KERANGKA DASAR DAN STRUKTUR KURIKULUM 2013 MADRASAH bag. 3

Berikut guruKATRO sajikan lanjutan Kerangka dasar dan struktur Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Departemen Agama Republik Indonesia, pada posting ini sudah sampai pada bagian tiga, dan Alhamdulillah ini merupakan bagian akhir dari keseluruhan posting tentang Kerangka dasar dan struktur Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Departemen Agama Republik Indonesia. Pada posting bagian tiga atau posting terakhir untuk bab ini,
dimulai dari

Tabel 7. Mata Pelajaran MAK Bidang Keahlian Kesehatan
hingga yang terakhir adalah :
Tabel 13: Mata Pelajaran MAK Bidang Keahlian Seni Pertunjukan.

Dengan suksesnya posting bagian tiga Kerangka dasar dan struktur Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Departemen Agama Republik Indonesia ini , berakhir pula bagian bagian posting tentang Kerangka dasar dan struktur Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Departemen Agama Republik Indonesia



Tabel 7: Mata Pelajaran MAK Bidang Keahlian Kesehatan

Mata Pelajaran
Kelas dan Semester
X
XI
XII
1
2
1
2
1
2
Kelompok A (Wajib)

1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

a.
Al-Quran Hadits
2
2
2
2
2
2
b.
Akidah-Akhlak
2
2
2
2
2
2
c.
Fikih
2
2
2
2
2
2
d.
Sejarah Kebiudayaan Islam
2
2
2
2
2
2
2.
Pedidikan Pancasila dan Kewarga negaraan
2
2
2
2
2
2
3.
Bahasa Indonesia
4
4
4
4
4
4
4.
Bahasa Arab
4
4
2
2
2
2
5.
Matematika
4
4
4
4
4
4
6.
Sejarah Indonesia
2
2
2
2
2
2
7.
Bahasa Inggris
2
2
2
2
2
2
Kelompok B (wajib)

8.
Seni Budaya
2
2
2
2
2
2
9.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
2
2
10.
Prakarya dan Kewirausahaan
3
3
3
3
3
3
Kelompok C (Peminatan)

C1. Dasar Bidang Keahlian

11.
Fisika
2
2
2
2
-
-
12.
Kimia
2
2
2
2
-
-
13.
Biologi
2
2
2
2
-
-
C2. Dasar Program Keahlian
18
18
-
-
-
-
C3. Paket Keahlian
-
-
18
18
24
24
Total
57
57
55
55
55
55

Tabel 8: Mata Pelajaran MAK Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi
Mata Pelajaran
Kelas dan Semester
X
XI
XII
1
2
1
2
1
2
Kelompok A (Wajib)

1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

a.
Al-Quran Hadits
2
2
2
2
2
2
b.
Akidah-Akhlak
2
2
2
2
2
2
c.
Fikih
2
2
2
2
2
2
d.
Sejarah Kebiudayaan Islam
2
2
2
2
2
2
2.
Pedidikan Pancasila dan Kewarga negaraan
2
2
2
2
2
2
3.
Bahasa Indonesia
4
4
4
4
4
4
4.
Bahasa Arab
4
4
2
2
2
2
5.
Matematika
4
4
4
4
4
4
6.
Sejarah Indonesia
2
2
2
2
2
2
7.
Bahasa Inggris
2
2
2
2
2
2
Kelompok B (wajib)

8.
Seni Budaya
2
2
2
2
2
2
9.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
2
2
10.
Prakarya dan Kewirausahaan
3
3
3
3
3
3
Kelompok C (Peminatan)

C1. Dasar Bidang Keahlian

11.
Fisika
2
2
2
2
-
-
12.
Kimia
2
2
2
2
-
-
13.
Biologi
2
2
2
2
-
-
C2. Dasar Program Keahlian
18
18
-
-
-
-
C3. Paket Keahlian
-
-
18
18
24
24
Total
57
57
55
55
55
55

Tabel 9: Mata Pelajaran MAK Bidang Keahlian Perikanan dan Kelautan
Mata Pelajaran
Kelas dan Semester
X
XI
XII
1
2
1
2
1
2
Kelompok A (Wajib)

1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

a.
Al-Quran Hadits
2
2
2
2
2
2
b.
Akidah-Akhlak
2
2
2
2
2
2
c.
Fikih
2
2
2
2
2
2
d.
Sejarah Kebiudayaan Islam
2
2
2
2
2
2
2.
Pedidikan Pancasila dan Kewarga negaraan
2
2
2
2
2
2
3.
Bahasa Indonesia
4
4
4
4
4
4
4.
Bahasa Arab
4
4
2
2
2
2
5.
Matematika
4
4
4
4
4
4
6.
Sejarah Indonesia
2
2
2
2
2
2
7.
Bahasa Inggris
2
2
2
2
2
2
Kelompok B (wajib)

8.
Seni Budaya
2
2
2
2
2
2
9.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
2
2
10.
Prakarya dan Kewirausahaan
3
3
3
3
3
3
Kelompok C (Peminatan)

C1. Dasar Bidang Keahlian

11.
Fisika
2
2
2
2
-
-
12.
Kimia
2
2
2
2
-
-
13.
Biologi
2
2
2
2
-
-
C2. Dasar Program Keahlian
18
18
-
-
-
-
C3. Paket Keahlian
-
-
18
18
24
24
Total
57
57
55
55
55
55

Tabel 10: MataPelajaranMAKBidang Keahlian Bisnis dan Manajemen
Mata Pelajaran
Kelas dan Semester
X
XI
XII
1
2
1
2
1
2
Kelompok A (Wajib)

1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

a.
Al-Quran Hadits
2
2
2
2
2
2
b.
Akidah-Akhlak
2
2
2
2
2
2
c.
Fikih
2
2
2
2
2
2
d.
Sejarah Kebiudayaan Islam
2
2
2
2
2
2
2.
Pedidikan Pancasila dan Kewarga negaraan
2
2
2
2
2
2
3.
Bahasa Indonesia
4
4
4
4
4
4
4.
Bahasa Arab
4
4
2
2
2
2
5.
Matematika
4
4
4
4
4
4
6.
Sejarah Indonesia
2
2
2
2
2
2
7.
Bahasa Inggris
2
2
2
2
2
2
Kelompok B (wajib)

8.
Seni Budaya
2
2
2
2
2
2
9.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
2
2
10.
Prakarya dan Kewirausahaan
3
3
3
3
3
3
Kelompok C (Peminatan)

C1. Dasar Bidang Keahlian

11.
Pengantar Ekonomi dan Bisnis
2
2
2
2
-
-
12.
Pengantar Akuntansi
2
2
2
2
-
-
13.
Pengantar Administrasi Perkantoran
2
2
2
2
-
-
C2. Dasar Program Keahlian
18
18
-
-
-
-
C3. Paket Keahlian
-
-
18
18
24
24
Total
57
57
55
55
55
55

Tabel 11: Mata Pelajaran MAK Bidang Keahlian Pariwisata
Mata Pelajaran
Kelas dan Semester
X
XI
XII
1
2
1
2
1
2
Kelompok A (Wajib)

1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

a.
Al-Quran Hadits
2
2
2
2
2
2
b.
Akidah-Akhlak
2
2
2
2
2
2
c.
Fikih
2
2
2
2
2
2
d.
Sejarah Kebiudayaan Islam
2
2
2
2
2
2
2.
Pedidikan Pancasila dan Kewarga negaraan
2
2
2
2
2
2
3.
Bahasa Indonesia
4
4
4
4
4
4
4.
Bahasa Arab
4
4
2
2
2
2
5.
Matematika
4
4
4
4
4
4
6.
Sejarah Indonesia
2
2
2
2
2
2
7.
Bahasa Inggris
2
2
2
2
2
2
Kelompok B (wajib)

8.
Seni Budaya
2
2
2
2
2
2
9.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
2
2
10.
Prakarya dan Kewirausahaan
3
3
3
3
3
3
Kelompok C (Peminatan)

C1. Dasar Bidang Keahlian

11.
IPA Terapan
2
2
2
2
-
-
12.
Pengantar Pariwisata
2
2
2
2
-
-
C2. Dasar Program Keahlian
20
20
-
-
-
-
C3. Paket Keahlian
-
-
20
20
24
24
Total
57
57
55
55
55
55

Tabel 12: Mata Pelajaran MAK Bidang Keahlian Seni Rupa dan Kriya
Mata Pelajaran
Kelas dan Semester
X
XI
XII
1
2
1
2
1
2
Kelompok A (Wajib)

1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

a.
Al-Quran Hadits
2
2
2
2
2
2
b.
Akidah-Akhlak
2
2
2
2
2
2
c.
Fikih
2
2
2
2
2
2
d.
Sejarah Kebiudayaan Islam
2
2
2
2
2
2
2.
Pedidikan Pancasila dan Kewarga negaraan
2
2
2
2
2
2
3.
Bahasa Indonesia
4
4
4
4
4
4
4.
Bahasa Arab
4
4
2
2
2
2
5.
Matematika
4
4
4
4
4
4
6.
Sejarah Indonesia
2
2
2
2
2
2
7.
Bahasa Inggris
2
2
2
2
2
2
Kelompok B (wajib)

8.
Seni Budaya
2
2
2
2
2
2
9.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
2
2
10.
Prakarya dan Kewirausahaan
3
3
3
3
3
3
Kelompok C (Peminatan)

C1. Dasar Bidang Keahlian

11.
Dasar-Dasar Desain
2
2
2
2
-
-
12.
Pengetahuan Bahan
2
2
2
2
-
-
C2. Dasar Program Keahlian
20
20
-
-
-
-
C3. Paket Keahlian
-
-
20
20
24
24
Total
57
57
55
55
55
55

Tabel 13: Mata Pelajaran MAK Bidang Keahlian Seni Pertunjukan
Mata Pelajaran
Kelas dan Semester
X
XI
XII
1
2
1
2
1
2
Kelompok A (Wajib)

1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

a.
Al-Quran Hadits
2
2
2
2
2
2
b.
Akidah-Akhlak
2
2
2
2
2
2
c.
Fikih
2
2
2
2
2
2
d.
Sejarah Kebiudayaan Islam
2
2
2
2
2
2
2.
Pedidikan Pancasila dan Kewarga negaraan
2
2
2
2
2
2
3.
Bahasa Indonesia
4
4
4
4
4
4
4.
Bahasa Arab
4
4
2
2
2
2
5.
Matematika
4
4
4
4
4
4
6.
Sejarah Indonesia
2
2
2
2
2
2
7.
Bahasa Inggris
2
2
2
2
2
2
Kelompok B (wajib)

8.
Seni Budaya
2
2
2
2
2
2
9.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
2
2
10.
Prakarya dan Kewirausahaan
3
3
3
3
3
3
Kelompok C (Peminatan)

C1. Dasar Bidang Keahlian

11.
Wawasan Seni Pertunjukan
2
2
2
2
-
-
12.
Tata Teknik Pentas
2
2
2
2
-
-
13.
Manajemen Pertunjukan
2
2
2
2
-
-
C2. Dasar Program Keahlian
18
18
-
-
-
-
C3. Paket Keahlian
-
-
18
18
24
24
Total
57
57
55
55
55
55



3) Beban Belajar
Beban Belajar merupakan keseluruhan kegiatan yang harus diikuti peserta didik dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun pembelajaran.

a) Beban belajar di Madrasah Aliyah Kejuruan dinyatakan dalam jam pembelajaran perminggu. Beban belajar satu minggu kelas XI dan XII adalah 55 jam pembelajaran. Durasi setiap  satu jam pembelajaran adalah 45 menit.

b) Beban belajar di kelas X, XI, dan XII dalam satu semester paling sedikit 18 minggu dan paling banyak 20 minggu.

c) Beban belajar di kelas XII pada semester ganjil paling sedikit 18 minggu dan paling banyak 20 minggu.

d) Beban belajar kelas XII pada semester genap paling sedikit 14 minggu  dan paling banyak 16 minggu.

e) Beban belajar dalam satu tahun pelajaran paling sedikit 36 minggu dan paling banyak 40 minggu.

Setiap satuan pendidikan boleh menambah jam belajar perminggu berdasarkan pertimbangan kebutuhan belajar peserta didik dan/ atau kebutuhan akademik, sosial, budaya, dan faktor lain yang dianggap penting.

4) KompetensiDasar
Kompetensi Dasar dirumuskan untuk mencapai kompetensi inti.
Rumusan Kompetensi Dasar dikembangkan dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.
Kompetensi Dasar dibagi menjadi 4 kelompok sesuai dengan pengelompokkan Kompetensi Inti sebagai berikut:
a) Kelompok 1. Kelompok Kompetensi Dasar sikap spiritual  dalam rangka menjabarkan KI-1;
b) Kelompok 2. Kelompok Kompetensi Dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2; dan
c) Kelompok 3. Kelompok Kompetensi Dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3;
d) Kelompok 4. Kelompok Kompetensi Dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.

3. Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 di Madrasah
Sebagai rangkaian untuk mendukung Kompetensi Inti, capaian pembelajaran mata pelajaran diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi dasar. Pencapaian Kompetensi Inti adalah melalui pembelajaran kompetensi dasar yang disampaikan melalui mata pelajaran. Rumusannya dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran sebagai pendukung pencapaian.

Kompetensi  Inti,  kompetensi  dasar  dikelompokkan  menjadi  empat  sesuai  dengan rumusan Kompetensi Inti yang didukungnya, yaitu:1). Kelompok kompetensi dasar sikap spiritual (mendukung KI-1) atau kelompok 1, 2). Kelompok kompetensi dasar sikap sosial (mendukung KI-2) atau kelompok 2, 3). Kelompok kompetensi dasar pengetahuan (mendukung KI-3) atau kelompok 3, dan  4). Kelompok kompetensi dasar keterampilan (mendukung KI-4) atau kelompok 4.

Uraian kompetensi dasar yang rinci ini adalah untuk memastikan bahwa capaian pembelajaran tidak berhenti sampai pengetahuan saja, melainkan harus berlanjut ke keterampilan, dan bermuara pada sikap. Melalui Kompetensi Inti, tiap mata pelajaran ditekankan bukan hanya memuat kandungan pengetahuan saja, tetapi juga memuat kandungan proses yang berguna bagi pembentukan keterampilannya. Selain itu juga memuat pesan tentang pentingnya memahami mata pelajaran tersebut sebagai bagian dari pembentukan sikap. Hal ini penting mengingat kompetensi pengetahuan sifatnya dinamis karena pengetahuan masih selalu berkembang.

Kemampuan keterampilan akan bertahan lebih lama dari kompetensi pengetahuan, sedangkan yang akan terus melekat pada dan akan dibutuhkan oleh peserta didik adalah sikap. Kompetensi dasar dalam kelompok Kompetensi Inti sikap (KI-1 dan KI-2) bukanlah untuk peserta didik karena kompetensi ini tidak diajarkan, tidak dihafalkan, dan tidak diujikan, tetapi sebagai pegangan bagi pendidik bahwa dalam mengajarkan mata pelajaran tersebut ada pesan-pesan sosial dan spiritual sangat penting yang terkandung dalam materinya.

Dengan kata lain, kompetensi dasar yang berkenaan dengan sikap spiritual (mendukung KI-1) dan individual-sosial (mendukung KI-2) dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (mendukung KI-3) dan keterampilan (mendukung KI-4).

Untuk memastikan keberlanjutan penguasaan kompetensi, proses pembelajaran dimulai dari kompetensi pengetahuan, kemudian dilanjutkan menjadi kompetensi keterampilan, dan berakhir pada pembentukan sikap. Dengan demikian, proses penyusunan maupun pemahamannya (dan bagaimana membacanya) dimulai dari Kompetensi Dasar kelompok Hasil rumusan Kompetensi Dasar kelompok 3 dipergunakan untuk merumuskan Kompetensi Dasar kelompok 4.

Hasil rumusan Kompetensi Dasar kelompok 3 dan 4 dipergunakan untuk merumuskan Kompetensi Dasar kelompok 1 dan 2.  Proses berkesinambungan ini untuk memastikan bahwa pengetahuan berlanjut ke keterampilan dan bermuara ke sikap sehingga ada keterkaitan erat yang mendekati linier antara kompetensi dasar pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Selanjutnya....
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN - KURTILAS MADRASAH
silakan BUKA DARI SINI

Tidak ada komentar:

Arsip

Google+

Uppsss! ..... Gagal Muat

Coba
aktifkan Java script
atau
nonaktifkan AdBlock
kemudian klik :

Refresh
Atau cobalah buka dengan browser lain .....