MENYELESAIKAN SOAL DIAGRAM BATANG

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Pada Kesempatan ini guruKATRO sedang berhasrat untuk mengangkat lagi satu materi, biasaaaa lah... heheheheheheh... materi matematika MI/SD, kali ini dengan Pokok Bahasan Diagram, dan Sub Pokok Bahasan Diagram Batang.
Akan tetapi, sebelum kita berusaha belajar menyelesaikan contoh contoh soal yang berkaitan dengan membaca ataupun membuat laporan data dalam bentuk diagram batang, tidak ada salahnya apabila terlebih dahulu sedikit kita simak pengertian dari diagram batang itu sendiri, dan untuk apa tujuan disajikannya diagram batang, ada dua versi yang guruKATRO kutip dari tempat lain, dan terakhir adalah pengertian diagram batang menurut versi bahasa katronya guruKATRO:


  • Diagram batang adalah diagram yang menunjukkan bilangan atau kuantitas yang dinyatakan dalam bentuk persegi panjang atau persegi. Pada umumnya diagram batang menggambarkan perkembangan nilai-nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu. Diagram batang menunjukkan batang-batang tegak, mendatar, dan sama lebar dengan batang-batang terpisah. 
atau bisa juga diartikan seperti ini.

  • Diagram batang adalah diagram yang menyajikan data dalam bentuk persegi panjang tegak ataupun persegi panjang mendatar. Diagram batang umumnya digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu. Diagram batang menunjukkan keterangan-keterangan dengan batang-batang tegak atau mendatar dan sama lebar dengan batang-batang terpisah

Pengertian diagram batang menurut bahasa guruKATRO
  • Diagram batang adalah sajian pelaporan data, tinggi atau panjang batang digunakan untuk menunjukkan kuantitas/banyaknya masing masing elemen,
  • Diagram batang dibuat dalam sumbu x dan y, dimana sumbu x digunakan untuk meletakkan elemen, dan sumbu y digunakan untuk menempatkan kuantitas dari masing masing elemen (diagram batang vertikal), atau sebaliknya sumbu y digunakan untuk meletakkan elemen, dan sumbu x digunakan untuk menempatkan kuantitas dari masing masing elemen (diagram batang horisontal)

2. Tujuan membuat diagram batang

Tujuan membuat diagram batang adalah untuk memudahkan pembaca yang melihat data yang ditampilkan dalam bentuk sederhana. Selain itu biasa juga digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai suatu objek penelitian dalam kurung waktu tertentu.

3. Cara membaca diagram batang

Lihatlah salah satu elemen, kemudian amati berapa tinggi batang yang menunjukkan kuantitasnya, nilai besaran kuantitas dari elemen tersebut ditunjukkan oleh angka angka yang tertulis pada garis sumbu yang bersebarang dengan garis sumbu yang menunjukkan elemen

misalnya :



dari diagram batang diatas, dapat dengan mudah kita ketahui bahwa jumlah/kuantitas elemen a sejumlah/sebanyak 30
betapa mudahnya kan???


itu adalah bentuk diagram batang vertikal, bisa juga diagram batang dibuat dalam posisi horisontal seperti ini :



diagram batang diatas diartikan sebagai Jumlah Komponen B sebanyak 4



4. Cara membuat diagram batang

Buatlah sumbu x dan y, dengan pojok kiri bawah adalah titik nol (0). kemudian

  • letakkan daftar elemen pada sumbu x dan letakkan nilai frekuensi pada sumbu y, (diagram batang dengan letak batang vertikal)
atau sebaliknya,

  • letakkan daftar elemen pada sumbu y dan letakkan nilai frekuensi pada sumbu x , (diagram batang dengan letak batang horisontal)


5. Contoh soal
Data pengunjung obyek wisata dinyatakan pada sebuah diagram batang sebagai berikut:



Jika data pengunjung obyek wisata pada diagram batang itu diubah kedalam sebuah data Tabel, akan seperti ini :



Daftar siswa MI Al Falahiyah Plompong adalah sebagai berikut :



Bila Tabel  tersebut dibuat dalam bentuk diagram batang


Setelah selesai pelaksanaan sensus penduduk di suatu Desa, diketahui bahwa jumlah Penduduk tiap RT sebgai berikut :

RT 01: Pria = 50 jiwa, Wanita = 70 jiwa
RT 02: Pria = 45 jiwa, Wanita = 80 jiwa
RT 03: Pria = 60 jiwa, Wanita = 75 jiwa
RT.04: Pria = 40 jiwa, Wanita = 65 jiwa

Jika Data tersebut dibuat dalam diagram batang, maka akan menjadi seperti ini






bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang MENYELESAIKAN SOAL DIAGRAM BATANG yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih