KERUSAKAN INI KADANG MENIMPA MESIN CUCI MASIH BARU

Kadang mesin cuci yang tergolong masih baru sekalipun, bisa mengalami kendala yang berupa tidak berputarnya motor listrik penggerak mesin. Dan pada mesin cuci dua tabung, diantara dua motor penggerak yang ada, motor penggerak mesin pengering yang lebih sering atau lebih cepat mengalami kendala bila dibanding dengan motor penggerak putaran mesin pembilas. Hal itu disebabkan oleh kinerja mesin pengering yang di atur untuk berputar lebih cepat, bahkan sangat cepat.

Bila kerusakan semacam itu (motor listrik tidak mau berputar) terjadi pada mesin cuci, baik itu menimpa motor penggerak mesin pembilas maupun motor penggerak mesin pengering. Jangan panik dulu!, karena kemungkinan paling besar kerusakan itu sebenarnya tidak langsung menimpa motor itu sendiri. Dan tentunya biaya pembelian spare part juga akan jauh lebih murah bila dibanding kerusakan langsung menimpa motor penggeraknya.

Kapasitor adalah komponen mesin cuci yang mempunyai fungsi sebagai penentu arah putaran motor penggerak untuk motor listrik yang menggunakan supply arus listrik bolak balik (arus AC). Karena fungsi seperti itulah yang menyebabkan motor tidak bisa berputar bila kapasitor rusak.

Sebagai Contoh sekaligus inspirator Posting ini adalah Mesin cuci milik guruKATRO




sendiri yang ketika baru berusia kurang dari satu tahun, ternyata telah mengalami penyakit sejenis diatas, saat itu yang mogok diajak kerja sama adalah mesin pengeringnya.... tidak mau berputar, sehingga selama kurang lebih satu pekan sebelum guruKATRO punya sempat untuk meraparasi, istri tercinta diberi pekerjaan tambahan memeras hasil bilasan terlebih dahulu sebelum cucian tersebut di jemur.

Baru sekitar sepekan kemudian, guruKATRO berkesempatan untuk membuka itu mesin cuci. Setelah melepas kabel sumber listrik kemudian diikuti membuka cover belakang, dilanjut coba memutar motor dengan tangan itu motor listrik yang ternyata masih halus gerakan putarannya. Langsung saja yang diperiksa adalah KAPASITOR. Namun guruKATRO yang pada waktu usia muda pernah jadi bengkel elektronik, tidak langsung memvonis bahwa "KAPASITOR ITU TELAH MATI". Karena pada kenyataannya kerusakan kapasitor itu kadang hanya terjadi karena "MENYIMPAN LISTRIK STATIS" saja, dan bila benar keadaanya hanya seperti itu, maka hanya dengan sedikit langkah mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli spare part dan/atau jasa reparasi pun, mesin cuci akan bisa bekerja kembali seperti sedia kala.


Ada beberapa jenis mesin cuci yang meletakkan secara terpisah kedua kapasitor tersebut, untuk keadaan seperti ini sangatlah mudah untuk mencari kapasitor mana yang dipasang untuk mesin pembilas dan mana  yang untuk mesin pengering. Namun beberapa jenis mesin cuci (seperti merk sharp yang guruKATRO miliki), dua buah kapasitor itu dipasang dalam satu tabung tertutup !!!!,



ditimpa lem/dempul pula hingga rapet bangget.... Bila dipaksa buka tanpa peralatan khusus, pasti akan rusak itu box dan kapasitor didalamnya, Sehingga pertama kita harus coba mempelajari arah kabel. Disini yang memerlukan ketelitian dalam mengamati kabel kabel untuk mencari masing masing tugas kapasitor tersebut. Keadaan kapasitor yang dibungkus menjadi satu juga akan berakibat bila terjadi kerusakan pada salah satunya, kita dipaksa harus membeli dua buah kapasitor sekalian dalam satu paket tersebut (ini bila kita menghendaki komponen tetap original). 

Lanjuut..... Jangan LUPA!!! "LEPAS DULU SALURAN KABEL LISTRIK DARI DINDING" agar kita tidak "KESETRUM" dan saatnya kita menemukan dua utas kabel saluran dari kapasitor yang menuju motor pemutar mesin pengering.

Kita akan mencoba menentukan sendiri "APAKAH KAPASITOR TERSEBUT BENAR BENAR SUDAH MATI" ataukah hanya "MENYIMPAN LISTRIK STATIS" saja.

Caranya dengan  membuat luka pada dua utas kabel (dari dua kaki kapasitor yang tidak terlihat) menuju motor mesin pengering.

AWASSS !!! ... bila kapasitor sedang menyimpan arus listrik statis, bila kita menyentuh kedua ujung kabel terbuka secara bersamaan, akan terkena sengatan listrik, walau hanya sekejap dan sekaligus bertindak sebagai langkah membuang simpanan listrik didalamnya, tapi cukup mengejutkan bahkan bisa membuat bekas luka bakar selebar permukaan kabel tersentuh tersebut. Maklum listrik yang tersimpan dalam kapasitor bisa mencapai 500 volt atau lebih.

Bila sudah berhasil membuat kabel terbuka sekitar masing masing 1/2  hingga 1 cm, saatnya membuang listrik statis yang tersimpan dengan cara menyambungkan kedua bagian kabel yang telah terbuka itu.

Thet!!! pasti akan timbul ledakan kecil namun kadang cukup keras, kadang juga tidak ada sama sekali. Coba sambungkan lagi beberapa kali hingga benar benar kapasitor kosong dari arus listrik.

Langkah berikutnya, untuk menghindari sengatan listrik atau korslet, segera bungkus bekas luka pada kedua kabel itu menggunakan isolasi. dan kemudian pasang kembali saluran listrik, diikuti mencoba menyalakan mesin cuci .... Bila nasib sedang baik, Biasanya mesin cuci akan bekerja normal kembali.

Bila ternyata motor tetap tidak berputar, coba ulang kembali langkah diatas barang dua tiga kali, bila tetap tidak bisa, itu berarti BENAR BENAR kapasitor yang mati. Dan itu berarti pula kita harus membeli kapasitor yang baru, bila merasa tidak mampu, serahkan pekerjaan ini kepada ahlinya, namun bila cukup percaya diri, catat ukuran dan spesifikasi kapasitor, atau bila perlu lepas kapasitor itu dan bawa sebagi sample disaat membeli yang baru.

Sebelum berangkat membeli kapasitor yang baru, alangkah baiknya bila tes terlebih dahulu itu kapasitor, menggunakan ohm meter, coba dengan skala 10 kilo ohm, coba sambungkan kedua pin tester pada kedua kaki kapasitor secara bersamaan,
bila jarum tester tidak bergerak coba tukar sentuhan ujung pin tester dengan posisi terbalik pada kaki kapasitornya, dan dicoba berulang ulang dengan gonta ganti posisi kaki kapasitor,

  1. Bila jarum tester bergerak menuju nilai tertentu kemudian secara perlahan kembali lagi ke nilai nol, berarti kapasitor masih bagus
  2. Bila jarum bergerak ke nilai tertentu namun tetap disitu dan tidak kembali lagi, atau kembali tapi tidak ke posisi nol, berarti kapasitor sudah korslet dan harus diganti.
  3. Bila sudah di bolak balik tetap saja jarum tester tidak bergerak sama sekali, berarti kapasitor memang sudah mati karena kering, dan segera berangkat membeli yang baru.



Bila sudah ganti yang baru tetap saja tidak bergerak itu motor listrik, mungkin kerusakan pada badan motor itu sendiri.


NB :
  • Dengan tujuan agar tidak melukai kabel kapasitor, bisa dengan langkah melepas konektor (sambungan) yang letaknya di bagian tepi diikat erat dan dibungkus menggunakan alluminium foil.
  • Namun guruKATRO tidak menyarankan, karena cukup sulit untuk membuka alluminium foil dengan tanpa ter SOBEK (kecuali bila sedang punya cadangan aluminium foil.  Dan juga cukup sulit menyambung kembali itu konektor dengan kekuatan sambungan seperti aslinya.
  • Terutama pada mesin cuci dengan usia yang lebih lanjut, kerusakan bisa saja terjadi pada bagian lainnya, misalnya saklar, timmer atau bahkan pada motor listrik itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Arsip

Google+