CUKUP REPOT SEKEDAR MENAMBAH MINYAK REM BELAKANG SUPRA X 125

Sudah lebih dari enam bulan ini, guruKATRO tidak pernah uprek uprek sepeda montor, lagi males kali yoooo, kaya orang kaya aja... dikit dikit ke bengkel, dikit dikit ke bengkel...... Ketika tiba tiba tadi sore sehabis Shalat Ashar, guruKATRO putuskan bongkar sepeda motor butut ini, demi menambah minyak rear disk brake, hehehehe maksudnya rem belakang supra x 125 milik guruKATRO yang dalam format REM CAKRAM. gak usah dikasi image juga semua orang dah tahu, itu supra x 125 yang pakai rem belakang cakram.


Sudah pernah siiiih ...  dulu di akhir tahun 2013, guruKATRO bongkar ini REM, bahkan ketika harus ganti pompa minyak yang namanya apa yahhhh??? kok bisa lupa yaaah, padahal dulu waktu beli bisa sebutkan namanya, yaitu master! heheheh.. (mohon pengunjung kasi ingat guruKATRO yang sedang lupa ini) .... Minta ampuuuun itu alat posisinya kedalam banget (demi keamanan alat juga siiii), hingga harus lepas knalpot dulu, baru kemudian lepas tatakan footstep kanan belakang... dihalangi kick starter lagi.... dan di bagian dalam tatakan footstep kanan belakang itulah pompa rem alias MASTER POMP, ada juga yang menyebut cukup dengan nama MASTER terpasang...... Tapi Alhamdulillaah hasil kerjaan bengkel amatiran pribadi khusus sepeda motor sendiri itu, hingga juni 2015 ini, masih bisa digunakan dengan uennna' bangget, empuknya minta ampun bila nginjek pedal rem.... (waktu itu pengisian minyak rem nya dengan cara lepas total dop)

Untuk Kegiatan tadi sore itu guruKATRO lakukan hanya dengan membuka dop sedikit saja, walaupun guruKATRO masih tetap anggap ini kegiatan cukup repot juga!!

Posisi penyimpanan minyak rem belakang supra x 125, heeeem hanya bisa di intip...





Yuk... amati langkah demi langkah cara guruKATRO menambah minyak rem belakang

1. Buka dengan obeng + besar, baut dop tengah kanan





2. Buka dengan obeng + besar gagang pendek atau dengan kunci 8, baut dop bawah depan (itu lhooo yang diatas tatakan footstep kanan belakang)





3. Buka dengan obeng + besar, baut dop bawah belakang (letaknya di belakang atas shock absorber)






4. Buka dengan kunci 10 ring atau T, baut dop atas depan (letaknya dibawah jok pengemudi sebelah kanan)





5. Buka juga dengan kunci 12 ring atau T, dua baut bemper belakang, ini harus dibuka karena dop tertindih oleh alat ini.





6. Sesudah itu baut terbuka semua, coba buka perlahan bagian dop yang menutupi kotak tempat minyak rem, bila kotak rem telah terlihat, usahakan ujung bawah dop dikaitkan pada kick starter, ini bertujuan agar dop tidak kembali menutupi, tanpa harus dipegangi





7. Lepas dengan obeng + besar tangkai panjang, dua baut pengencang tutup box minyak rem, kemudian ambil penutup sekaligus kantong karet hitamnya





8. Tambahkan minyak secukupnya, jangan terlalu banyak!!! sebab akan tumpah itu minyak bila penutup beserta kantong karet hitamnya dipasang kembali..... sedang kita tahu itu minyak rem cukup mudah untuk membuat rusak beberapa alat yang terkena.





9. Bila sudah pas, pasang kembali penutup beserta kantong karet hitam, sambil mengamati posisi minyak, bila jumlah minyak sudah pas berada pada posisi upper level, Pasang kembali itu baut pengencang, dan selanjutnya pasang kembali baut baut dop yang tadi telah di lepas....

Demikian cara menambah minyak rem belakang, supra x 125, yang bisa guruKATRO lakukan tadi sore, sungguh merepotkan sekali, SEANDAINYA ADA PENGUNJUNG YANG MEMPUNYAI CARA YANG LEBIH MUDAH dari yang ini, silakan bagikan ILMU nya melalui kolom komentar

terima kasih
Wassalaam....

2 komentar

  1. untuk refrensi apa ya minyak rem yang bagusa gan yang tidak encer

    http://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/news-promo/news/new-fortuner-2016-kombinasi-apik-mesin-tangguh-dan-desain-gagah-nan-tajam/#news

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang tidak encer, kebetulan saya tidak tahu...
      kalau titik didih kayaknya cukup berpengaruh terhadap stabilitas ketika terjadi panas
      misalnya saya dapat data :

      DOT3 titik didih 205℃
      DOT4 titik didih 230℃
      DOT5.1 titik didih 270℃
      (bahan dasar glycol)

      DOT5 titik didih 270℃
      (bahan dasar silicon)

      tapi ditempat saya sangat sulit mencari DOT4, apalagi DOT5.....terpaksa dech masih tetap gunakan yang DOT3

      Hapus

Arsip

Google+