting kali ini, masih berkaitan  dengan persen, bahkan bisa dikatakan bahwa disinilah sebenarnya letak pembahasan persen yang sesungguhnya.

Sebenarnya untuk menentukan persentase itu bukanlah hal yang sulit, bahkan bisa disebut "sangat mudah", masih ragu atau tidak percaya dengan yang mia ????

Langsung saja kita  pelajari contoh .... !!! KALIKAN SAJA PECAHAN ITU DENGAN ANGKA 100%, ............. atau yang lebih mudah dipahami adalah dengan cara mengalikan pembilangnya dengan angka 100  ...... %,    .......... kemudian hasilnya kita bagi dengan penyebutnya : atau yang lebih mudahnya lagi bila dijelaskan "pembilangnya di tambahi dua buah nol dibelakangnya, baru kemudian dibagi oleh penyebutny" hihihihihihi....



Atau bila asalnya merupakan pecahan desimal, dan bila pecahan itu mempunyai dua desimal (dua angka dibelakang koma), maka bisa langsung ketemu, karena dua desimal sama saja dengan perseratus. KITA TINGGAL MEMBUANG TANDA KOMA, LALU BERI LAMBANG PERSEN DIBELAKANGNYA :



bila pecahan desimal itu hanya memiliki satu angka dibelakang koma, maka tinggal kita BUANG  TANDA KOMA, LALU KALIKAN 10, DAN HASILNYA DIBERI LAMBANG PERSEN DIBELAKANGNYA :



dan bila pecahan desimal itu mempunyai 3 angka dibelakang koma, maka tinggal GESER KOMA , DUA LANGKAH KEBELAKANG, DAN BERI LAMBANG PERSEN DIBELAKANGNYA :



eh .... jangan kebanyakan contoh dari pecahan desimalnya, mari kita langsung saja menuju ke laut... eh ....menentukan persentase suatu bagian dari jumlah keseluruhan (biasanya untuk menyelesaikan soal cerita), dan disini akan digunakan rumus :



CONTOH SOAL CERITA :

Pekerjaan orang tua siswa kelas 4 MI AL FALAHIYAH  terdiri atas Petani 16 , Pedagang 6 , Buruh 14 dan PNS 4. Tentukan persentase masing masing jenis pekerjaan orang tua siswa kelas 4 MI AL FALAHIYAH tersebut!.

Untuk memudahkan pengerjaan, kita bisa menyajikan data tersebut ke dalam sebuah tabel :

Tabel data pekerjaan orang tua siswa kelas 4 MI AL FALAHIYAH



Diketahui bahwa jumlah seluruhnya ada 40 siswa, ini berarti penyebutnya menggunakan angka 40. Jadi cara menghitungnya adalah jumlah jenis pekerjaan dikalikan 100 kemudian dibagi 40. Mari kita jalani satu per satu persentase tiap tiap jenis pekerjaan orang tua siswa kelas 4 MI AL FALAHIYAH, sbb :

1. Petani = 16 dari keseluruhan 40.



2. Pedagang = 6 dari keseluruhan 40.



3. Buruh = 14 dari keseluruhan 40.



4. PNS = 4 dari keseluruhan 40.



JUMLAH PERSENTASE DARI SEMUA BAGIAN HARUS PAS 100%.

MARI KITA CEK JUMLAH PERSENTASE DARI KEEMPAT JENIS PEKERJAAN DIATAS :

1. PETANI = 40 %
2. PEDAGANG = 15 %
3. BURUH = 35 %
4. PNS = 10 %

40% + 15% + 35% + 10% = 100%

Jadi kesimpulannya sudah benarlah jawaban persentase keempat   jenis pekerjaan diatas.

2 comments

  1. bagus , menarik sanagt penuh wawasan
    update juga info yang lain nya
    terimakasih

    ReplyDelete
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Populer

Arsip