K13 RPP KLS 1 SMT 1 TEMA 1 SUBTEMA 2


RPP ini merupakan hasil kerja rekan rekan peserta diklat/workshop tingkat Propinsi (kebetulan guruKATRO belum pernah diikutkan), ditambah sedikit sentuhan dari guruKATRO dengan referensi rekan rekan online. Bila Rekan guruKATRO merasa bahwa RPP ini tidak terlalu jauh dengan pandangan panjenengan.... atau bila rekan guruKATRO ingin mengcopy dan dilanjut dengan edit di berbagai tempat yang diperlukan, SILAKAN PILIH PEMBELAJARAN KE .... (yang diperlukan), BLOK mulai dari KOP (RENCANA PEMBELAJARAN .... HINGGA NAMA DAN NIP DIBAWAH atau minimal hingga I. PENILAIAN..., LALU KLIK KANAN --> copy, kemudian paste pada word atau notepad


NB :
Sebenarnya RPP ini telah tersusun cukup rapi, dimana pada setiap tab penomoran menggunakan tabel word, sehingga penomoran tiap point tidak menimbulkan penomoran urut ganda yang biasa terjadi pada microsoft word. Namun karena koneksi internet guruKATRO tidak mampu meng upload tulisan dalam tabel word, maka dengan sangat terpaksa sesuatu yang sudah rapi didalam tabel word itu dikeluarkan menjadi tulisan text biasa, dan hasilnya menjadi acakadut seperti ini.
=================================
Ket:
RENCANA PEMBELAJARAN 1-2-3-4-5
maksudnya RPP kelas 1 semester 2 tema 3 sub tema 4 pembelajaran ke 5

Pilih Pembelajaran ke :     1     2     3     4     5     6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1-1-1-2-1

Satuan Pendidikan : MI AL FALAHIYAH PLOMPONG
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Kelas : I (satu)
Semester : 1 (satu)
Tema : 1. Diriku
Sub Tema : 1.2 Tubuhku
Pembelajaran ke : 1 (satu)
Alokasi waktu : 1 hari

A. KOMPETENSI INTI

1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR

- PPKn
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

- PJOK
3.1. Mengetahui bagian bagian tubuh manusia dan kegunaannya

- SBdP
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

- Matematika
3.1.Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

C. INDIKATOR

- PPKn
Menunjukkan sikap tertib selama Pelajaran

- PJOK
Menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan tepat

- SBdP
Menyanyikan lagu dengan irama yang tepat
Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan

- Matematika
Menghitung banyak benda 1-5
Menuliskan lambang bilangan 1-5

D. TUJUAN

- Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
1. Setelah mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan syair dan irama lagu yang tepat.
2. Setelah bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
3. Setelah mengamati gambar siswa dapat menghitung jumlah anggota tubuh dengan tepat.
4. Setelah mengamati gambar siswa dapat menuliskan jumlah anggota tubuh dengan tepat.

- Permainan Guru Berkata, “Pegang ....”
1. Dengan bermain, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan tepat.
2. Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat mengikuti aturan yang berlaku dengan tertib.

E. MATERI

- Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
Permainan “Guru Berkata, Pegang ....”

F. PENDEKATAN DAN METODE

Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN

- Pendahuluan
Alokasi Waktu : 10 menit
Deskripsi Kegiatan :

1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
3. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
4. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

- Kegiatan Inti
Alokasi Waktu : 150 menit
Deskripsi Kegiatan :

Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
1. Guru memulai kegiatan dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”.
2. Siswa menyanyikan lagu bersama-sama disertai tepukan sesuai irama.
3. Setelah semua siswa bisa menyanyikan lagu tersebut, guru meminta siswa secara individu/ berkelompok untuk menyanyikan lagu tersebut.
4. Siswa mengungkapkan perasaannya setelah bernyanyi di bawah bimbingan guru.
5. Lalu guru menunjukkan gambar (bagan) anggota tubuh dan meminta siswa mengamati gambar tersebut di buku siswa.
6. Siswa dan guru melakukan tanya jawab berkaitan dengan nama-nama anggota tubuh sambil menunjuk bagian-bagian tubuh pada gambar
7. Kemudian siswa berlatih menghitung banyaknya anggota tubuh seperti yang ada di buku siswa.
8. Guru menutup kegiatan dengan menyanyikan lagu “Kepala Pundak”.

Kepala Pundak
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Daun telinga, mata, hidung, mulut
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki

- Permainan “Guru Berkata, Pegang ....”
1. Dalam permainan ini siswa akan memegang bagian tubuh sesuai instruksi guru.
2. Siswa diminta berdiri membentuk lingkaran.
3. Guru akan mengucapkan kata “Ibu/Bapak berkata... pegang hidung! (maka siswa diminta memegang hidungnya).
4. Untuk melatih konsentrasi siswa, guru memegang bagian tubuh yang tidak sama dengan yang disebutkan guru. Misalnya guru meminta siswa memegang telinga, tapi guru memegang kepala.
5. Seterusnya, siswa diminta memegang anggota tubuh secara bergantian sesuai abaaba guru.
6. Selesai kegiatan siswa diminta maju ke depan dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh sesuai dengan permainan.

- Penutup
Alokasi Waktu : 15 menit
Deskripsi Kegiatan :

1. Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
6. Salam dan do’a penutup.

H. SUMBER DAN MEDIA

• Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
• Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
• Buku Pengembangan Diri Anak.
• Syair lagu “Dua Mata Saya”
• Gambar anggota tubuh manusia yang lengkap

I. PENILAIAN

- Prosedur Penilaian

• Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.

• Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).

- Instrumen Penilaian

• Penilaian Proses
1. Penilaian Kinerja.
2. Penilaian Produk.

• Penilaian Hasil Belajar
1. Pilihan ganda.
2. Isian singkat.
3. Esai atau uraian.


Mengetahui, Plompong, Juli 2014
Kepala MI AL FALAHIYAH PLOMPONG Guru Kelas 1 B




Abdul Hamid, S.Pd.I Khusnul Khotimah, S.Pd.I
NIP. 197003152005011003 NIP. -

Tidak ada komentar:

Arsip

Google+

Uppsss! ..... Gagal Muat

Coba
aktifkan Java script
atau
nonaktifkan AdBlock
kemudian klik :

Refresh
Atau cobalah buka dengan browser lain .....