Cara Mudah Mengatasi Body Plastik Motor Yang Bergetar

Sepeda Motor, terutama jenis Cup atau jenis bebek, rata rata sebagai penutup auratnya menggunakan sangat banyak body plastik, alasan sang produsen adalah plastik lebih awet, lebih flexible, lebih murah, lebih mudah diganti dan lebih dan lain lain. Terutama bila dibinding body metal yang bisa saja penyok ataupun berkarat.

Namun bukan berarti body plastik tidak memiliki kekurangan, sebab pada kenyataannya ada segudang kelemahan yang mengintai body yang terbuat dari bahan plastik tersebut, salah satu diantaranya yang akan dibahas disini adalah efek dari sambungan plastik yang sering menimbulkan suara gemretek, karena getaran disaat sepeda motor diajak jalan jalan, atau bahkan ketika hanya dinyalakan mesinnya saja.

Sudah sangat banyak keluhan tentang hal tersebut, baik melaui media offline maupun online, namun hingga saat ini sepertinya hal tersebut masih kurang menjadi perhatian oleh sang produsen. Mungkin karena hal tersebut tidak masuk dalam skala prioritas kualitas bagi produsen sepeda motor, bahkan kemungkinan yang terbesar justru hal itu disengaja untuk alasan menekan biaya produksi, agar bisa bersaing harga jual dengan produsen merk sebelah.

Sebagai konsumen tentunya kita sangat menginginkan hal itu segera diatasi oleh sang produsen, namun kita juga perlu mempertimbangkan bahwa dengan pemenuhan standar kualitas sesuai keinginan pengguna itu pasti akan mempengaruhi harga jual. Sehingga pastinya sebuah sepeda motor dengan spec yang sama, harganya akan lebih tinggi bila sudah menggunakan body plastik yang lebih baik kualitasnya.

Getaran itu sebenarnya bukan mutlak karena bahan yang tipis, akan tetapi ada keadaan lain yang juga menyebabkan hal itu terjadi, yaitu kualitas sambungan diantara komponen antar body plastik tersebut, dan pada kenyataannya, hal kualitas sambunganlah yang lebih banyak mencipta suara getar tersebut.

Sementara sebelum sang produsen mau merespon keluhan pengguna, atau sebelum harga sepeda motor sedikit naik gara gara produsen harus menambah modal demi bisa memasang body plastik yang lebih bagus, ada cara mengatasi suara getar itu yang biasa guruKATRO lakukan



Prosesnya sangat mudah, hanya memerlukan sedikit ketelitian demi menghindari pecah, dan di dukung dengan beberapa jenis kunci ukuran kecil serta obeng. Dan yang menjadi senjata utama dalam langkah ini adalah segulung LAKBAN tebal mengandung benang dan yang penting empuk.

Cukup yang sempit saja, jangan terlalu lebar seperti pada gambar diatas, lebar 1 1/2 atau 2 cm saja sudah cukup. Bila terlalu lebar justru akan menambah pekerjaan baru, yaitu harus mengurangi ukuran lebar disaat memasangnya. Juga hal ini akan tergolong sebagai pemborosan, karena biasanya kita akan susah memanfaatkan sisa sobekan lakban.

Langkah mudahnya sebagai berbagai berikut, dan bagi yang sempat menganggap bahwa langkah langkah di bawah ini terasa sebagai sbuah kesulitan, silakan gunakana jasa orang yang bisa melakukannya [guruKATRO juga mau  heheheheh.... :D :D :D].

Setelah bagian body plastik yang akan dibuang efek getarnya itu sudah dibongkar dan telah dipegang erat pada tangan, Dengan Lakban yang tebal dan empuk itu, mulailah untuk melapisi seluruh permukanan sambungan dan juga bagian bagian yang sekiranya mudah bersinggungan dengan komponen komponen lainnya.

Usahakan seluruh permukaan lakban menempel pada bagian sambungan dan bagian dalam body plastik, dan jangan sampai ada bagian lakban yang menonjol dan terlihat nongol keluar .... iiiih ntar malu malu'in ......

Setelah semua permukaan sambungan dan bagian bagian yang sekiaranya bisa bersinggungan dengan komponen lain itu telah dilapisi lakban, coba pasang kembali, agak lebih sulit ??? tentu, karena pengaruh penambahan lapisan lakban tersebut.

Paksa saja agar bisa duduk seperti semula. Namun perlu diperhatikan juga bahwa kita mesti gunakan perasaan disaat memaksa, bila salah langkah atau terlalu kasar, akibatnya mungkin akan membuat rusak alat yang sebenarnya ingin diperbaiki itu. Jadi sia sia dan menyesal pastinya.

Tidak ada komentar:

Arsip

Google+

Uppsss! ..... Gagal Muat

Coba
aktifkan Java script
atau
nonaktifkan AdBlock
kemudian klik :

Refresh
Atau cobalah buka dengan browser lain .....