guruKATRO MENGGUNAKAN TEMPLATE JOHNY AJAIB BUATAN MASKOLIS

Alhamdulillah

Akhirnya ediTEMP alias guruKATRO bisa menyelesaikan modifikasi template karya sang master template   handal, maskolis. Template yang asalnya memiliki tampilan sangat bagus, rapi dan elegan yang oleh  yang empunya karya diberi nama Johny Ajaib



itu di obrak abrik, hingga tampilannya menjadi sangat tidak karuan....



atau tampilan pada chrome seperti ini



Sekilas kelihatan sama persis... tapi untuk detail lembutnya ada beberapa perbedaan antara tampilan pada mozilla dan opera, dan tampilan pada chrome, terutama pada detail line dan shadow, lebih dominan bila dibuka dengan chrome.

Pada saat pertama kali kami ingin mencoba ganti tampilan blog dari template default blog, kami telah mencoba beberapa puluh template hasil karya para master designer template, semuanya pasti ada kelemahan dan kelebihannya. Kekurangan yang paling sering kami rasakan atas beberapa template gratisan yang pernah kami coba terapkan mulai dari yang memiliki tampilan antarmuka super bagus, elegan, seo friendly dan tentunya responsive, adalah beliau beliau memasukkan script credit link, dimana bila kami menghapus footer credit link atas nama beliaunya, maka blog akan secara otomatis replace menuju halaman website sang Designer Template.

Yang lucu menurut kami adalah sebuah template hasil editan yang baik tampilan maupun kualitasnya masih sangat pas pasan pun menggunakan cara itu, tapi tidak mengapa.... itu hak beliau beliau untuk menjaga hak cipta.

Hanya saja pada saat itu (hingga sekarang juga), kami masih sedang belajar edit template dengan guru hanya melalui internet saja, merasa kami kurang nyaman dengan adanya proteksi semacam itu (maaf para master). Kecuali mungkin bila kami sedang ingin membangun sebuah blog yang akan dijadikan blog professional, mungkin walaupun ada proteksi semacam itu, tetap saja  akan kami gunakan. 

Karena kami sudah sangat ingin migrasi dari tampilan default template blogger, akhirnya dengan pengalaman yang mendekati nol besar, kami mencoba edit dan redesign, dah Alhamdulillah hasilnya mendekati nol besar juga, seratus persennya berada pada tab berantakan. heheheh

Setelah sekian lama numpang di blog terbitan sendiri, tapi atas nama lembaga (blog mia), akhirnya pada awal tahun 2015, kami menerbitkan blog pribadi dengan nama guruKATRO, dan materi matematika MI/SD yang sudah sekian lama jadi materi terlaris disana,  semua kami transit ke blog guruKATRO. Demi melihat kuantitas pengunjung guruKATRO, kami mulai berangan... bilakah blog guruKATRO didaftarkan sebagai publisher GA???

Pertama ditolak GA karena terlalu banyak link masuk dari blog mia. jadi kami hapus semua link yang masuk melalui blog mia, daftar ulang GA hanya beberapa hari ditolak lagi, dengan alasan tampilan antarmuka blog belum memenuhi syarat.

Disaat  kami kembali berkelana mencari pelajaran tentang cara edit blog agar sesuai standar GA. Dan setelah berpusing pusing edit sendiri tetap saja tidak membawa hasil, akhirnya guruKATRO menyerah.... angkat bendera PUTIH!!!!, dengan mengambil template hasil redisign maskolis, dari sekian banyak hasil karya maskolis yang telah dicoba, yang dipilih adalah jenis yang Johny Ajaib, sangat simpel dan mudah sekali di edit/redisign ulang,

Tabs menu dan navigasi yang semula bersusun,



mohon  maaf maskolis, kami ganti menjadi atas header dan bawah header, kalu ganti warna kami kira semua sesuai selera....

jelas lebih bagus dan elegan yang oroginal maskolis, tapi urusan selera jelas akan mengijinkan hal itu. Kalau urusan font, terus terang kami sering gonta ganti dengan berbagai jenis, sesuai mood yang sedang menghantui disaat saat tertentu

Dan Widget yang tidak berguna bagi kami juga kami singkirkan, maaf lagi yaaa....




Tapi jangan khawatir maskolis, walaupun anda membiarkan credit link dibuang tanpa mempengaruhi apa apa, tapi tetap saja kami tidak menghapus, disana tetap saja ada nama dan link maskolis sebagai sumber inspirasi kami dalam belajar edit CSS, skin dan HTML blog.

Bahkan kami menambah credit link untuk yang menciptakan page halaman awal secantik itu, vagabundia dan diperbaharui oleh bang Taufik Nurrahman.....


Walaupun template Johny Ajaib juga memiliki beberapa sisi kelemahan, seperti :

  • Tidak bisa menampilkan halaman preview saat mengedit posting, (walaupun kenyataannya di google alaytics tetap terbaca sebagai preview)
  • Bila klik quickedit pada halaman posting, pasti akan membuka halaman baru.
  • Tidak bisa menampilkan statistik pengunjung/pageview
Tapi selama ini kami biarkan dulu kelemahan kelemahan itu, yang penting masih memenuhi standar Google Adsense

Mohon maaf maskolis, Template bagus anda telah kami obrak abrik, dant Terima kasih maskolis, karena template gratis buatan anda, hingga kini blog guruKATRO masih tetap diijinka GA untuk menayangkan IKLAN, yang Alhamdulillah setiap harinya menghasilkan tidak kurang dari $1,00 (lumanyan daripada lumanyun).

Karena ini adalah template redesign pertama yang pernah kami gunakan ... maka walaupun sekarang guruKATRO sudah punya beberapa template redesign sendiri, yang tampilannnya tidak kalah dari templat dari maskolis ini, belum ada niatan untuk mengganti template blog guruKATRO ini. 

Posting berikutnya.... MAAAF.... guruKATRO obrak abrik template bagus buatan mas sugeng


1 komentar

Arsip

Google+