APLIKASI PENGOLAH DATA SISWA PERUSIA PERJENIS KELAMIN

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Alhamdulillaahi Rabbil 'alamiin, hingga detik ini, oleh Yang Maha Kuasa, Allah Subhaanahu wata'alaa, KATRO masih diberi kesempatan menikmati indahnya dunia, dan semoga kita semua akan mampu menjaga agar tetap berada dalam lingkaran kegiatan yang bermanfaat, serta terjauh dari aktivitas yang mudharat.

Tadi siang...tululit!tululit.... ada SMS masuk ke HP jadul saya.... dari nomor AS (+628522671xxxx) yang tak kukenali....kelihatannya sih masih cukup dekat posisi, tak jauhlah dari brebes, atau bahkan masih dalam distrik Brebes???? setelah dibaca,  isinya "pk,ni dari mts,stlh sy coba simpl bngt,tp aplikasi rekap data usia untk mts da pak?" ya saya lz "akan saya buat dan uploadkan, tapi ke KATRO, bukan ke mia ???.... seperti aplikasi aplikasi terdahulu.



Harap Maklum, kali ini saya sedang berusaha belajar tidak terlalu terikat dengan embahnya mia, walaupun hingga hari ini dan beberapa tahun kedepan, sepertinya saya masih tetap berada di lingkaran embahnya mia, akan tetapi tidak tertutup kemungkinan bahwa pada saatnya nanti saya harus terlepas dari embahnya mia, bisa karena usia yang semakin udzur, lalu datanglah masa pensiun, atau karena mutasi (yg lagi diingini KATRO), karena itu saya putuskan untuk memindah beberapa posting yang dulu telah terlanjur di publikasikan via mia, menjadi postng baru di KATRO, dan posting pertama original KATRO ini mungkin yang akan melandasi posting posting berikutnya di blog KATRO (ari esih bisa&sempat).

Jadi teringat, kemarin lusa, ketika Update EMIS semester ganjil 2014/2015, saya menemukan banyak Madrasah yang setelah upload data siswa, ternyata terjadi TIDAK VALID pada jumlah siswa L/P antara yang tertera pada rekap data siswa dan hasil upload data siswa, bagi yang sering mengalami kendala seperti itu, ini adalah pilihan aplikasi yang sangat membantu.

Menindaklanjuti janji saya tadi siang itu, kini saya posting "APLIKASI PENGOLAH DATA SISWA PERUSIA, PERROMBEL,PERKELAS, PERJENIS KELAMIN" (panjang banggged), Aplikasi ini bukan hanya bisa digunakan oleh MTs, tetapi SMP pun bisa!, bahkan MA atau SMU/SMK, dengan syarat maksimal paralel Rombongan Belajar 4 rombel perkelasnya (12 kelas), bagi yang menginginkan lebih dari 12 kelas, yoooo pesen lagi kaleeeee.

Pada halaman awal saya sediakan edit "NAMA KELAS" dan "NAMA ROMBEL", ini saya maksudkan agar lebih fleksibel, bila digunakan MTs/SMP, silakan isi kelas dengan 7,8,9 dan isi rombel dengan 7A, 7B, 7C, 7D, 8A, 8B, dst. Dan bila digunakan oleh MA/SMU/SMK, silakan isi kelas dengan 10, 11, 12 dan isi rombel dengan 10A, 10B, 10C, 10D, 11A, 11B, dst. Atau bila anda lebih suka menulis kelas dengan bilangan Romawi, silakan ketik pada halaman awal itu nama kelas dan nama rombel dengan menggunakan angka romawi, misalnya : kelas VII, VIII, IX, X, XI, XII, dan rombel misal VII.A atau XI.2, terserahlah sesuka anda atau yang diterapkan pada Madrasah/Sekolah anda.

Edit data kelas dan rombel itu, cukup pada halaman awal saja, maka pada halaman lainnya akan secara otomatis mengikuti dengan sendirinya (kalau tidak begini ya namanya bukan aplikasi!)
KLIK GAMBAR UNTUK MELIHAT LEBIH JELAS


Bila Rombel kurang dari 4 pada semua kelas atau kelas tertentu,  misal kelas 8 hanya 2 rombel, maka isi saja rombel 8A , 8B, dan kolom 8C, 8D biarkan kosong. Pada halaman isi data siswa pada rombel 8C, 8D itu  jangan diisi apapun, terutama kolom L/P (Jenis Kelamin).

Pada semua halaman pengisian data siswa, pada sheel AL6 (sheel berwarna hijau), silakan editsesuaikan batasan usia siswa. Pada aplikasi, saya buat 1 juli 2014 (patokan tahun pelajaran baru 2014/2015), dengan rumus =DATEDIF(F6,"1/7/14","y"), misalnya bila data usia akan dihitung pada tanggal 12 Januari 2015, maka rumus itu diubah menjadi =DATEDIF(F6,"12/1/15","y") yang diubah hanya tanggal/bulan/tahun saja. Bila sudah edit sesuai tujuan anda, segera klik ENTER.... INGAT !!! "jangan klik sheel lain dengan mouse" sebelum klik ENTER, karena akan dianggap meng copy data dari sheel yang di klik dengan mouse itu, pasti rumus akan jadi berantakan!!!. Tanda Koma pada rumus itu bila komputer menggunakan setting language en-US, sedang bila komputer anda menggunakan setting Bahasa Indonesia, maka koma itu diganti titik koma =DATEDIF(F6;"1/7/14";"y") hehehehe atau biar tidak nambah puyeng, jangan pikirkan itu, karena akan secara otomatis koma atau titik koma itu menyesuaikan diri


Bila sudah tekan ENTER, klik kembali sheel AL6 tersebut, lalu arahkan kursor ke bagian kanan bawah kotak sheel AL6, hingga kursor membentuk tanda plus hitam besar ( + ), tekan dan tahan klik kiri mouse, sambil tarik kebawah hingga sejumlah siswa, maka secara otomatis watak excel, rumus itu akan diikuti oleh semua siswa. Sesudah jadi dalam satu halaman rombel, sebenarnya sih bisa blok, copy lalu paste pada halaman rombel lainnya, tapi saya tidak sarankan bagi yang belum terlalu menguasai excel.

Isi data siswa pada tiap halaman rombel, bila ingin ringan pada saat update EMIS mendatang, silakan isi kolom semuanya, dan semuanya sudah sesuai standar EMIS, maklum halaman itu saya copy dari aplikasi EMIs semester ganjil 2015/2015 (semoga saja kedepannya format data EMIS tidak berubah ubah terus) seperti sehingga kini.


Tapi bila niatan anda hanya untuk membuat REKAP DATA SISWA MENURUT ROMBEL, KELAS, JENIS KELAMIN DAN USIA, MAKA CUKUPLAH COPY TANGGAL LAHIR (TANPA TEMPAT LAHIR), DARI DATA YANG TELAH ADA, DAN PASTE VALUES PADA KOLOM TANGGAL LAHIR (dd/mm/yyyy), bila format tanggal asal belum seperti itu, sebaiknya ubah dulu menjadi dd/mm/yyyy

Tak lupa juga saya sertakan yang untuk MI, (kasihan bila tidak punya aplikasi dengan tampilan baru, dengan fitur yang lebih familiar, dan macth dengan EMIS.

Demikian tentang "APLIKASI PENGOLAH DATA SISWA PERUSIA, PERROMBEL,PERKELAS, PERJENIS KELAMIN", semoga bisa datangkan manfaat bagi yang membutuhkannya

link download sudah diperbaiki!!!
terima kasih atas pemberitahuan KATROmania

Untuk MTs/SMP/MA/SMU/SMK silakan   UNDUH DARI SINI  
dan
Untuk MI/SD silakan   UNDUH DARI SINI  

Terima kasih
Wassalaamu 'alaikum wr. wb



BARU!!!!!!

APLIKASI REKAP DATA SISWA SESUAI EMIS 2015/2016

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang APLIKASI PENGOLAH DATA SISWA PERUSIA PERJENIS KELAMIN yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih